4 Rahasia Membangun Bisnis Tanpa Modal

      Komentar Dinonaktifkan pada 4 Rahasia Membangun Bisnis Tanpa Modal
membangun bisnis tanpa modal

Empat Rahasia Membangun Bisnis Tanpa Modal – Daripada bingung di rumah gabut tidak ada kerjaan, lebih baik membangun bisnis tanpa modal dengan cara menjadi reseller buku. Atau bagi kamu nih, yang masih kuliah, tapi tugasnya tidak terlalu banyak. Mau kerja, juga kaku karena masih ada kelas kuliah. Nah, salah satu cara jitu dan cocok buat kamu yang juga masih kuliah namun ingin punya duit sendiri, salah satunya adalah bergabung menjadi reseller.

Kenapa sih artikel ini mengulas Bisnis tanpa modal dengan cara reseller? Karena pastinya kalian sebagai mahasiswa memiliki modal yang pas-pas san. Nah, dengan bergabung menjadi reseller inilah yang pas, karena modal yang kamu keluarkan pun kecil, tetapi keuntungan yang akan Anda dapatkan pun WOW banget. Pangsa pasar pembelinya pun juga potensial. Apalagi jika buku yang dijual adalah buku pendidikan, sudah tidak diragukan lagi pangsa pasarnya. Karena pasar yang disasar sudah jelas, yaitu pelajar, mahasiswa dan mereka yang masih sekolah.

Salah satu keuntungan bisnis tanpa modal dengan cara menjadi reseller buku pendidikan adalah kejelasan segmentasi. Buku pendidikan sudah pasti sangat diminati, karena buku tersebut sifatnya buku pokok dalam proses belejar mengajar. Jadi sedikit berbeda dengan buku-buku lainnya, yang sifatnya elementer saja.

Nah, dari pengantar bisnis tanpa modal di atas, tentunya kamu sudah tahu prospek berjualan buku yang masih menjanjikan kan? Nah ulasan berikut ini akan mengulas dan membahas tentang apa saja sih yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis tanpa modal ini tidak mengalami kendala? Berikut ulasannya :

4 Rahasia Membangun Bisnis Tanpa Modal

1. Mengenali Aturan Main Dari Supplier

Kesalahan yang paling banyak ditemui oleh reseller adalah banyak reseller yang terlalu banyak bertanya. Pertanyaan-pertanyaan itu sering membuat adminnya pun jengkel. Jadi, pertanyaann yang dilontarkan sebenarnya sudah dituliskan di aturan main. Karena calon reseller tidak membaca dengan cerman, maka terjadilah banyak pertanyaan yang sebenarnya pertanyaan itu tidak perlu di pertanyakan.

Nah, hal-hal semacam inilah yang perlu kamu hindari. Kenapa? Karena itu akan mempengaruhi penilaian supplier terhadap kamu loh. Tentunya, kamu tidak ingin bukan jika Bisnis tanpa modal yang sudah di incar akirnya tidak diseleksi oleh pihak supplier. Nah, sebenarnya kamu boleh kok mengajukan pertanyaa, pihak supplier akan senang dengan pertanyaan kamu. Tentu saja pertanyaan yang sifatnya memang yang tidak tertulis di dalam aturan mainnya.

Jadi kesimpulannya agar bisnis tanpa modal kamu berjalan lancar, bacalah syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Biasakan membaca terlebih dahulu, baru bertanya. Jangan bertanya dulu, baru membaca, karena itu paling banyak dibenci oleh pelaku usaha bisnis.

Baca juga : Bisnis Sampingan Paling Untung dengan Dagang Online

2. Membangun Kepercayaan

Nah, jika kamu sudah lolos dan bergabung dalam Bisnis tanpa modal reseller buku, maka langkah selanjutnya adalah membangun kepercayaan kepada konsumen. Landasan dasar membangun kepercayaan dengan konsumen ada banyak cara sebenarnya. Mulai dari dengan cepat membalas setiap respons yang masuk dari calon pembeli. Termasuk juga dalam hal pengemasan produk hingga hasil pesanan sampai tepat waktu.

Sayangnya, untuk bisa sukses meyakinkan bahwa Bisnis tanpa modal yang kamu miliki itu dapat dipercaya, membutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Ada proses membangun branding (yang akan diulas di poin ke-3) yang luar biasa. Kita harus tahu bahwa kepercayaan konsumen itu satu hal yang penting dijaga dan kita rawat.

Ternyata banyak orang menganggap hal ini tidak penting. Dampaknya apa? Setelah beberapa tahun menjalankan usaha bisnisnya, akhirnya gulung tikar atau jika tidak, tokonya sepi. Apalagi jaman sekarang proses jual beli dapat dilakukan dengan online. Potensi untuk memalsukan atau penipuan banyak yang terjadi.

Jadi penipuan di dunia jual beli online tidak hanya dikhawatirkan oleh pelaku bisnis tanpa modal reseller buku saja loh. Tetapi konsumen pun juga takut akan hal tersebut. Mereka juga khawatir jikalau sang penjual adalah akun yang tidak dapat dipercaya. Oleh sebab itu, membangun kepercayaan ke konsumen itu hal fundamental yang harus di bangun.

Cara memberikan kepercayaan kepada konsumen pun sebenarnya sederhana. Sama dengan bisnis tanpa modal yang lain, yaitu dengan membranding diri, seperti ulasan berikut.

Baca juga : 12 Langkah Membangun Bisnis Buku Online

3. Branding

Bisnis tanpa modal yang paling dasar adalah membranding. Mungkin kamu masih asing dengan istilah ini? Atau justru sudah familiar mendengar? Yap, branding itu upaya memperkenalkan diri produk yang kamu miliki. Tentu saja di sini perlu menguasai marketing. Karena saat membranding tidak hanya nama toko kamu, atau produk kamu. Tetapi secara keseluruhan usaha yang kamu punya.

Nah, memang setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri saat membranding produk. Ada yang dengan cara memasang iklan di TV, tapi ini pasti tidak akan ditiru karena biayanya pun juga sangat besar. Nah, jika ingin bisnis tanpa modal menjadi reseller buku kamu secara gratis, kamu bisa membranding lewat medsos.

Sebagai kaum yang melek teknologi, tentu saja harus lebih proaktif namun tetap produktif. Brandinglah produk menggunakan media sosial yang kamu punya. Kita tahu, sekarang media sosial memiliki ada banyak sekali yang bisa dijadikan pilihan. Mulai dari facebook, instagram, linkedin hingga twitter. Jika tidak mau menggunakan medsos sebagai branding gratisan, kamu sekarang juga bisa menggunakan website ataupun menggunakan forum-forum yang ada dimana-mana.

Sebagai catatan tambahan saat menjalankan bisnis tanpa modal saat membranding produk. Pastikan bahwa branding yang kamu tonjolkan adalah sisi positif, sisi keuntungannya untuk calon konsumen dan fokus pada informasi positif terhada produk ataupun barang yang ditawarkan.

4. Membangun Komunikasi Dengan Supplier

Nah, tips yang keempat yang seringkali diabaikan oleh pelaku reseller adalah kurangnya komunikasi dengan pihak supplier. Jadi, apabila kamu banyak konsumen yang membeli dan barang dagangan Anda laris, jangan langsung seenaknya dengan supplier.

Maksud dari seenaknya di sini adalah dalam bersikap. Karena banyak sekali reseller yang hilang peredaran dan tidak memberikan kabar kepihak supplier. Memang kamu tidak terikat secara penuh di perusahaan tersebut, namun akan lebih enak apabila ada kerjasama komunikasi dengan sang supplier.

Karena bagaimanapun juga, baik disadari ataupun tidak disadari, ketika pihak supplier memiliki program promo untuk reseller, kamu pun dapat dihubungi. Atau ketika terjadi kesalahpahaman, kamu pun lebih enak mengkomunikasikan dengan nyaman, tanpa ada rasa tidak enak atau semacamnya.

Bagi supplier, tentu juga akan merasa senang bekerjasama dengan reseller yang dapat diajak komunikasi dan bekerjasama. Jadi, membangun komunikasi dengan supplier itu juga hal penting dibangun dalam bisnis tanpa modal. Kita tidak akan pernah menyangka dan mengira ke depan progress supplier bisa saja membuka lapangan kerja. Siapa tahu, dengan riwayat kamu menjadi reseller yang kinerjanya baik, kamu pun bisa ditarik menjadi karyawan tetap di sana. Hal-hal semacam ini sangat mungkin terjadi lo.

Nah itulah beberapa trik dan tips membangun bisnis tanpa modal. Sekalipun ada modal yang harus dikeluarkan, jumlahnya tidak seberapa, dan tergantun dari kemampuan kamu loh. Nah, sedikit menyinggung tentang jumlah reseller sebenarnya ada banyak pelaku reseller loh. Dari jumlahnya yang banyak tersebut, ternyata juga banyak yang gugur ditengah pertarungan karena tidak kuat dengan seleksi alam.

Jadi, khusus kamu para pelaku bisnis tanpa modal reseller buku nih, pastikan kamu tekun, disiplin dan pantang menyerah. Karena itulah kunci agar bisnismu tetap langgeng dan semakin hari semakin membesar. Jangan mudah menyerah hanya karena satu batu sandungan, semoga usaha rintisan kamu sukses selalu

Terimakasih sudah membaca artikel tentang “Empat Rahasia Membangun Bisnis Tanpa Modal”, selanjutnya bisa baca artikel kami yang lain :

4 Tips Jualan Online Dengan Kualitas Produk Yang Terbaik
Potensi Mobile Marketplace sebagai Alternatif produk E-Commerce