Review Buku Gambir Peluang Pasar Budidaya dan Pengolahannya

      Komentar Dinonaktifkan pada Review Buku Gambir Peluang Pasar Budidaya dan Pengolahannya
gambir peluang pasar budidaya

Gambir Peluang Pasar Budidaya dan Pengolahannya – Masih dunia pertanian. Salah satunya gambir. Gambir merupakan tanaman yang memiliki keunggulan komparatif karena tidak sembarang ditanam. Beberapa lokasi di Indonesia tidak cocok ditanami tanaman satu ini. 

Tanaman gambir memiliki potensi besar sebagai bahan baku industri karena mengandung senyawa yang luas. Memiliki potensi pasar yang kompetitif. Lahan yang cocok dan pas adalah daerah di Sumatera, Riau dan Kalimantan. 

Buat kamu yang tinggal di salah satu daerah tersebut, dan ingin mempelajari bagaimana membudidayakan. Kamu bisa membaca karya Suherman yang berjudul Gambir: peluang pasar budidaya dan pengolahannya. Bab yang akan diajarkan adalah peluang pasar dan kegunaan gambir, budidaya gambir, teknologi pengolahan gambar dan cara meningkatkan produk gambir itu sendiri. 

1. Peluang pasar dan kegunaan gambir 

Gambir salah satu produk yang memiliki potensi dan pemanfaatan yang besar. Dari segi kandungan, gambir mengandung senyawa kimia. Yaitu pseudotanin catechin atau yang disebut dengan catechin dan phlobatanin asam catechutannat. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanin. 

Tannin inilah yang digunakan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan anti hepatitis, anti diare dan obat kumur. Ternyata ada perbedaan antara kandungan catechin dan tanin dalam bahan gambir dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya karena faktor umur daun saat dipanen dan saat pengambilan getah, termasuk dalam proses pengolahan. 

Tidak hanya itu saja, ada beberapa kandungan kimia gambir. Diantaranya pyrocatechol, gambir berfluoresensi, catechu merah, quercetin, fixed oil, lilin, alkoholik. Dimana dari kandungan kimia di atas akan dipaparkan terbitan buku Deepublish. 

2. Budidaya gambir 

Di bab budidaya, sebelumnya kamu diperkenalkan morfologi dan jenis tanaman ini terlebih dahulu. Sebelum akhirnya masuk kebagian inti. Saat budidaya gambir, terdapat beberapa teknik. Diantaranya bagaimana cara menyiapkan bahan tanaman, cara melakukan pembibitan yang pas dan tepat, dan bagaimana melakukan persiapan lahan. 

Saat mempersiapkan lahan gambir, ternyata diperlukan beberapa tindakan, seperti melakukan pengolahan tanah. Perlu juga memberikan perlakuan terkait bagaimana menyiapkan lahan yang tepat. Selain itu juga akan dijelaskan bagaimana memberikan penanaman dan pemeliharaan gambir itu sendiri. Misalnya perlu dipupuk, penggunaan pupuk yang baik dan tepat dan masih banyak lagi. 

Belum lagi soal cara penanganan hama dan penyakit pada gambir. Di sana pastinya akan dihadapkan pada pembuatan pupuk atau pembasmi hama penyakit dengan takaran tertentu. Di Bagian akhir, akan dibahas tentang pembentukan struktur tanaman yang pas. 

Baca juga : (Review Buku) Mengenal laundry Khusus Perhotelan

3. Teknologi Pengolahan Gambir 

Terkait dengan teknologi pengolahan gambir, ada beberapa bab yang akan dibahas. Diantaranya bab pasca panen. Nah, saat pasca panen ada beberapa hal yang diperhatikan. Misalnya penentu saat panen. Tentu saja melihat mutu kualitas dari gambir. 

Gambir yang memiliki mutu baik memiliki catechin tinggi. Yang dapat dilihat dari kualitas atau hasil dari daun dan ranting tanaman muda. Terkait panennya pun juga diperhitungkan waktu panennya.misalnya dilakukan sebelum jam 12.00 WIB. Di buku ini juga akan dijelaskan tanda-tanda daun sudah siap untuk dipanen itu bagaimana dan seperti apa juga loh. 

Memang ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya kesegaran pemetikan. Kesegaran daun saat dipetik dan penundaan pengolahan berpengaruh terhadap kandungan catechin yang dihasilkan, yaitu menyebabkan berkurangnya getah yang dihasilkan dan berpengaruh terhadap mutu dan rendemen. 

Termasuk pula pengolahan gambir. Nah pengolahan gambir itu sendiri ada yang membahas pengecilan ukuran, pemasakan, kepadatan bahan saat ekstraksi dan pengempaan. Termasuk pula akan membahas tentang penyaringan. Terkait penyaringan dilakukan dengan cara memisahkan kotoran tidak larut saat terbawa pada proses. 

Penyaringan dilakukan langsung setelah proses pengempaan menggunakan saringan  300-400 mesh. Penggunaan saringan ini pun semakin halus semakin menghasilkan mutu baik.  Akan dibahas pula cara melakukan pengendapan, pengeringan dan pengemasan. 

4. Jenis-jenis Gambir

Tahukah kamu jika gambir pun memiliki beberapa jenis. Ada gambir booth, gambir lumping, gambir coin dan gambir wafer block. Gambir booth adalah produk gambir yang berbentuk tabung silinder. Namun karena perubahan akibat proses pengeringan, gambir booth kering tidak memiliki bentuk yang merata. 

Gambir lumping memiliki ukuran tinggi 3,2 cm dan diameter 3cm. sedangkan gambir coin mirip dengan gambir booth, beda nya pada gambir coin memiliki ukuran tinggi yang lebih kecil, sehingga terlihat seperti coin. Ada juga gambir wafer block yang sebenarnya memiliki kualitas rendah yang diproses ulang dan dicetak berbentuk balok. 

Masih ada jenis gambir yang lainya. Misalnya brown cube dan black cube, gambir stick dan gambir dairi. Dimana masing-masing jenis gambir tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Dan memiliki kelebihannya masing-masing pulau. 

Buku terbitan Deepublish ini pun juga akan membahas beberapa bab lain, seperti cara pengolahan gambir catechin tinggi dan pengolahan gambir tannin tinggi yang tepat dan baik itu bagaimana.

Detail Buku :

Judul Buku : Gambir Peluang Pasar Budidaya dan Pengolahannya
Penerbit : Deepublish
Pengarang : Suharman
ISBN : 978-602-475-642-0
Ukuran : 14×20 cm
Halaman : xii, 72 hlm
Tahun Terbit : 2018

Baca juga : (Review Buku) Berprestasi Melalui JFP (Jabatan Fungsional Pegawai)