7 Cara Menjadi Reseller Sukses Untuk Pemula

      Komentar Dinonaktifkan pada 7 Cara Menjadi Reseller Sukses Untuk Pemula
cara menjadi reseller sukses

7 Cara Menjadi Reseller Sukses Untuk Pemula – Ingin mendapatkan uang? Daripada binggung, tidak ada salahnya jika kamu bergabung menjadi reseller. Tentu saja kamu pun bertanya, cara menjadi reseller itu bagaimana dan seperti apa sih? segala sesuatunya tidak ada yang gratis memang. Termasuk bergabung menjadi reseller.

Cara menjadi reseller memang dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Termasuk pula dibutuhkan ilmu dalam menjalankan usaha tersebut. pada awalnya mungkin kamu tidak tahu apa-apa, itu hal yang wajar bagi pemula. Dalam banyak hal pula, segala sesuatu yang baru, sudah hal lumrah jika sulit menemukan formula yang tepat. Misalnya, tidak tahu apa itu marketing, bagaimana sistem kerja reseller, apa tugas dan tanggungjawab reseller dan bagaimana menyikapi calon konsumen yang akan membeli produk kita.

Ketidaktahuan semacam itu sesuatu hal yang wajar. Karena seiring berjalannya waktu. Kamu pasti akan belajar dengan sendiri. Belajar dengan pengalaman yang kamu temui di lapangan dan semacamnya. Dengan kata lain, sambil mengenal sambil belajar. Nah, buat kamu yang ingin menjadi reseller, kamu bisa catat tips cara menjadi reseller handal bagi pemula.

1. Membangun Kerjasama Dengan Supplier

Supplier atau perusahaan atau organisasi yang menyediakan produk yang akan kamu jualkan. Kamu bisa membangun kerjasama dengan supplier yang pastinya bertanggungjawab, amanah dan terpercaya. Jangan sampai salah pilih, karena banyak loh supplier abal-abal yang tidak menawarkan keuntungan bagi reseller.

Satu hal yang penting, yang harus reseller pahami. Pastikan produk yang ditawarkan oleh supplier resmi. Mengingat ada banyak sekali produk yang bisa dijual oleh reseller, maka seorang reseller yang cerdas juga perlu mengecek produk yang dijual. Misalnya, jika produk adalah produk kosmetik, pastikan sudah ada daftar ijin dan resmi.

Kenapa ijin itu penting? Tentu saja penting, karena akan berdampak pada testimony dari konsumen. Jika konsumen mengalami masalah dan mengalami dampak tidak baik, maka kamu pun siap menanggung resiko. Pastinya kamu tidak mau seperti itu bukan. Maka dari itu, pastikan kamu memilih menjual produk reseller yang jelas.

2. Memastikan Ketersediaan Barang

Cara menjadi reseller pemula, kamu juga perlu memastikan ketersediaan barang dari supplier. Apakah tersedia banyak atau sedikit. Fungsinya untuk mengontrol promosi kamu. Jika sedikit, pastinya kamu bisa mengontrol iklan, agar tidak terjadi overload permintaan, padahal barang tidak ada.

Biasannya barang yang kadang tersedia dan kadang tidak menjadi masalah bagi konsumen. Terutama bagi konsumen yang ingin serba cepat. Cepat merespons, cepat dikirimkannya dan macam-macamnya. Jadi, pastikan kamu juga harus memperhatikan akan hal ini.

Supplier yang baik, harusnya mampu memberikan ketersediaan barang secara terus menerus. Sehingga memudahkan dalam proses distribusi atau penjualan. Sekalipun habis, pastikan agar proses restock tidak terlalu lama. Jika terlalu lama, kamu harus bersiap kehilangan pelanggan, dengan kata lain, kamu pun sedang kehilangan peluang. Kelihatan sepele, tetapi sebenarnya ini masalah serius loh.

3. Memastikan Kualitas Produk

Caraa menjadi reseller yang baik tentu saja menjual produk dengan kualitas baik. Ingat, konsumen itu tidak bisa dibodohi. Jadi, jangan anggap konsumen itu bodoh. Mereka juga tahu produk yang bagus dan berkualitas. Jadi, jika ingin membangun kepercayaan konsumen, berikan yang terbaik untuk mereka. mulai dari memberikan produk maupun pelayanan.

Terutama buat reseller yang ingin menjual secara online, akan mudah dilihat oleh calon konsumen. Jika produk kamu tidak berkualitas, tetapi ngaku berkualitas dan bagus, bukan hanya kehilangan kepercayaan konsumen. Tetapi juga akan mendapatkan review yang buruk dari konsumen yang pernah membeli produk kamu. Jadi, pastikan untuk perhatikan hal-hal kecil dan sepele seperti ini.

4. Memiliki Banyak Supplier

Cara menjadi reseller yang tidak kalah penting yang selanjutnya. Pastikan kamu memiliki lebih dari satu supplier atau pemilik produk. Apakah seperti itu boleh? Tentu saja boleh. Kamu bisa bekerjasama lebih dari dua supplier.

Memiliki lebih dari satu supplier tentu saja memberikan keuntungan buat kamu. Misal, supplier pertama slow respons dan tidak bertanggungjawab, paling tidak kamu sudah memiliki supplier yang lain yang memiliki performa respons yang baik. Sehingga jika kerjasama dengan supplier satu terkendaa, usaha kamu tetap jalan seperti biasa.

Baca juga : 3 Alasan Kenapa Harus Mendaftar Reseller Buku

5. Memberikan Pelayanan Prima

Pastikan kamu menguasai ilmu pelayanan prima. Pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Ingat, pelanggan adalah raja. Apapun yang mereka inginkan, adalah kunci kepuasan mereka. Prinsip ilmu pelayanan prima adalah kesabaran bagi reseller.

Cara menjadi reseller yang mampu memuaskan pelanggan memang harus memiliki jiwa rendah hati dan berjiwa besar. Kenapa demikian? Karena dilapangan pasti akan banyak ditemukan berbagai macam karakter konsumen. Jadi, pastikan untuk tetap bersabar saat menghadapi konsumen yang crewet dan suka complain ya. Sekalipun menghadapi konsumen yang perangainya kurang baik, tetap terapkan komunikasi yang baik dengan bahasa yang sopan.

6. Harga Kompetitif

Jika kamu ingin mewujudkan cara menjadi reseller sukses, kamu harus siap mengambil risiko. Bersiaplah untuk mengambil risiko dengan menetapkan harga kompetitif. Harga lebih murah daripada yang lain. Tahukah kamu jika konsumen paling demen dengan sesuatu yang hargana lebih murah. Tidak hanya murah, tetapi juga memiliki kualitas baik.

Harga murah menentukan minat dan mempengaruhi proses pengembilan keputusan dari konsumen. Memang keuntungan yang akan kamu dapatkan hanya sedikit. Keuntungan sedikit, jika pembeli banyak itu lebih baik. Daripada di bandrol harga murah, tetapi hanya satu pembeli yang closing. Dari dua pilihan tersebut, kamu pilih yang mana?

7. Memiliki Strategi Marketing

Cara menjadi reseller bagi pemula agar sukses yang terakhir. Pastikan kamu memiliki strategi marketing. Nah, bagi pemula yang binggung dan tidak tahu sama sekali tentang dunia marketing. Kamu bisa kok belajar secara online. kamu bisa kepo ke media sosial satu dengan yang lain.

Di sana kamu akan mempelajari banyak strategi. Untuk awal-awal, kamu mengikuti strategi yang umum di paaparkan di internet. Namun seiirng pengalaman dan lama kamu bekerja nanti. Kamu pun pada akhirnya akan menemukan strategi sendiri dan menemukan cara berjualan yang sesuai dengan karakter kamu. Jadi, pastikan tetap jalani dulu sambil belajar.

Itulah 7 cara menjadi reseller sukses bagi pemula. Ketujuh cara di atas setidaknya bisa menjadi pengetahuan buat kamu. Terutama dalam langkah-langkah yang perlu dipersiapkan jika ingin bergabung dan menjalankan usaha reseller.

Nah, jika kamu seorang mahasiswa dan pelajar dan ingin usaha reseller ini tetap bisa loh. Sekarang banyak supplier yang membuka jasa reseller untuk para mahasiswa dan pelajar. Syaratnya pun juga relative mudah. Oh iya, setiap supplier memiliki aturan main. Jadi aturan supplier satu dengan ang lain berbeda-beda. Jadi kamu bisa memilih supplier yang paling pas menurut kamu.

Semoga ulasan tujuh cara menjadi reseller sukses bagi pemula ini bermanfaat. selamat mencoba.

Baca juga : 9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli