5 Prosedur Pengadaan Buku Perpustakaan Di Deepublish

      Komentar Dinonaktifkan pada 5 Prosedur Pengadaan Buku Perpustakaan Di Deepublish
prosedur pengadaan bahan pustaka

5 Prsedur Pengadaan Buku Perpustakaan Di Deepublish – Prosedur pengadaan buku perpustakaan – binggung mencari tambahan koleksi buku untuk perpustakaan yang memiliki harga terjangkau? Tentu saja yang lebih praktis, cepat dan tidak ribet? Tenang! Solusinya adalah menjadikan penerbit buku sebagai sasaran pengadaan buku perpustakaan.

Lalu bagaimana dengan langkah-langkah pengadaan buku perpustakaan di deepublish? Apakah memakan waktu lama? Jawabannya tidak. Kamu cukup masuk ke halaman website Deepublish. Kemudian klik menu bar, kemudian cari pengadaan buku.

Dijamin di sana akan ditemukan ribuan judul buku yang siap melengkapi kekurangna koleksi di perpustakaan. Bagaimanapun juga, peran dan tanggungjawab perpustakaan adalah menyediakan koleksi buku selengkap mungkin untuk pengunjung perpustakaan.

Satu sisi, langkah-langkah pengadaan buku perpustakaan juga sebenarna sebuah kewajiban perpustsakaan untuk memperbarui koleksi-keloksi buku yang sudah usang ataupun sudah rusak. Cukup menambah koleksi buku baru, paling tidak mengupdate informasi dan pengetahuan. Tentu saja tidak ingin jika pembaca membaca buku-buku yang sudah ketinggalan jaman bukan?

Pengadaan buku memang tidak selalu berbentuk berbayar. Ada juga pengadaan buku yang sifatnya gratis. Hanya saja butuh yang namannya informasi di dunia pengadaan. Untuk mendapatkan pengadaan gratis pun prosedur pengadaan buku perpustakaan juga tidaklah mudah seperti yang dibayangkan.

Terlepas sulitnya mendapatkan pengetahuan langkah-langkah pengadaan buku perpustakaan, kendala dan masalah lain bagi perpustakaan. Banyak pihak perpustakaan yang tidak tahu dan kesulitan dalam menemukan tempat mana saja yang bisa untuk pengadaan buku. Atau sekedar mencari agen buku yang bisa menyediakan buku yang diinginkan pun juga masih kesulitan bagaimana prosedurnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, Anda bisa melihat langkah-langkah pengadaan buku perpustakaan yang praktis, efektif dan efisien. Anda cuku masuk dan mengisi form yang sudah disediakan. Pada kesempatan kali ini saya akan fokus pengadaan buku perpustakaan di penerbit Deepublish, karena di sana kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Diantarannya mendapatkan garansi, buku rusak akan di ganti. Ada promo dan harga lebih terjangkau.

5 Prosedur Pengadaan Buku Perpustakaan Di Deepublish

Langsung saja, berikut langkah-langkah pengadaan buku perpustakaan yang banyak dibingungi pustakawan. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

1. Mengisi Form

Langkah pengadaan buku perpustakaan di deepublish yang pertama adalah mengisi form yang sudah disediakan oleh pihak penerbit. Form ini wajib di isi, karena memiliki maksud dan tujuannya loh. Tentu saja data yang masuk akan di rekap oleh pihak penerbit, dan digunakan sebagai database.

Jadi, semisal ke depannya terjadi sesuatu. Mungkin Anda merasa di rugikan atau pihak penerbit yang dirugikan, maka data tersebut memudahkan untuk mencari tahu dan membantu untuk duduk bersama mendiskusikannya. Jadi, pastikan saat mengisi formulir tidak sembarang mengisi.

Bagaimana jika sembarang diisi? Maka pengajuan pengadaan buku tidak akan lolos, alias di tolak. Barangkali akan muncul pertanyaan lainnya, bagaimana cara mengetahui jika pengajuan lolos? Jadi setiap pengajuan pengadaan buku perpustakaan yang lolos, akan di hubungi oleh bisa CS deepublish. Baik lewat ponsel yang sudah dituliskan ataupun lewat email.

Jadi, jika tidak ada kabar atau tidak konfirmasi, minimalisir untuk menodong secara berlebihan. Hanya diperkenankan untuk mengkonfirmasi saja. Catatan lagi, ada waktu untuk melakukan peninjauan, karena banyaknya hal yang harus diselesaikan.

2. Download Katalog

Prosedur pengadaan buku perpustakaan yang kedua, setelah mengisi formulir yang sudah tersedia. Maka setiap pendaftar akan di arahkan untuk mendownload katalog buku berbentuk excel. Terkait dengan katalog buku, jangan kaget, karena jumlah koleksi buku pada katalog buku ada ratusan bahkan ribuan judul buku yang bisa di pilih dari lintas jurusan dan cabang ilmu.

Karena banyaknya daftar buku, penerbit menawarkan kemudahan. Setiap pemohon pengadaan buku bisa mengajukan kepada tim untuk meminta katalog buku yang setema. Misalnya khusus buku psikologi, atau khusus buku-buku agama islam.

Maka, pihak penerbitpun akan menyediakan katalog buku lebih spesifik untuk Anda. Oleh sebab itu, bagi pustakawan sebelum mengajukan pengadaan buku perpustakaan disarankan untuk membuat daftar buku yang dibutuhkan perpustakaan buku jenis dan kategori apa saja.

Baca juga : Contoh Buku Peminjaman Perpustakaan

3. Kirim List Order

Prosedur pengadaan buku perpustakaan yang ketiga, setelah mendapatkan katalog buku yang sudah sesuai yang diinginkan. Pastikan untuk memilih buku mana saja yang pas dan selaras untuk kebutuhan perpustakaan Anda. Kemudian, list order buku bisa dikonfirmasi ke bagian CS Deepublish untuk di proses.

Kemudian Anda pun akan mendapatkan rincian harga buku. Untuk pembelian jumlah banyak, tentu saja akan mendapatkan diskon. Inilah kelebihan memenuhi pengadaan buku perpustakaan langsung beli ke penerbit buku. Meskipun di diskon, pastikan untuk tetap memperhatikan badget yang dimiliki oleh perpustakaan.

Untuk pemesanan buku dalam jumlah banyak, maka pihak pengajuan akan membayar 50% dari total. 50% kekurangan dibayarkan ketika naskah sudah akan di kirim ke lokasi. Jika ada oknum yang memanfaatkan dengan cara penipuan kepada penerbit, penerbit punya formulasinya sendiri.

4. Pembayaran

Prosedur pengadaan buku Perpustakaan yang keempat adalah pembayaran. Seperti yang disinggung di atas, pembayaran pertama wajib membayar 50% sebagai bukti proses pemesanan. Sisanya dapat dibayarkan ketika buku siap di kirim.

5. Siap Antar

Prosedur pengadaan buku perpustakaan yang terakhir adalah proses pengantaran. Nah, terkait dengan proses antar, anda tidak perlu khawatir kerusakan barang. Karena barang yang rusak akan mendapatkan ganti. Misalnya, akan dikirim ulang. Tentu saja ini tidak begitu saja, ada syarat dan ketentuan.

Misalnya, barang sampai di lokasi dan mengalami kerusakan selama proses pengiriman, maka dalam waktu 2×24 jam Anda bisa langsung lapor ke admin dengan cara memotret bukti kerusakannya. Maka pihak penerbit akan mendiskusikan.

Jika itu karena kesalahan pihak penerbit, maka Anda akan mendapatkan ganti secara gratis. Sebaliknya, jika kesalahan karena dari pihak Anda, maka tidak akan mendapatkan ganti rugi. Jika Anda tidak segera melaporkan selama 2×24 jam maka di luar tanggungjawab dari penerbit.

Itulah beberapa prosedur pengadaan buku perpustakaan yang perlu kamu catat. Prosedur di atas tentu saja akan berbeda dengan prosedur penerbit lain. Tetapi secara prinsip, tidak jauh berbeda inti yang diberikan.

Baca juga : Cara Membuat Katalog Perpustakaan

Nah, buat pustakawan baru, atau yang tengah menjalankan perpustakaan secara mandiri dan belum pernah mengikkuti pengadaan buku. Maka artikel ini bisa menjadi gambaran sederhana. Setidaknya pula Anda pun juga bisa lebih memahami prosedur pengadaan buku perpustakaan itu bagaimana dan seperti apa.

Semoga dengan prosedur pengadaan buku perpustakaan ini bermanfaat dan memberikan pencerahan. Sebagai catatan tambahan, pastikan untuk mencari informasi terhadap penerbit buku atau agen buku yang akan Anda ikuti pengadaan buku. Karena masing-masing memiliki sistem kerjanya masing-masing. Penawaran dan keuntungan bagi konsumen yang diberikan pun berbeda.

Jadi, carilah penerbit atau agen yang memberikan benefit lebih menguntungkan bagi pihak perpustakaan. Terakhir, pastikan penerbit tersebut sudah tergabung ke dalam anggota IKAPI. Karena ini jauh lebih berkredibel.