(Review Buku) Berprestasi Melalui JFP (Jabatan Fungsional Pegawai)

      Komentar Dinonaktifkan pada (Review Buku) Berprestasi Melalui JFP (Jabatan Fungsional Pegawai)
berprestasi melalui jfp

(Review Buku) Berprestasi Melalui JFP (Jabatan Fungsional Pegawai) – Kamu pasti sudah tidak asing dengann jabatan fungsional bukan? Jabatan fungsional memang tidak familiar. Karena hanya beberapa jabatan structural ang memiliki jabatan fungsional. Misalnya kepala dinas, kepada badan, kepala kanwil, kepala bagian, kepala biro, kepala sub bagian, kepala seksi dan masih banyak lagi.

Jabatan fungsional untuk pengembangan kualitas organisasi pemerintahan kea rah yang efektif dan efisien tentu saja terus ditingkatkan dan dilengkapi. Sedangkan jabatan structural cenderung dikurangi pada aspek-aspek tertentu.

Nah, buat kamu yang ingin mengulas dan mempelajari lebih detail tentang jawaban fungsional dan jabatan structural, buku berjudul berprestasi melalui JFP karya Mulyono ini adalah jawabannya. Saat kamu membaca buku ini, kamu akan belajar beberapa ilmu baru seperti berikut.

Pejabat Fungsional Perencanaan

Jabatan fungsional pegawai negeri sipil seperti PNS yang didasarkan pada kedudukan memiliki tugas dan tanggungjawab. Setiap unit perecanaan adalah lembaga atau unit perencanaan pemerintah di pusat dan di daerah. Tentu saja yang didasarkan pada tugas pokok dan fungsinya.

JFP pada pemerintah berdasarkan tugas pokok dan fungsinya melingkupi tiga hal. Yaitu melakukan kegiatan perencanaan secara menyeluruh, dari mulai identifikasi permasalaha, perumusan alternative kebijakan perencanaan, pengkajian alternative, penentuan alternative dan masih banyak lagi.

Adapun tugas pokok lainnya, yaitu menghasilkan rencana kebijaksanaan, rencana program hingga rencana proyek baik lingkup makro, sektor ataupun darah. Termasuk pula melakukan pemantauan dan penilaian atas perkembangan hasil pelaksanaan.

Di bab ini pula, kamu juga akan mengenal apa itu rangkap jabatan, prospek jenjang karir, prosepek promosi PNS sampai ulasan pengisian jabatan pimpinan tinggi. Menyinggung tentang pejabat fungsional perencanaan, akan mengulas tentang nilai dan kelas jabatan JFP, pengangkatan JFP hingga kenaikan jabatan dan pangkat juga akan diulas tuntas di sini.

Tidak dapat dipungkiri jika dalam JFP juga terjadi permasalahan. salah satuna masalah pengangkatan. Tenang, karena di sini juga akan dipaparkan pembebasan sementara dan pengangkatan kembali dan pemberhantian JFP. Termasuk pula akan mengupas pengusulan DUPAK dan penetapan angka kredit. Dimana angka kredit inilah ang nantinya akan mempengaruhi dalam melakukan jenjang jabatan, pangkat dan angka kredit JFP.

Baca juga : Rekomendasi Buku: Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek

Kegiatan Dan Kompetensi JFP

Memang tidak semua tahu kegiatan JFP itu seperti apa dan bagaimana. Jadi wajar jika hanya anggota atau pelaku JFP saja yang tahu unsur dan sub unsur kegiatan perencanaan JFP. Nah buat kamu yang penasaran unsur kegiatan JFP itu apa saja. Terdiri dari pendidikan, kegiatan perencanaan, pengembangan profesi dan penunjang kegaitan perencanaan.

Nah, buat kamu yang menjadi anggota JFP buku ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki. Karena di bab ini kamu pun akan tahu bagiamana cara membuat tabel perencanaan pembangunan untuk menusun program dan semacamnya. Termasuk pula bagaimana membuat tabel pemantauan yang difungsikan untuk melihat kemajuan pelaksanaan sesuai dengan ukuran dan tujuan program kegiatan pembangunan.

Sasaran Kinerja Pegawai

Buku terbitan Deepublish ini memang diperuntukan bagi anggota JFP. Itu sebabna di bab ini akan dipaparkan secara detail dan mendalam sasaran kinerja pegawai sebagai panduan JFP. Jadi buat kamu ang binggung dan tidak tahu detail sasaran kienrja pegawai, akan dijelaskan satu-satu.

Setidaknya akan diulas apa sih sasaran kinerja pegawai, penyusunan sasaran kinerja pegawai yang baik dan benar itu juga bagaimana. Termasuk, bagaimana sih membuat simulasi penusunan sasaran kinerja pegawai JFP. Pokoknya semuana di ulas secara tuntas di bab Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Baca juga : Menulis Di Periferei : Marjinalitas Dalam Karya Fiksi Dan Non-Fiksi Penulis Asia, Eropa Dan Amerika

Cara Menulis Laporan Kegiatan

Atau mungkin kamu juga masih binggung nih bagaimana cara menulis laporan kegiatan. Tenang, karena di halaman 67 kamu akan tahu bagaimana caranya. Setidaknya di sini kamu akan mempelajari tentang kegiatan perencanaan, kegiataan pengembangan profesi dan kegiatan penunjang. Dimana ketiga kegiatan tersebut sangat diperlukan dan selalu ada dalam JFP.

sayangnya, meski banyak anggota JFP, tidak semua tahu cara membuat laporan kegiatan loh. Alasannya tentu saja berbagai faktor. Ada yang memang masih baru dan memang karena binggung dari mana memulainya. Oh iya, di bab ini kamu juga akan belajar tentang berkas pengajuan DUPAK loh.

Setidaknya saat mengajukan DUPAK, ada beberapa poin yang juga perlu dikuasai. Yaitu menguasai tentang pembuatan surat pengantar DUPAK, membuat surat pernyataan melaksanakan kegiatan dan menyusun bukti fisik. Dan semuanya akan diulas dan dipaparkan secara gamblang di buku terbitan deepublish.

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul (Review Buku) Berprestasi Melalui JFP (Jabatan Fungsional Pegawai), semoga bermanfaat !