Ingin Toko Buku Online Kamu Laris? Kuasai 2 Wawasan Dasar Berikut

      Komentar Dinonaktifkan pada Ingin Toko Buku Online Kamu Laris? Kuasai 2 Wawasan Dasar Berikut
toko buku online

Ingin Toko Buku Online Kamu Laris? Kuasai 2 Wawasan Dasar Berikut – Terutama bagi kamu yang punya hobi membaca nih. Tapi posisi jauh dari toko buku, atau di daerah pedesaan yang harus menghabiskan waktu beberapa menit demi mencapai toko buku. Maka, membeli dan memilih Toko buku murah online menjadi solusi. Apalagi sekarang tinggal buka smartphone, dengan otomatis akan muncul banyak sekali pilihan buku, tanpa harus kita berkendara dan menghabiskan bensin. Tinggal pencet, pesanan langsung sampai.

Dari dua segi sudut pandang, tokoh buku murah online yang baik ketika bisa diterima oleh dua unsur. Yaitu sebagai pelaku konsumen dan sebagai pelaku penjual toko. Akan terjadi sinergisitas antara penjual dan pembeli. Agar keduanya saling nyaman satu sama lain ketika bertransaksi, dan tentunya akan mempengaruhi laris tidaknya toko kamu kedepannya.

1. Pelaku Konsumen Terhadap Toko Buku Murah Online

Kamu yang baca artikel ini pasti sudah akrab dengan yang namannya toko online bukan? Nah buat kamu nih yang sedang memilih toko buku murah online, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu pelajari. Kenapa sih harus mempelajari sejauh ini? Jawabannya sederhana, karena memang sekarang banyak toko online yang tidak berkredibel dan ada juga yang tipu-tipu. Hal-hal semacam ini sudah biasa di dunia internet.

Oleh sebab itu, artikel kali ini memilih toko buku murah online yang bisa kamu garisbawahi. Fungsinya jelas, agar tidak salah pilih dan tidak salah memilih.

Pertama, mengenali profile toko online. Misal, dengan melihat komentar dari para konsumen lain, atau melihat bintang dari toko tersebut.  Bahkan, mengenali profile dan komentarnya saja tidak cukup. Nah, bagi konsumen, sebenarnya berhak bertanya bagaimana kepada penjualnya. Dari gaya chat dari penjualnya pun juga dapat dilihat, apakah pelayananya baik atau buruk.

Kedua, Bagi kamu sebagai konsumen, jangan mudah memberikan data kamu kepada penjual. Kecuali, jika kamu sudah mantab dan membeli produk dari sana. Misal memberikan data pengiriman barang. Nah, pembelian di marketplace memang lebih terjamin keamanannya, meskipun masih ada aja penjual yang nakal. Dibandingkan membeli barang di marketplace yang tidak ada system ATM bersama. Tapi, jika toko buku murah online tersebut berdiri sendiri dan berkredibel, memang responsnya lebih cepat.

Ketiga, lakukan pengecekan metode pembayaran. Selalu pantau, apakah ada metode pembayaran yang mencurigakan, atau tidak sama sekali. Seperti yang disinggung sebelumnya, memang paling aman berbelanja online adalah di marketplace, karena ada rekening bersama, sehingga segala proses transaksi yang dijamin keamanannya bagi pembeli dan penjual. Sayangnya, prosesnya pun juga jadi lebih panjang dan ribet.  

Dari ketiga tips di atas, semoga membantu mengurangi risiko penipuan secara online. Mengingat saat ini memang banyak kasus penipuan berkedok jual beli online. Sebenarnya kuncinya tetap ada pada konsumen. Jika konsumen pandai dalam melihat peluang, maka kamu pun juga tidak akan menjadi korban penipuan. Jadi, jelilah sebelum membeli, sebelum menyesal.

2. Pelaku Penjual di Marketplace

Atau mungkin, kamus seorang pelaku jual beli buku. Nah, maka penting sekali mempelajari minat dan kesenangan seorang konsumen. Karena seorang konsumen juga pilih-pilih Toko buku murah online. Nah, berikut beberapa hal yang disukai calon konsemen, dan perlu kamu ketahui nih.

a. Banyak Diskon

Kita tahulah, sebagai negara +62 paling demen dengan diskon-diskonan. Apalagi jika diskon yang ditawarkan besar-besaran. Sebagai contoh orang Indonesia suka diskon adalah strategi marketplace yang melakukan flashsale. Dalam hitungan menit, mereka diserbu. Dan cara ini sangat luar biasa antusias loh. Jika belum berani atau bulum cukup modal, kamu bisa kok memberikan diskon super besar. Dijamin calon pembeli akan berdatangan.

Sebenarnya yang suka diskon tidak hanya di Indonesia. Tetapi negara-negara luar pun sebenarnya juga suka diskonan. Kembali lagi ke diskon buku nih. Sebenarnya kamu juga bisa loh membuat promo gratis ongkir. Bagi calon pembeli, ini juga sudah cukup menguntungkan. Atau bisa dengna memberikan diskon 30% dan tetap ada beban ongkir. Bagi pembeli juga ini bisa menjadi bahan pertimbangan membeli di toko online kamu.

Beberapa Toko buku murah online memberikan diskon dengan cara unik lain. Misal, memafaatkan hari tertentu. Misalnya ketika hari buku, maka toko buku murah online pada memberikan paket promo. Pokoknya, prinsipnya adalah buatlah tawaran yang menarik dan menguntungkan bagi konsumen.

b. Tidak Ribet

Calon konsumen lebih memilih Toko buku murah online yang sifatnya praktis. Praktis dalam hal ini tidak ribet dan berbelit-belit. Karena orang yang belanja secara online itu karena banyak faktor. Pertama, bisa karena kesibukan konsumen, karena jarak, dan karena faktor lain. Dari beberapa faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsumen mencari cara simpel dan praktisnya, yaitu dengan berbelanja secara online.

Jadi, bagi kamu yang memang ingin menekuni Toko buku murah online pastikan untuk menyederhanakan masalah, lebih ramah dengna konsumen dan lebih terbuka. Karena sikap-sikap kecil seperti ini penting.

c. Lebih Bervariasi

Salah satu alasan Toko buku murah online banyak dicari karena lebih mudah dicari, hanya dari segenggam ponsel. Bermodal smartphone, sekali buka, di sisi layar tinggal ketikan kata kunci, akan keluar dengan sendirinya. Tidak memakan waktu lama. Tidak perlu pula bertanya ke bagian penjaga buku atau penjual buku. Semua serba dilakukan sendiri dan ketik sendiri. Maka semua masalah beres.

Ketika masuk di toko buku murah online, calon konsumen juga langsung akan dihadapkan banyak pilihan. Mulai dari judul buku, spesifikasi buku, sampul buku dan harga sudah tertera. Seperti layaknya toko. Data-data tentang produk sudah sangat rapi terpampang di sana.

d. Koleksi Buku Yang Dijual Beragam

Salah satu alasan calon konsumen membeli buku di toko buku online kamu karena koleksinya beragam. beragam dalam ini meliputi buku-buku langka dan lawasan. Jangan di sangka buku lawas tidak ada yang mencari. Ternyata masih ada loh yang suka buku lawasan. Seperti ketika saya melakukan liputan di Kampung BUku Jogja 2019 yang lalu, di sana ada komunitas buku lawasan, dan peminatnya pun juga lumayan. Nah, ide-ide semacam ini yang bisa kamu lengkapi di koleksi Toko buku murah online kamu loh.

Alasan lain kenapa calon konsumen membeli di Toko buku murah online kamu karena buku yang dicari sudah habis di toko buku. Hanya dijual di toko buku online saja yang masih bisa ditemukan. Jadi, jangan khawatir jika buku kamu tidak laku. Pada waktunya, akan tetap laku kok besok.

Nah itulah ulasan toko buku murah online dari dua sudut pandang sebagai calon konsumen dan pelaku penjual itu sendiri. Setidaknya dari dua sudut pandang di atas, akan membantu kamu melihat keinginan calon konsumen. Sehingga, sebagai penjual pun juga wajib melindungi dan menjaga kepercayaan kepada konsumen. Ketika calon konsumen sudah percaya dan puas, maka ia pun tidak akan segan untuk menjadi pelanggan tetap kita.

Memiliki pelanggan tetap semacam inilah yang sangat didambakan oleh pelaku toko buku murah online. Dan, untuk membangun hal itu, butuh waktu dan branding. Apalagi jaman sekarang, juga banyak calon konsumen yang asal memberikan review dan memberikan bintang. Padahal sebagai penjual sudah memberikan pelayanan dan produk terbaik. Bisa juga itu karena persaingan pasar.

Apapaun itu, memang dunia bisnis jual beli harus seperti itu. JIka kamu betah menghadapi segala suka dukanya, sudah dapat dipastikan pula jika kamu akan sukses membangun toko buku murah online. Karena kunci dan modal utama adalah ketekunan, ulet dan berkredibel. Semoga dengan ulasan ini bermanfaat.

Baca juga : Alasan Perkembangan Marketplace di Indonesia Semakin Pesat