Perbedaan Entrepreneur Dan Pengusaha

      Tak ada komentar pada Perbedaan Entrepreneur Dan Pengusaha
perbedaan pengusaha dan entrepreneur

Perbedaan Entrepreneur Dan Pengusaha – Pernah mendengar apa itu entrepreneur? Ketika mendengar  seorang entrepreneur selalu diidentikan dengan mereka yang memiliki usaha bisnis. Baik usaha bisnis skala kecil hingga besar. Entrepreneur adalah pelaku yang menjalankan sebuah usaha, dan mereka juga sudah mempekerjakan karyawan untuk mengembangkan usaha yang sedang mereka jalankan. Jadi, entrepreneur dapat di bilang mereka adalah orang-orang yang memiliki jiwa menjadi pengusaha.

Apakah anda termasuk orang entrepreneur? Atau seorang pebisnis. Berbicara tentang entrepreneur dan pebisnis itu dua hal yang berbeda. Keduanya memiliki perbedaan sudut pandang. Pada kesempatan kali ini akan mengulas perbedaan entrepreneur dengan seorang pebisnis. Apa saja? Berikut poin-poinnya.

Tujuan

Dari aspek tujuan, seorang entrepreneur dan pebisnis memiliki tujuan yang berbeda. Tujuan utama seorang penguasaha atau pebisnis sudah pasti memperoleh keuntungan dan keuangan stabil. Sedangkan entrepreneur lebih berorientasi memberi perubahan. Misal mengubah lingkungan kumuh menjadi bersih. Mengubah kebiasaan malas dalam bekerja, menjadi lebih rajin dalam bekerja.

Dengan kata lain, seorang entrepreneur tidak begitu tertarik pada keuntungan secara finansial. Mereka lebih tertarik untuk mengejar prestasi atau mengembangkan produk barang atau jasa yang ia gelutinya. Karena seorang entrepreneur menawarkan dari sisi lain.

Waktu

Perbedaaan entrepreneur dan seorang pebisnis yang mencolok dalam menyikapi waktu kerja. Konon katanya, seorang entrepreneur cenderung menghabiskan waktu lebih lama dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena mereka ingin menciptakan sebuah produk yang terbaik dan sempurna. Berbeda dengan seorang pebisnis, mereka sangat mengefisiensi waktu. Bahkan di saat ada waktu siswa, mereka memanfaatkan untuk mengerjakan sesuatu.

Sikap

 Dari segi sikap, orang pebisnis lebih senang dan nyaman dengan kondisi atau capaian mendapatkan banyak keuntungan. Hal terpenting adalah omset masuk sesuai target. Seorang pengusaha lebih nyaman ketika hambatan dalam usahanya bisa hilang.

Lain cerita dengan entrepreneur lebih fleksibel. Jadi entrepreneur lebih mengikuti trend dan mengikuti perkembangan jaman. Bagi yang memiliki entrepreneur, mereka memiliki orientasi jauh lebih besar, dan cenderung berani mengambil risiko yang lebih besar pula.

Baca juga : Ciri-ciri Entrepreneur Yang Sukses

Menyikapi risiko

Lebih tepatnya seorang pengusaha lebih mengambil aman dalam menjalankan bisnisnya. Mereka cenderung memilih risiko yang lebih kecil. Jadi semisal perusahaan atau bisnis usaha sedang di landa masalah, lebih memilih untuk mengambil keputusan yang melindungi uangnya. Daripada memilih risiko yang paling terburuk.

Sedangkan seorang entrepreneur lebih berani dalam mengambil resiko. Karena orientasi seorang entrepreneur bukan pada keuntungan, tetapi lebih pada rasa kecintaan atau passion. Wajar jika akhirnya mereka lebih berani mengambil keputusan yang tidak masuk akal sekaligus. Menariknya, seorang entrepreneur yang mengambil risiko lebih besar, juga memiliki peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Ide

Salah satu yang menarik dari entrepreneur dalam mengembangkan ide lebih lancar. Seorang entrepreneur memiliki segudang ide baru dan menarik setiap kesempatan. Sebaliknya, seorang entrepreneur rela menghabiskan uang hanya untuk ide yang mereka miliki. Sebaliknya seorang pengusaha justru lebih mencari aman, mengambil ide yang tren pada waktu itu, yang terpenting adalah memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Definisi sukses

Dari sudut pandang kesuksesan, orang yang memiliki entrepreneur tidak terpaku dan mematok kata sukses. Seorang entrepreneur lebih membiarkan kesuksesan itu mengalir. Membiarkan perjalanan bisnisnya mengalir begitu saja, dan membiarkan mendefinisikan kesuksesan yang dicapai.

Itulah enam perbedaan dari entrepreneur dan pengusaha atau pebisnis. Semoga ulasannya bermanfaat. Dari kedua perbedaan di atas, kamu termasuk dari sudut pandang dari mana? Apakah seorang entrepreneur atau menjadi seorang pengusaha? Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca juga : 5 Konsep Kewirausahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *