4 Manfaat Membaca Buku Perpustakaan

      Komentar Dinonaktifkan pada 4 Manfaat Membaca Buku Perpustakaan
manfaat membaca buku perpustakaan

4 Manfaat Membaca Buku Perpustakaan – Perpustakaan adalah surganya buku, kita dapat menemukan ribuan jenis buku di perpustakaan tersebut. Terlebih lagi kita bisa dengan mudah membaca buku tanpa harus membelinya, apalagi bisa kita pinjam untuk bawa pulang ya kan?

Berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat membaca buku di perpustakaan. Semoga artikel di bawah ini dapat bermanfaat yaa.

1. Mengurangi Stress

Siapapun manusia di bumi ini pastilah merasakan stress. Karena stress sudah menjadi bagian hidup manusia. Permasalahan dari stress adalah banyak yang tidak bisa menyikapi dengan bijak dengan stressnya. Nah, dengan mempelajari manfaat buku bagi pembacanya mampu menurunkan tingkat stress yang kamu alami loh. Kenapa bisa demikian?

Menurut hemat saya, stress datang karena keterbatasan pengetahuan kita. Orang yang memiliki pengetahuan yang banyak, kemampuan kognitif yang baik dan di dukung manajemen diri yang baik, stress tidak akan datang. Sekalipun datang akan bisa di hadapi dan dipecahkan. Stress yang tidak terkontrol dan berlanjut, bisa berubah menjadi gangguan mental yang lebih berat. Namun gangguan mental semacam ini hanya dialami oleh mereka yang sebenarnya tidak mengenali dirinya sendiri.

Lalu bagaimana cara mengenali diri sendiri? Salah satunya dengan membaca. Dengan membaca, akan kita temukan sudut pandang lain, akan ditemukan wawasan baru, akan ditemukan solusi dan kita pun akhirnya memiliki solusi dan jawaban sendiri. Menguasai diri sendiri adalah kunci dari sumber masalah yang kita hadapi.

Baca juga : Cara Membuat Katalog Perpustakaan

2. Panjang Umur

Siapa sih yang tidak ingin hidup panjang umur? Pasti hampir semuanya menginginkan hidup panjang. Seperti di beberapa negara seperti Jepang dan Finlandia, dua negara ini dikenal negara yang memiliki penduduk yang hidup panjang umur. Apa rahasianya? Seperti yang saya tulis dalam buku saya berjudul the Secret of IKIGAI. Mereka panjang umur karena mereka hidup bahagia.

Apa kunci hidup bahagia, selain karena gaya hidup yang sehat, karena mereka juga melek literasi. Membaca bagi mereka sudah menjadi kebiasaan di tengah-tengah kesibukan yang super padat. Dari hasil penelitian dadri Yale University’s School of Public health menyatakan bahwa seseorang yang terbiasa meluangkan waktu membaca selama 3,5 jam dalam seminggu, dapat memperpanjang hidup selama 23 bulan.

3. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis

Manfaat buku bagi pembacanya mampu meningkatkan keterampilan berfikir secana analitis. Saat membaca, tentu saja kamu akan membaca buku yang kamu sukai bukan? membicarakan selera pun pasti jawabannya berbeda-beda. Ada senang membaca buku motivasi, buku fiksi dan buku yang lain-lain. Dari jenis buku yang kamu baca, pastinya kamu tidak pernah tahu isi buku dan pengetahuan baru yang akan kamu dapatkan.

Menariknya, setiap kali kamu membaca buku, selalu saja ada potongan informasi yang akan melekat dalam momori. Kemudian dikesempatan lain, kamu membaca buku yang lain, kamu pun akhirnya juga akan dapatkan informasi baru baru. Begitu seterusnya. Sampai potongan-potongan informasi dan pengetahuan tersebut menjadi teka teki. Seiirng berjalannya waktu, teka-teki yang lama kamu pendam, akhirnya emunculkan pemikiran dan solusi atau jawaban, setelah membaca banyak buku.

Hal-hal seperti inilah yang disebut dengan berpikir analitis. Jadi manfaat buku bagi pembacanya tidak sekedar memberikan informasi dan pengetahuan. Tetapi juga akan melatih kamu untuk membuat konstruksi berfikir yang lebih matang, lebih kreatif, lebih inovatif dan lebih mendalam.

4. Melatih Kemampuan Menulis

Jika manfaat buku bagi pembacanya melatih keterampilan berfikir analitis, maka ini yang dibutuhkan oleh penulis. Seorang penulis membutuhkan kemampuan berfikir analitis agar tulisannya lebih ekspresif, mendalam dan tentu saja lebih hidup. Coba bandingkan penulis yang memiliki kemampuan analitis yang baik, pasti kamu pun juga enak membacanya. Sebaliknya, ada penulis yang dari penyampaiannya pun terasa garing.

Tidak hanya itu, menfaat buku bagi pembacanya juga akan mengarahkan penulisan lebih enak di baca. Kunci buku yang enak dibaca adalah pemilihan diksi dan penyusunan kalimat yang tidak berbelit-belit. Pastikan buku di tulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami, struktur kalimat yang sederhana, namun pesan yang disampaikan cetar membahana. Agar pembaca pun berlama-lama membaca.

Itulah empat manfaat buku bagi pembacanya. Dari ketujuh manfaat membaca di atas, apakah kamu merasakannya? Buat kamu yang belum bisa merasakan manfaat dan dampak dari hobi membaca jangan putus asa. Karena kita baru bisa merasakan dampak membaca secara signifikan setelah kita membiasakan diri membaca dalam kurun waktu lama dan kita lakukan secara terus menerus.

Tidak tanggung-tanggung, waktu yang baru akan terasa dampak dari manfaat buku bagi pembacanya bisa hitungan tahun. Sebenarnya tidak selalu dalam hitungan tahun. Tetapi berdasarkan jumlah buku yang kamu baca. Ingat, bacalah lebih dari satu buku. Karena semakin banyak yang kamu baca, semakin kamu merasa tidak tahu apa-apa dan semakin haus terus membaca lebih banyak lagi. Ketika kamu sudah terbiasa membaca buku, kamu akan lebih mahir dalam menulis. Dan tulisanmu dapat langsung diajukan ke penerbit buku untuk diterbitkan.