Kuasai 7 Cara Menjual Buku Secara Online

      Komentar Dinonaktifkan pada Kuasai 7 Cara Menjual Buku Secara Online
cara menjual buku secara online

Cara menjual buku secara online bagi yang awam ternyata sesuatu yang sulit dan memusingkan. Kenapa memusingkan? Karena lapak dan dagangan tidak ada yang melirik satupun. Barang tidak laku bagi pebisnis pemula sebenarnya sudah tidak asing lagi, dan sebenarnya itu hal yang wajar kok.

Meskipun itu ketidaklakuan sebagai hal yang wajar bagi pelaku bisnis online pemula. Bukan berarti pasrah tidak melakukan tindakan apapun. Kamu pun juga perlu bergerak, bagaimana agar cara menjual buku secara online di lirik oleh orang-orang.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas cara menjual buku secara online itu bagaimana dan seperti apa. Penasaran bukan? Langsung saja berikut beberapa langkah yang bisa kamu pahamai dan pelajari.

7 Cara Menjual Buku Secara Online

1. Menjalin Kerjasama Dengan PIhak Penerbit Buku

Cara menjual buku secara online yang pertama pastinya kamu harus memiliki produknya terlebih dahulu. Agar mendapatkan harga spesial, maka kamu bisa menghubungi penerbit dan menawarkan diri untuk menjadi reseller buku-buku mereka. biasannya penerbit akan welcome atas kehadiran menjadi reseller buku.

Bagaimanapun juga, kehadiran reseller sebenarnya sangat membantu penerbit untuk meningkatkan omset penjualan buku. Serta membantu penerbit untuk menyebarluaskan jangkauan penjualan buku loh. Jadi, jangan ragu untuk datang menawarkan ke penerbit.

Jika kamu datang ke penerb buku, kamu pun juga akan mendapatkan harga lebih murah. Harga yang murah inilah yang menjadikan kamu mendapatkan keuntungan lebih besar. Jadi, daripada kamu mengambil agen orang ketiga, lebih baik kamu langsung menghubungi penerbitnya langsung, karena harga jauh lebih murah.

2. Menentukan jenis buku yang dijual

Cara menjual buku secara online yang kedua, pastikan bahwa kamu sudah menentukan produk yang akan kamu jual. Mengingat ada banyak sekali macam produk yang bisa diresellerkan, maka memilih menjadi reseller buku adalah solusi terbaik.

Alasannya sederhana, karena menjual buku tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Berbeda jika kamu menjadi reseller makanan tertentu, kamu dibatasi oleh kadaluarsa makanan tersebut. jika lebih dari tanggal kadaluarsa, maka produk makanan kamu pun akan dibuang, dan sangat disayangkan modal yang sudah kamu keluarkan akhirna hangus begitu saja.

Alih-alih ingin mendapatkan untung, justru menjadi buntung. Setidaknya dengan memilih produk buku, kamu tidak khawatir lagi tentang masa berlaku produk. kapanpun produk buku tersebut tidak ada masa kadaluarsana.

Baca juga : 4 Tips Jualan Online Dengan Kualitas Produk Yang Terbaik

3. Membuat Website

Cara menjual buku secara online yang bisa kamu realisasikan adalah membuat website. Kenapa membuat website? Setidaknya dengan website, kamu akan mendapatkan toko secara virtual. Toko virtual ini pupalah yang nantinya akan mempengaruhi peningkatan penjualan loh.

Memang untuk membuat website membutuhkan modal. Karena harga website khusus jualan pun tidaklah murah. Belum lagi kamu harus membayar perpanjang tiap tahunnya. Nah, saran membuat website ini hanya disarankan bagi kamu yang sudah mendapatkan uang dari penjualan buku.

Bagiamana jika tidak memiliki modal untuk menghidupi website? Kamu bisa kok membuat sendiri secara gratis. Hanya saja bentuknya bukan website yang memiliki kapasitas besar dan lebih rapi. Kamu bisa membuat blog dengan tampilan seadannya. Setidaknya dengan membuat blog, bisa menjembatani dan mempublikasikan produk-produk apa saja yang kamu jual.

Barangkali kamu masih binggung bagaimana membuat blog atau website gratis bukan? Kamu bisa kok spoiler dan berselancar di mbah google. Dijamin, sudah banyak yang menuliskan cara secara lengkapnya. Jadi, kamu bisa tetap belajar secara otodidak.

4. Jualan di Media Sosial

Jika cara menjual buku secara online lewat website dan blog dianggap ribet dan memusingkan. Ada salah satu cara yang pasti kamu bisa melakukannya. Kamu tetap bisa menjual produk-produk kamu melalui media sosial.

Kini media sosial dijadikan sebagai ajang promosi paling efektif dan banyak reseller yang sukses berjualan di sini juga loh. Setidaknya dengan cara ini pun kamu bisa meningkatkan penghasilan dan meraup keuntungan. Dari segi biaya promosi pun juga gratis. Kamu cukup bermodalkan koneksi internet, maka semua permasalahan akan terselesaikan.

Hanya saja saat menjadikan media sosial sebagai ajang jualan kamu. Ada beberapa hal yang kamu perhatikan. Misalnya, hindari mengiklan produk terlalu sering. Karena orang akan terasa terganggu dengan kehadiran iklan kamu. Pastikan kamu melakukan secara berkala dan terstruktur, agar tidak terkesan ‘nyampah’ iklan. Tujuan lain, agar follower tidak unfollow media sosial kamu. Bagaimanapun juga follower adalah asset terbesar dari penjualan kamu.

5. Membangun E-mail Marketing

Pernahkah kamu mendengar istilah e-mail marketing? Email marketing juga salah satu cara menjual buku secara online yang efektif loh. Setidaknya dengan e-mail marketing berperan sekaligus berfungsi sebagai data kontak yang bisa kamu simpan. Dimana data kontak inilalh ang bisa kamu manfaatkan untuk mengirim promo ataupun untuk mengirimkan hal-hal yang menarik dari toko kamu.

Secara tidak langsung, e-mail marketing sebagai media komunikasi antara pembeli dan penjual. Pada prinsipnya, e-mail marketing ini prinsip kerjana seperti halnya saat kamu menjual produk di media sosial. Saat mereka tertarik, mereka akan membeli dan bertanya melalui pesan masuk atau komen. Nah, pada e-mail marketing pun juga demikian. Hanya beda platpromnya saja.

Baca juga : 6 Cara Membuat Sistem Reseller Online

6. Branding dan Positioning

Cara menjual buku secara online yang paling ampuh dan efektif yang perlu kamu coba. Kamu perlu mencoba untuk melakukan branding dan positioning. Salah satu alasan kenapa toko online kamu sepi, bisa jadi karena kamu kurang membranding produk atau toko kamu. Sehingga toko kamu terkesan biasa-biasa saja, sama seperti yang lain, tidak ada daya tariknya.

Nah, untuk menarik calon konsumen, maka kamu pun juga perlu melakukan branding. Nah, terkait cara branding atau menonjolkan. Ada beberapa cara, tergantung dari fokus yang ingin kamu tekankan. Misalna, kamu memberikan promo, hadiah atau memberikan give away bagi pembeli yang membeli produk kamu.

Cara-cara seperti itu juga efektif untuk meningkatkan minat calon pembeli untuk datang ke toko dan membeli produk di toko kamu loh. Bagaimanapun juga, branding ini sebagai salah satu cara untuk membesarkan brand yang kamu punya.

7. Berikan Promo

Cara menjual buku secara online yang selanjutnya, kamu bisa memberikan promo menarik. misalna memberikan promo diskon spesial dengan syarat dan ketentuan berlaku. Setidaknya dengan promo ini orang yang tidak tahu tokok kamu, jadi tahu. Meskipun pada awalnya tidak membeli langsung di toko kamu, minimal mereka tahu dan mengenal nama toko kamu terlebih dahulu.

Orang yang terbiasa melihat nama toko kamu, jika terbiasa mengenal dan dipaparkan nama produk kamu. Maka secara perlahan, orang akan terbiasa dan lama-lama seakan akrab dan dekat dengan nama toko online kamu. Saat mereka butuh produk, mereka pun langsun mampir ke toko kamu.

Itulah 7 cara menjual buku secara online. semoga ulasan tersebut bermanfaat. Untuk mendapatkan tips dan trik seputar menjual buku bisa membaca artikel di : Pojok Reseller – Panduan Reseller Sukses