5 Tips Menjadi Reseller Buku Pemula

      Komentar Dinonaktifkan pada 5 Tips Menjadi Reseller Buku Pemula
tips jadi reseller buku pemula

Lima Cara Menjadi Reseller Buku – Cara menjadi reseller buku ternyata tidaklah serumit yang kamu bayangkan. Kamu tidak harus lulusan jurusan tertentu. Jurusan apapun, kamu bisa bergabung menjadi bagian dari reseller buku. Meskipun peluang menjadi reseller buku sangat terbuka lebar, nyatannya tidak banyak orang yang tertari mengambil kesempatan.

Memang ada banyak sekali jenis dan macam menjadi reseller. Mulai dari menjadi reseller baju, kosmetik, pupuk dan masih banyak lainnya. Karena sedikit yang mengambil peluang reseller buku inilah kesempatan empuk buat kamu menangkap peluang. Tentu saja semakin sedikit minat reseller buku, semakin besar kamu mendapatkan keuntungan.

5 Tips Menjadi Reseller Buku Pemula

Siapa bilang syarat menjadi reseller harus lulusan S1? Kamu yang masih SMA/K/MA pun juga bisa bergabung di dalamnya. Barangkali di sini banyak yang tidak tahu bagaimana sih cara menjadi reseller buku? Dan apa saja tahapan dan urutan-urutannnya? Langsung saja simak ulasan berikut.

1. Memiliki Rasa Ingin Tahu Besar

Memiliki rasa ingin tahu besar adalah cara menjadi reseller buku yang paling dasar. Tanpa memiliki rasa ini, semuannya akan sia-sia saja. Bahkan, semisal kamu memiliki modal cukup dan besar sekalipun, jika tidak mengasah rasa ingin tahu, ya hasilnya akan biasa-biasa saja. Sebaliknya, apabila kamu memiliki modal pas-pasan, kamu bisa mendapatkan omset besar dampak dari rasa ingin tahu dan mempelajari ilmu baru.

Cara menjadi reseller buku memang harus terus belajar. Setidaknya terus belajar mempelajari tentang dunia marketing. Haruskah mempelajari internet marketing? Tentu saja, jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dan trik jitu menjual buku. Bagaimana jika tidak memiliki uang untuk masuk kelas marketing?

Jaman sekarang belajar tidak harus di kuliah atau mengikuti kelas pelatihan seperti kursus. Kamu bisa cukup belajar secara online. Cukup bermodal jari dan smartphone, mbah google akan berceramah dari banyak sudut pandang, menjelaskan dunia marketing.

Baca juga : 9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli

2. Siap Menghadapi Risiko

Tahukah kamu jika bergabung menjadi reseller adalah langkah awal belajar bisnis dan wirausaha paling efektif. Setidaknya berawal dari sinilah, kamu akan mempelajari tentang faktor risiko. Menjadi reseller buku juga menjadi media pembelajaran secara langsung ilmu ekonomi, marketing hingga belajar pembukuan akuntansi.

Tidak tanggung-tanggung, sambil belajar berwirausaha dan bisnis, kamu pun juga bisa mendapatkan keuntungan berupa pemasukan keuangan. Memang tidaklah besar, setidaknya menguasai cara menjadi reseller.bukanlah sesuatu yang diragukan. Karena dengan terjun di sini, kamu pun akan mempelejari berbagai macam dan faktor risiko.

Tidak semua orang loh bisa menghadapi risiko. Setidaknya ditempat inilah kamu akan belajar dan bisa mengukur sebesar besar sih kamu makan menghadapi risiko yang datang. Kamu juga akan belajar perilaku pelanggan yang kadang menyebalkan dan kadang juga menyenangkan. Setidaknya akan ada banyak hal deh.

Jadi sebenarnya tidak hanya mempelajari faktor resiko juga. Tetapi kamu pun juga akan menemukan cara menjadi reseller buku dengan teori dan caramu sendiri. Sehingga kamu pun memiliki rumusan dalam menjalankan usaha dengan cara formula yang berbeda.

3. Mencari Supplier Terpercaya

Cara menjadi reseller buku yang selanjutnya adalah mencari supplier terpercaya. Kita tahu bahwa ada banyak sekali penerbit buku yang mencetak buku. Banyak pula supplier buku yang menjual buku-buku mereka dengan banyak penawaran yang mengiurkan kamu.

Nah, karena banyaknya supplier buku, kamu pun juga wajib berhati-hati dalam menentukan atau memilih. Pastikan bahwa supplier tersebut bukan abal-abal. Karena banyak supplier buku yang hanya mengambil untungnya saja, dan membiarkan resellernya menanggung risiko. Tentu saja kamu juga tidak berkenan bukan.

Memang menguasai reseller buku dengan menemukan supplier terpercaya saja tidak menjamin. Kamu pun juga harus menguasai ciri-ciri supplier yang amah dan bertanggungjawab. Daripada binggung, kamu bisa langsung bergabung menjadi reseller buku pendidikan di deepublish.

Ditempat inilah kamu akan mendapatkan banyak tawaran dan potongan harga lebih besar. Selain kamu akan mendapatkan diskon, kamu juga akan mendapatkan garansi hingga banyak penawaran menarik lainnya. Tentu saja penasaran bukan? Kamu bisa langsung spoiler saja aturan main bergabung jadi reseller buku di sana di www.penerbitbukudeepublish.com

4. Membangun Relasi Lewat Berjualan

Cara menjadi reseller buku berikutnya adalah membangun relasi. Buat reseller yang baru membangun pertamakali, pastinya ini tantangan yang cukup berat. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dan bakat melakukan dagang. Tenang, karena kamu pun bisa kepo-kepo dulu di internet. Misalnya cara membangun relasi dengan cara berjualan.

Membangun relasi dengan berjualan pun bisa kamu mulai dengan mendaftarkan diri membuka toko secara online. Sekarang membuka toko secara online pun juga semakin mudah. Banyak marketplace yang menawarkan bagi siapapun untuk membuka toko di sana.

Mungkin toko online kamu masih sepi. Tenang, karena itu hal yang wajar bagi pemula. Selama kamu konsisten mengupload buku-buku kamu di toko online, seiring berjalannya waktu, toko kamu pun aka nada yang berkunjung dan membeli. Jadi, dibutuhkan kesabaran yang tinggi.

5. Jangan Salah Memilih Menjadi Dropshiper

Pertanyaan umum bagi pemula, selain menanyakan cara menjadi reseller buku, juga menanyakan perbedaan antara reseller dan dropship. Nah, di tahap ini pastikan kamu tidak salah memilih. Perbedaan pada reseller dari segi metode pengiriman buku.

Reseller berani mengeluarkan modal awal terlebih dahulu. Dari modal yang dikeluarkan, kamu pun akan mendapatkan produk yang kamu ambil dari pihak supplier. Kemudian, jika produk tersebut dibeli, maka kamu yang akan memprosesnya. Sedangkan dropship kamu tidak perlu mengeluarkan modal. Kamu hanya membantu mempromosikan dan menjualkan.

Jadi setiap ada pemesanan lewat kamu, maka kamu pun cukup konfirmasi ke pihak supplier. Segala sesuatu seperti pengiriman barang akan langsung di kirim oleh supplier. Hanya saja keuntungan pada dropship tidaklah besar. Sedangkan sistem reseller keuntungna bisa kita atur sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, kamu akan pilih mana? Pastinya ada sisi untung tidaknya. Jika dilihat dari sisi pengambilan keuntungan, pastinya akan memilih reseller. Tapi jika melihat dari modal awal, maka dropship pilihannya. Jadi semuanya tergantung dari kenyaman dan keikhlasan kamu. Intinya, jangan keliru lagi diantara dua poin ini.

Itulah ulasan tentang cara menjadi reseller buku. Nah, buat kamu yang masih binggung, kamu pun bisa mengamati beberapa pelaku reseller yang sudah berjalan. Dijamin kamu bisa belajar banyak hal.

Sebagai catatan tambahan, ada tips dan trik cara menjadi reseller buku. Yaitu dengan mensurvei pasar, amati perilaku dan minat calon konsumen. JIka perlu, berikan promo atau diskon kepada calon konsumen, agar mereka tertarik dan membeli produk pertama. Cara ini sebenarnya sering digunakan untuk toko-toko yang baru buka. Mereka biasannya memberikan promo dan diskon besar-besaran. Cara ini juga sering digunakan untuk menjaring atau mencari pelanggan baru kamu.

Baca juga : 7 Cara Menjadi Reseller Sukses Untuk Pemula