Review Buku Sistem Organisasi Maskapai dan Strategi Marketing

      Komentar Dinonaktifkan pada Review Buku Sistem Organisasi Maskapai dan Strategi Marketing
buku sistem organisasi

Sistem Organisasi Maskapai dan Strategi Marketing

buku sistem organisasi maskapai dan strategi marketing

Judul Buku     : Sistem Organisasi Maskapai dan Strategi Marketing 

Penerbit Buku     : Deepublish 

Penulis    : Arista Atmadjati, S.E., M.M.

ISBN    : 978-623-02-0830-0

Ukuran    : 15.5×23 cm

Halaman    : x, 138 hlm

Ketersediaan    : Pesan Dulu

Tahun    : 2020

Buku sistem organisasi maskapai dan strategi marketing  karya Arista Atmadjati salah satu buku yang yang fokus di dunia penerbangan. Dalam hal ini adalah Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan Indonesia yang berkonsep sebagai full service airline. 

Memang tidak banyak yang tahu jika Garuda Indonesia telah meluncurkan layanan baru yang disebut dengan Garuda Indonesia Experience. Dimana program ini menawarkan konsep yang mencerminkan keramahan Indonesia dari berbagai aspek. Maka untuk mendukung layanan ini, semua armada baru dilengkapi dengan interior paling mutakhir yang dilengkapi LCD TV layar sentuh individual .

Buku sangat cocok dibaca oleh kamu yang ingin bekerja di PT. Garuda Indonesia sebagai pengetahuan atau mengenali perusahaan tersebut. Cocok pula buat kamu yang memang ingin fokus mempelajari ilmu tentang pesawat terbang. 

Buku sistem organisasi maskapai dan strategi marketing ini juga akan memaparkan sejarah maskapai penerbangan. Dari tahun ke tahun, dimana tidak semua orang tahu sejarah secara lengkap dan menyeluruh. Dimana sejarah maskapai penerbangan satu ini sangat penting untuk diketahui. 

Sesuai judul bukunya, selain membahas tentang sistem organisasi, juga akan membahas strategi marketing, dan analisis SWOT. Penasaran seperti apa? Bisa simak ulasannya di sini. 

Strategi Menghadapi Pesaing Maskapai Baru 

PT Garuda Indonesia dalam menghadapi persaingan, mereka melakukan peningkatan pelayanan pesawat dan post flight. Salah satu layanan tersebut adalah pre-in yang menekankan untuk memperbanyak jaringan akses pemesanan dan pembelian tiket,serta mempermudah pemesanan online serta bekerjasama dengan 16 bank. 

Strategi lain pun dilakukan, misalnya dengan memperbanyak ticketing office. Peningkatan lounge dan terminal khusus Garuda di berbagai bandara pun juga dengan meningkatkan menu makanan khas Indonesia. Termasuk menyediakan sarana hiburan pendukung audio video juga di dalam pesawat. 

Analisis SWOT 

Analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan, sehingga dapat mengetahui potensi dan peluang di masa datang. Setidaknya dengan analisis SWOT akan mampu mengidentifikasi faktor-faktor. Diantaranya perumusan terhadap strategi dengan analisis diagram SWOT. 

Di bab ini, akan dipaparkan beberapa faktor yang akan dianalisis perusahaan. Yaitu faktor internal perusahaan yang terbagi menjadi kekuatan dan kelemahan. DImana dari dua faktor tersebut akan memiliki beberapa poin yang bisa dimaksimalkan. Dilihat dari segi faktor eksternal perusahaan, ada dua faktor, yaitu faktor peluang atau opportunities dan ancaman atau threats. 

Segmentasi Pasar 

Buku sistem organisasi maskapai dan strategi marketing memaparkan tentang segmentasi pasar di dunia penerbangan juga lo. Segmentasi pasar yang dimaksud dalam hal ini sebagai pembagian suatu pasar yang heterogen ke dalam satuan pembeli yang homogen. Dimana kepada setiap satuan pembeli yang homongan dijadikan sasaran pasar demi mencapai tujuan yang diinginkan. 

Nah, dalam segmentasi pasar ini kepuasan konsumen juga menjadi poin hal yang penting. Dimana pembeli akan puas sekali setelah melakukan pembelian, tergantung kepada kinerja tawaran dalam pemenuhan harapan pembeli. Perasaan senang dan kecewa dari pembeli inilah yang digunakan sebagai tolak ukur dan evaluasi. 

Segmentasi dan profitabilitas 

Pernah mendengar profitabilitas? Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasil keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan dapat dilihat dari laporan laba rugi perseroan yang menunjukan hasil kinerja perseroan. 

Di bab ini pun akan dibahas bagaimana Strategi Garuda Indonesia dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. Nah, di sini pun juga kamu akan belajar tentang marketing mix 4P. yang terdiri dari produk, tempat (place) price (harga) dan promotion (promosi)

Di dalam produk itu sendiri dibagi lagi menjadi beberapa poin, yaitu kualitas, keistimewaan, pilihan produk, nama merek dan kemasan. Sedangkan tempat akan menekankan betapa pentingnya saluran distribusi, jangkauan, lokasi dan inventory atau stok produk. Sedangkan harga tidak boleh lepas dari daftar harga, potongan harga, pemberian hadiah, sistem pembayaran dan tenggang waktu. 

Saat menjalankan promosi Garuda Indonesia memperhatikan beberapa elemen. Yaitu memperhatikan pentingnya advertising, personal selling, sales promotion, public relation, direct marketing, integrated marketing, event marketing dan local area marketing. Dimana semuanya bisa kamu lihat secara langsung di ulasan bukunya. 

Ternyata buku terbitan Deepublish ini tidak fokus pada maskapai Garuda Indonesia. Tetapi juga akan mengulas tentang Citilink. Dimana di sana pun kamu juga bisa mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi daya saing dan apa sih strategi maskapai LCC di CITILINK Indonesia. 

Secara garis besar, buku ini memang tepat dan cocok buat kamu yang ingin mempelajari dunia penerbangan dari berbagai maskapai. Termasuk Maskapai Air Asia dan masih banyak lagi. Semuanya akan di bahas tuntas dan lengkap di dalam buku ini. Akan di singgung pula tentang 10 maskapai penerbangan dengan anggaran promosi juga loh.