6 Cara Melihat Reseller Buku Best Seller Berkredibel Atau Tidak

      Komentar Dinonaktifkan pada 6 Cara Melihat Reseller Buku Best Seller Berkredibel Atau Tidak
reseller buku best seller

6 Cara Melihat Reseller Buku Best Seller Berkredibel Atau Tidak – Reseller buku best seller memang selalu banyak di cari konsumen. Itu sebabnya banyak reseller buku yang memilih menjualkan buku reseller dari salah satu penerbit. Sayangnya, tidak semua reseller, terutama reseller pemula memahami akan hal ini.

Padahal jika kamu berhasil menjadi reseller buku best seller, kamu pun juga akan mendapatkan keuntungan diskon lebih banyak dibandingkan reseller yang lain. Atau mungkin kamu salah satu konsumen yang sedang mencari-cari buku bacaan untuk mengisi waktu libur corona?

Hanya saja kamu terkendala mengidentifikasi dan melihat bagaimana sih reseller buku best seller yang terbaik? Terutama saat membeli buku di marketplace. Akan ada banyak sekali buku yang dijual oleh supplier Tenang! Karena pada artikel kali ini akan saya bahas gimana sih caranya mengetahui reseller buku tersebut baik atau tidak. Langsung saja simak ulasannya sebagai berikut.

1. Review Konsumen Baik-Baik

Ciri reseller buku bebest seller yang terpercaya mereka akan mendapatkan review ang baik. Tentu saja review tersebut berasal dari konsumen atau pembeli produk mereka. bentuk review bisa kamu cek di kolom komentar pada toko mereka. atau jika reseller tersebut tidak membuku toka secara daring, melainkan melalui status dan toko offline, kamu bisa melihat dari testimony yang pernah memberi ditempat mereka.

Beberapa kasus, ada reseller buku best seller yang sudah melek marketing. Biasannya yang melek marketing mereka akan mempublish review baik dari konsumen. Atau bahkan mereka meminta review dari para konsumen mereka. hanya saja bagi konsumen yang lain akan kesulitan melihat review jika toko tersebut offline.

Lain cerita jika reseller buku best seller tersebut membuka lapak secara online. maka review konsumen akan mudah di tampilkan. Kecuali jika kamu menemukan reseller pemula, meskipun memiliki buku best seller dan review konsumennya baik-baik, tetapi karena tidak melek ilmu marketing, akhirnyapun tidak dipublis review tersebut. Oleh karena itu, untuk beberapa kasus tertentu, tidak ada salahnya kamu menanyakannya loh.

2. Memiliki Bintang Banyak

Reseller buku best seller yang kedua, ini bisa kamu lakukan jika reseller membuka lapan di marketplace ataupun di media sosial. Cek bintang pada toko tersebut. tentu saja ini hanya berlaku bagi seller yang sudah bergabung di marketplace. Jika seller tarafnya masih jualan lewat status WA, ya tidak bisa di cek penilaian bintang.

Penilaian bintang pada seller buku best seller yang baik di bintang 4 dan 5. Memang untuk mendapatkan bingang ini seller benar-benar meneripakan pelayanan prima kepada konsumen. Jadi tidak hanya mengandalkan memiliki produk buku best seller saja, tetapi pelayanan dan cepat tanggap pun juga menjadi perhitungan.

Sekarang banyak seller yang menjual di media sosial daripada di marketplace. Nah apakah sama penilaian dengan seller yang menjual di marketplace? Tentu saja berbeda. Seller di media sosial bisa di ukur dari follower organicnya dan komentar-komentarnya. Barangkali ada yang belum tahu follower organic?

Follower organic adalah follower aktif, bukan follower robot. Cara mengidentifikasinya kamu bisa melihat dari jumlah follower dan respon setiap postingan apakah memiliki like banyak, atau sangat sedikit. Jika like sedikit, padahal follower banyak, itu tandanya followernya robot.

3. Cek Komentar Di Marketplace Resellernya

Seperti yang disinggung sebelumnya, cara mengecek reseller buku best seller itu amanah dan tidaknya juga dapat dilihat dari komentar yang ada di marketplace dan di media sosial. Jadi, pastikan untuk melihat apa sih komentar mereka terkait buku best seller mereka. apakah benar produk best seller tersebut asli, bajakan atau semacamnya.

Kenapa harus di cek di bagian komentar? Karena jaman sekarang ada banyak sekali modus penipuan. Alih-alih memberikan buku best seller asli dengan harga tinggi, ternyata produk yang dikirim buku bajakan yang sebenarnya harganya sangat murah. Nah, kamu pastinyat idak mau diberlakukan seperti ini bukan!

Baca juga : 3 Alasan Kenapa Harus Mendaftar Reseller Buku

4. Cek profil Reseller

Karena sekarang kejahatan digital semakin banyak, dan jalur yang digunakan untuk melakukan tindak kejahatan daring pun bisa dengan cara apa saja. Maka tidak ada salahnya kamu jeli melihat apakah benar reseller buku best seller yang akan kamu beli berkredibel, atau abal-abal.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek seller tersebut abal-abal atau tidak. Pastinya kamu bisa cek biodata atau profil dari seller itu sendiri. Pastikan biodatanya seperti nama, alamatnya jelas. Karena informasi digital sering kali juga ditulis asal-asalan.

Profil seller di sosial media lebih mudah dicari dibandingkan di marketplace. Karena di media sosial bisa kita chat DM atau semacamnya. Sedangkan di marketplace ada keterbatasan ruang. Di tips ini pulala juga bisa menjadi catatan buat kamu yang ingin menjadi seller, untuk memastikan mencatat profil selengkap mungkin demi meningkatkan kepercayaan konsumen.

5. Pilih Reseller yang Memag Aktif

Tips terakhir adalah lakukan cek. Apakah orang tersebut masih aktif, atau tidak aktif. Bagaimana caranya melakukan kroscek tersebut? Kamu bisa melihat dari postingan terakhir kapan. Atau bisa juga dilihat terakhir kali reseller tersebut online.

Jika masih kurang puas, kamu juga bisa kok menanyakan secara langsung dengan mengirimkan pesan. Misalnya menanyakan barang terlebih dhaulu. Yang ini nanti akan di bahas di poin di bawah.

6. Tanyakan Barangnya terlebih dahulu

Seperti yang disinggung di atas. tanyakan terlebih dahulu. Kamu bisa menanyakan apakah persediaan barang tersebut masih ada, atau sudah tidak ada. terutama reseller buku best seller di marketplace. Tentu saja kamu tidak ingin bukan pesanan dan uang yang kamu transfer akhirnya di cancel? Hanya karena jarang aktif.

Pastikan saat bertanya, kamu pun juga perlu mengamati apakah balasannya fastrespons atau lemot. Karena jika lemot menanggapi, bisa jadi seller tersebut kurang professional. yah, walaupun di luar sana karena memang ada alasan. Tetapi kita sebagai pembeli tidak bisa menjamin setiap seller baik. Dadn ini pula yang juga menjadi catatan untuk seller.

Itulah beberapa catatan reseller buku best seller. Semoga dengan ulasan di atas, kamu pun jadi lebih tahu dan mulai berhati-hati.  Selamat berbelanja dengan aman dan nyaman. Selalu waspada dan hati-hati dengan tindak penipuan. Karena tidak dapat dipungikiri jika kemudahan teknologi satu sisi menguntungkan, sisi lain juga bisa dijadikan peluang tindak criminal.

Saat terjadi tindak criminal, kita tidak bisa menuntut aparat bertindak. Melainkan diri sendiri yang sigap bersikap. Agar lebih hati-hati dan tidak mudah percaya dan bersikap ceroboh. Pastikan tetap berhati-hati dan selektif. Agar tidak menemukan reseller buku best seller yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berbelanja dengan nyaman.

Baca juga : 5 Tips Menjadi Reseller Buku Pemula