7 Daftar Usaha Sampingan Anak Rantau Bagi Mahasiswa

      Komentar Dinonaktifkan pada 7 Daftar Usaha Sampingan Anak Rantau Bagi Mahasiswa
daftar usaha sampingan

7 Daftar Usaha Sampingan Anak Rantau Bagi Mahasiswa – Usaha sampingan anak rantau kini juga sedang banyak dicari. Pasalnya sebagai anak rantau, tentu saja membutuhkan uang lebih. Alasannya pun sederhana, bisa untuk membayar kos, listrik, biaya makan dan belum lagi anak rantau yang mengambil kelas kuliah.

Nah, berikut adalah beberapa usaha sampingan anak rantau yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan kamu. 

7 Daftar Usaha Sampingan Anak Rantau Bagi Mahasiswa

1. Menjadi Reseller 

Jika kamu seorang mahasiswa yang sedang kuliah dan menjadi anak rantau di kota orang. Maka usaha sampingan anak rantau yang bisa kamu coba menjadi reseller. Kenapa harus menjadi reseller? Karena menjadi reseller itu tidak membutuhkan modal besar. Cukup bermodal uang jajan yang sudah ada, maka bisa dipakai untuk memutar uang dan mendapatkan uang lebih banyak dari hasil penjualan kamu. 

Buat kamu yang bingung ingin menjadi reseller kemana? Kamu bisa menjadi reseller di penerbit Deepublish. Di sana ada banyak sekali penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan. Selain mendapatkan penawaran menarik, tentu saja pelayanannya cepat, ramah dan kamu masih bisa mendapatkan diskons. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

2. Jasa Les Privat 

Usaha sampingan anak rantau selain menjadi reseller, kamu bisa menjadi guru les privat. Terutama buat kamu yang masih kuliah. Kamu bisa membuka les privat untuk pelajar SMP atau SMA loh. Tentu saja dari segi pendapat bisa membantu kamu untuk membayar biaya kuliah, atau sekedar untuk membayar kos-kosan. 

Menjadi les privat tidak membutuhkan modal uang. Hanya bermodal promosi di media sosial dan memanfaatkan relasi untuk menyebarluaskan jasa kamu. Maka kamu cukup bermodal pengetahuan yang kamu tahu, kemudian les privat pun jadi. Di jamin, usaha sampingan anak rantau kali ini bisa kamu coba dari sekarang. 

Baca juga : 7 Cara Menjadi Reseller Sukses Untuk Pemula

3. Menjadi Penerjemah & Guide 

Usaha sampingan anak rantau, khususnya bagi mahasiswa rantau yang mahir berbahasa asing. Kamu bisa loh menjadi seorang penerjemah. Apalagi sekarang wisatawan dari mancanegara yang berlibur di Indonesia sangat banyak. Tentu saja ini bisa dijadikan sebagai aji mumpung yang menguntungkan. 

Barangkali ada mengkhawatirkan kemampuan bahasa? Tenang, menjadi penerjemah itu selalu harus mahir berbahasa inggris kok. Kamu yang mengambil jurusan bahasa Mandarin dan bahasa internasional lainnya juga berlaku. Atau bahkan yang berbahasa local sekalipun juga masih laku. Misalnya menjadi guide wisata lokal, juga bisa. 

Jadi jangan selalu dibayangkan menjadi penerjemah yang mahir berbahasa asing. Usaha sampingan anak rantau yang berbau dunia piknik dengan menjadi guide untuk wisatawan lokal pun tetap masih banyak dicari. Hanya saja untuk menjadi guide dibutuhkan pengetahuan tentang objek wisata terlebih dahulu. 

Setidaknya dari usaha sampingan ini lebih banyak menyenangkannya. Kenapa demikian? Setidaknya kamu bisa mencari uang sekaligus bisa sekalian jalan-jalan. Apalagi jiwa-jiwa mahasiswa itu adalah jiwa petualang dan jiwa bermain yang hakiki. 

4. Menjual Makanan

Usaha sampingan anak rantau, khususnya kamu yang mengambil tata boga atau koki. Maka menjual makanan adalah solusinya. Dijamin, liris manis tanjung kimpul. Sebenarnya tidak selalu untuk mahasiswa jurusan tata boga atau jurusan koki saja sih. Jurusan lain pun jika memiliki bakat memasak dan hobi memasak, juga sangat direkomendasikan juga menjual makanan. 

Apalagi menjual makanan di kampus. Di jamin akan laris manis. Mengingat anak-anak kampus demen makan. Belum lagi kalau habis ujian yang lelah karena otak terkuras dan perut keroncongan. Maka makanlah solusinya. Tentunya, ini menjadi peluang ide usaha sampingan yang potensial. 

Hanya saja ketika menjual makanan, kamu harus siap dengan segala resikonya. Risiko berjualan makanan ada waktu makanan itu akan basi. Jadi, pastikan untuk memilih makanan yang memiliki tingkat basi yang rendah. Agar lebih awet. Sayang kan jika makanan yang sudah kamu buat susah payah, akhirnya basi dan tidak laku begitu saja. 

5. Makelar property

Atau mungkin kamu salah satu mahasiswa rantau yang memiliki jiwa bakat bisnis dan marketing brilian? Nah, usaha sampingan anak rantau buat kamu yang punya bakat seperti itu, maka bisa mencoba menjadi makelar properti. Apalagi sekarang property minatnya sedang tinggi. 

Meskipun menjadi seorang makelar, jangan dianggap remeh. Pendapatan yang akan kamu peroleh juga lumayan besar loh, apalagi untuk ukuran mahasiswa. Tentu saja dari keuntungan dari makelar, kamu bisa mengumpulkan untuk untuk mengembangkan usaha dan bisnis kamu ke depannya. Atau mungkin, kamu akan membuat bisnis properti secara mandiri? Tentu saja jika kamu bisa melakukannya, tambah keren. 

6. Menjual Pulsa 

Dari semua rekomendasi usaha sampingan anak rantau di atas masih ada yang belum sesuai dengan kamu? Barangkali kamu bisa mencoba menjual pulsa. Menjual pulsa juga tidak banyak memakan modal besar. Cukup modal kecil, kamu bisa memutar pendapatan. Apalagi sekarang banyak orang yang bergantung pada pulsa untuk koneksi jaringan internet. 

Memang, persaingan penjual pulsa jumlahnya ada banyak. Meskipun demikian, kamu bisa tetap mencoba peruntungan ini. Pastinya laris tidaknya bergantung pada kemampuan marketing yang kamu miliki. Meskipun pesaingnya banyak, jika kamu bisa menjual pulsa dan laris manis, tentu saja itu pencapaian yang luar biasa buat kamu. 

7. Menjual Foto 

Nah, saya yakin hobi memotret ini paling banyak suaranya di kalangan anak mahasiswa. Jika kamu salah satu yang memiliki teknik memotret kece badai, kamu bisa mencoba usaha sampingan anak rantau ini. Kamu bisa menjual hasil bidikan kamu di internet loh. Tentu saja cari yang berbayar, agar setiap foto yang kamu upload mendapatkan komisi. 

Barangkali masih ada yang bingung dan tidak tahu bagaimana carannya. Kamu bisa memasukan karya foto kamu suterstock istockphoto.com, shutterstock.com atau di fotolia.com dan stockfresh.com. tentu saja dari masing-masing portal web di atas memiliki angka komisi yang berbeda-beda. Kamu pun bisa spoiler sendiri di masing-masing website. 

Hanya saja untuk awal menjalankan usaha menjual foto membutuhkan kerja keras. Karena foto yang kamu jual tidak bisa langsung laku. Biasa Nya membutuhkan kurun waktu tertentu hingga sampai bisa dinikmati dan dibeli oleh penikmat foto. 

Nah, itulah beberapa usaha sampingan anak rantau bagi mahasiswa yang bisa kamu coba. Sebenarnya masih ada banyak lagi yang bisa kamu jajal. Tentu saja, semua bergantung pada kemampuan kamu dalam bermarketing. 

Jadi, apapun bentuk dan pilihan usaha sampingan anak rantau, pastikan disertai dengan strategi marketing dalam memasarkan barang dan jasa yang kamu jual. Bagaimanapun juga, strategi marketing inilah yang akan menentukan apakah usaha kamu akan dilirik, atau hanya sebatas usaha yang mati secara perlahan. Pastikan pula siapkan mental dan bangun jiwa dagang.

Baca juga : Kuasai 7 Cara Menjual Buku Secara Online