Potensi Mobile Marketplace sebagai Alternatif produk E-Commerce

potensi mobile marketplace

Potensi Mobile Marketplace – Indonesia sebagai Negara berkembang, namun sebagian besar masyarakatnya sangat update dalam hal teknologi. Dari segi kematangan infrasturktur jaringan Internet pun di Indonesia juga sudah menyebar ke berbagai titik. Wajar saja jika produk e-commerce mainstream mulai dikenali dan tertebar ke mana-mana.

Kreatifnya, berkat kehadiran teknologi, di Indonesia semakin banyak masyarakat tahu bagaimana memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Salah satunya dengan kehadiran smartphone. Bermodal smartphone, setidaknya Anda bisa melakukan penjualan dan modal murah untuk menarik pemasukan penjualan.

Ingin meraup untung dari hasil pemasaran? Kini bukan jamannya berjualan menggunakan benner. Kini jamannya teknologi, maka bentuk marketing yang digunakan pun jauh lebih canggih. Sekarang sudah ada istilah E-commerce Mainstream dan mobile bukan?

Pada kesempatan kali ini akan mengulas potensi mobile marketplace sebagai alternative produk. Nah, apa saja? Berikut issunya.

Smartphone Sebagai Alat Super Masif

Berkat peredaran smartphone yang super massif, kini masyarakat awam sekalipun sudah akrab dengan  marketplace ataupun istilah e-commerce atau mobile. Berkat kecanggihan teknologi inilah yang menjadikan ekosistem e-commerce semakin kuat. Pantas saja jika kini berbelanja online menjadi mainstream.  

Tidak sekedar itu, kini juga sering mendengar istilah mobile marketplace yang menantang para pelaku e-commerce mainstream. Satu hal yang menarik, dari data yang dilakukan oleh Google, dari semua pengguna smartphone, ada 94% menggunakan perangkat e-commerce. Sedangkan untuk sisi penjualan itu sendiri, justru lebih banyak dilakukan di perangkat desktop atau computer.

Skema Potensi Mobile Marketplace

Lantas, apa dan bagaimana skema mobile marketplace, ternyata memang hadir menawarkan kemudahan bagi konsumen. Sekaligus menawarkan kecepatan respons dan pelayanan. Jadi calon konsumn tinggal memilih dan transfer, barang akan disampaikan sampai ke rumah konsumen.

Melihat peluang dan potensi smartphone yang memudahkan urusan inilah, mendorong Negara maju berlomba-lomba menciptakan inovasi. Mereka saling membuat fitur smartphone yang lebih responsive dan lebih baik. Karena memang peluang smarphone ke depan masih berpeluang.  Tentunya, juga menguntungkan Negara pembuat.

Jika Negara maju sibuk menemukan trobosan dan pengembangan teknologi, apakabar Indonesia? Mengingat Indonesia sebagai produsen ponsel. Bahkan Indonesia dijadikan market pasar bagi Negara-negara maju. Memang dari satu sisi kita juga di untungkan, tetapi sisi yang lain, kita memang di jejali mental konsumen, bukan bermental sebagai produsen.

Baca juga : Ingin Toko Buku Online Kamu Laris? Kuasai 2 Wawasan Ini

Manuver Sang Pelaku E-Commerce – Potensi Mobile Marketplace

Coba, sebutkan pelaku e-commerce yang kini saling berkompetisi? Ada Lyke, Coral, Tokopoket hingga Shoppe, mereka saling berkompetisi satu sama lain. Seperti yang kita tahu, nama-nama tersebut mampu menguasai platform mobile. Mereka mungkin karena tahu tidak semua yang bisa membuka dalam versi desktop, sehingga sengaja menyediakan menggunakan mobile.

Menariknya, Lyke tidak tanggung-tanggung, memposisikan dirinya sebagai aggregator yang menjalankan banyak program. Mungkin Anda tidak tahu, jika Lyke sampai detik ini sudah menjalankan beberapa program afiliasi seperti di Zalora, Tokopedia hingga Lazada.

Jika Anda mengamati pola atau skema kerja di E-commerce mereka adalah kegesitan dalam memberikan respons. Jadi wajar jika mampu menarik perhatian bagi para konsumen. Tidak hanya kecepatan respons, tetapi juga kecepatan dalam memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Itulah ulasan tentang Potensi Mobile Marketplace sebagai Alternatif Produk E-Commerce. Semoga ulasan kali ini bermanfaat. Barangkali Anda salah satu calon pemiliki e-commerce selanjut di masa datang. Tentu harus di dukung. Buktikan bahwa Indonesia tidak sebagai pelaku konsumen saja. Semoga ulasan ini bermanfaat. (Elisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *