(Review Buku) Mengenal laundry Khusus Perhotelan

      Komentar Dinonaktifkan pada (Review Buku) Mengenal laundry Khusus Perhotelan
mengenal laundry perhotelan

(Review Buku) Mengenal laundry Khusus Perhotelan – Tentu saja laundry diperhotelan tidak sama halnya dengan laundry untuk skala rumah tangga. Meskipun demikian, buku ini sebenarnya membukakan wawasan dan pengeteahuan baru tentang dunia laundry. Buku terbitan Deepublish ini pun akan mengupas bagian atau seksi-seksi yang ada di laundry, dan mengulas tentang mesin hingga perlengkapan ambahan yang dibutuhkan dalam laundry.

Penasaran bukan seperti apa sih buku ini dikemas? Kok sampai-sampai tentang laundry saja dibuat sebuah buku. Nah, berikut penjelasannya, siapa tahu kamu tertarik ingin mempraktekkan ilmu ini.

Isi Buku Mengenal laundry Khusus Perhotelan

Mengenal Esensi Laundry

Buku mengenal laundry secara umum dijamin semua orang tahu dan paham. Bahkan tugas-tugas pekerja laundry pun juga tahu. Tapi ada yang berbeda. Karena konteknya adalah bekerja di perhotelan. Tentu saja dari segi penanganannya pun juga lebih berhati-hati.

Tugas utama laundry di hotel sebenarnya membantu operasional hotel yang berhubungan dengna proses pencucinan linen untuk guest room, restoran dan meeting room serta uniform bagi karyawan. Meskipun tampaknya tidak begitu penting, keberadaan laundry kini menjadi persediaan fasilitas wajib bagi para tamu loh.

Poerasional laundry itu sendiri berbeda-beda tiap hotel. Menariknya lagi ni, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan menentukan jam operasional laundry. Yaitu memperhatikan tingkat occupancy, memperhatikan total output kilogram mesin wishing, perstock linen. Bahkan tidak hanya ini saja, ada banyak hal yang diperhatikan, misalny kepuasan tamu dan masih banyak lagi.

Laundry supplies

Buku mengenal laundry sangat direkomendasikan buat kamu yang tertarik ingin bekerja di perhotelan. Karena tidak menutup kemungkinan, ketika menemui kasus seperti ini, kamu tidak lagi gagap atau binggung.

Bahkan ketika dilapangan ditemui tentang permasalahan dunia perlaundrian, kamu pun tahu sikap yang baik. Nah, di bab laundry supplies ini lebih fokus mengupas perlengkapan tambahan atau barang habis pakai. Lantas apa saja sih barang-barang yang dibutuhkan di laundry yang sifatnya tidak sekali buang namun sangat dibutuhkan?

Misalnya ada bucket laundry atau semacam ember sebagai tempat cucian basah. Kemudian dibutuhkan dan disiapkan alat banya lain seperti trolly linen. Biasannya trolly linen ini sering digunakan untuk membawa linen bersih, bisa juga untuk yang kotor. Trolley hanger juga dibutuhkan. Biasaannya trolley hanger ini sering digunakan untuk membawa cucian tamu yang digantung.

Baca juga : 3 Alasan Kenapa Harus Mendaftar Reseller Buku

Perlengkapan keselamatan Kerja

Meskipun hanya bekerja sebagai laundry. Ternyata pegawai laundry juga membutuhkan perlengkapan keselamatan juga loh. Sesuai namannya, eklengkapan keselamatan kerja yang harus digunakan untuk cucian yang diharuskan menggunakan produk chemical yang berhabahaya. Misalnya kacamata keselamatan dan masker keselamatan.

Tidak tanggung-tanggung, selain kacamata dan masker keselamatan, juga dibutuhkan sarung tangan karet. Kenapa karet? Karena lebih enak jika digunakan untuk bekerja. Tidak lupa pula menggunakan sepatu keselamatan. Sepatu keselamatan menggunakan sepatu boat ketika terkana air, kakimu pun tidak lagi terkena basah.

Elemen dasar pencucian

Buku mengenal laundry ternyata cukup detail teorinya. Hal ini tampak dari elemen dasar pencucian. Tahukah kamu jika biaya dan efisiensi pencucian perlu diperhatikan untuk melihat keseimbangan angata gaya mekanik, waktu dan energy kimia. Wah, terliha sepele, ternyata juga ada teorinya juga.

Pada keseimbangan gaya mekanik misalnya, ketinggian air dan beban mesin dapat berpengaruh loh. Bahkan bentuk kontruksi drum dan kecepatan putar drum pun perlu mendapatkan perhatian khusus. Karena di sini banyak teori, maka teori atau penjelasan lengkapnya bisa langsung dibaca dibukunya langsung.

Soal waktu, buku mengenal laundry ini juga memperhitungkan soal waktu. Misalnya memperhatikan lama proses atau formula pencucian. Belum lagi masalah energy kimia, juga perlu di perhatikan. Energy kimia yang memilik unsur penting adalah surfactant, yang terdapat di dalam deterjen. Nah, ternyata surfactant berperan untuk mempercepat pembasanan linen, melepepaskan kotoran dan megnembangkan dan mencegah pengotor untuk menempel kembali.

Di bab ini kamu pun akan belajar juga beberapa jensi surfactant. Sebelum akhirnya akan mempelajari tentang energy panas, prosedur, air dan masih banyak lagi.

Proses Dry Cleaning

Setelah mempelajari elemen dasar pencucian yang seabrek banyak banget. Bagian akhir akan mempelajari proses dry cleaning atau proses pencucian yang tidak boleh dilakukan menggunakan media air. Lalu pakai apa dong?

Baca juga : 9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli