9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli

      Komentar Dinonaktifkan pada 9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli
cara jadi reseller

9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli – Punya modal yang tidak banyak tapi sudah cukup menjalankan usaha kecil-kecilan sendiri? Jika iya, tidak ada salahnya modal tersebut sebagai modal menjadi reseller buku. Karena menjalankan usaha menjadi reseller saat ini mudah untuk dipraktekan. Dari hasil keuntungan pun juga sangat lumayan. Nah, barangkali kamu penasaran bukan, bagaimana sih cara jadi reseller buku?

Pada artikel kali ini akan diulas beberapa cara jadi reseller buku wajib kamu miliki agar penjualan kamu tetap mengalir lancar. Buat kamu yang masih pemula pasti juga bertanya hal yang sama, seperti apakah ada ketentuan dan syarat berlaku?

Tentu saja ada. meskin ada aturan main, Saya yakin Anda pun bisa menguasainya kok. Apa saja sih? Langsung saja berikut beberapa cara jadi reseller buku.

9 Cara Jadi Reseller Buku Agar Kebanjiran Pembeli

1. Menentukan Produk Yang Kamu Sukai

Cara jadi reseller buku yang pertama adalah menentukan produk terlebih dahulu. Nah, karena di sini ada banyak sekali produk. maka minimal kamu mengetahui terlebih dahulu produknya apa saja. Misalnya, kamu suka dengan buku fiksi seperti novel, maka tidak ada salahnya kamu menjadi reseller buku novel. Atau mungkin kamu suka buku pendidikan, maka kamu bisa memilih buku pendidikan sebagai sasaran reseller.

Jangan salah menentukan produk loh. Kenapa? Karena kesenangan akan mempengaruhi mood dalam menjual produk itu sendiri. Sebagai contoh, kamu tidak suka dengan dunia fashion, tetapi kamu justru memilih menjadi reseller di bidang fashion. Maka hasilnya dapat dijamin akan kamu jalalnkan setengah jalan. Karena apa yang kamu jual tidak sesuai dengan passion kamu.

2. Mendaftarkan Diri Ke Supplier

Cara jadi reseller buku yang kedua adalah menawarkan diri bahwa kamu ingin menjadi reseller. Nah, jika malu menawarkan diri keperusahaan-perusahaan. Kamu bisa mencari supplier yang membuka jasa reseller. Nah, jaman teknologi canggih seperti sekarang, ada banyak yang menawarkan serba online dan cepat. Jadi kamu cukup mendaftarkan diri ke portal websitenya dan kamu pun akan segera mendapatkan produknya.

Salah satunya ketika kamu menjadi reseller buku di Deepublish. Kamu cukup mendaftarkan diri lewat portal websitenya, maka kamu sudah menjadi anggota. Terkait bagaimana aturan main, bisa langsung di kepo di www.penerbitbukudeepublish.com.

3. Menguasai Ilmu Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk

Karena sekarang teknologi mendominasi kehidupan generasi millennial dan generasi Z, maka peluang menjual produk secara daring adalah kunci keberhasilan penjualan kamu nih. Nah, buat kamu yang belum tahu tentang digital marketing, berikut ada beberapa sub poin yang minimal bisa kamu perhatikan saat menjual produk secara daring, seperti di marketplace dan sejenisnya.

4. Menyediakan Produk Berkualitas Dan Memiliki Daya Saing

Karena konteks dalam hal ini adalah berjualan, maka jika Anda ingin menjual sebuah produk, maka perhatikan kualitas produk yang Anda jual. Pastikan bahwa produk yang Anda jual benar-benar bagus, tidak cacat atau pun tidak rusak. Karena produk jelek, tentu akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Padahal kita tahu bahwa kepuasan pelanggan itu hal yang paling mendasar dan penentu usaha dagang kita ke depannya.

Produk yang berkualitas saja tidak cukup seperti itu. Produk yang dijual juga penting memiliki daya saing. Prodouk yang memiliki daya saing, sudah pasti juga akan menjadi perhatian. Sebagai salah satu contoh, pengrajin gerabah di Kasongan, Bantul. Di sana banyak pengrajin, dan di sana pun harga yang ditawarkan juga bersaing, sehingga calon pembeli pun menjadi lebih bersemangat.

5. Menampilkan Visual dan Deskripsi Yang Lebih Menarik

Hal yang selama ini sering dianggap sederhana dan sepele adalah menampilkan visual produk dan deskripsi produk yang kurang menarik. Salah satu kunci menarik calon pembeli adalah menampilkan visual yang menarik. Visual dalam hal ini bisa berbentuk video atau bisa menggunakan foto yang menarik.

Karena visual penting, maka tidak heran jika banyak orang yang menyempatkan diri belajar memotret produk. Karena ini berkaitan dan bertujuan untuk meningkatkan hasil penjualan. Seperti disinggung di atas, selain visual, calon pembeli juga akan tertarik dengan caption atau deskripsi produk.

Deskripsi produk juga sering dianggap sepele bagi pelaku marketing pemula. Padahal, deskripsi produk ini pulalah yang dapat menentukan orang tersebut memutuskan untuk membeli atau tidak membeli. Maka, ada trik khusus dalam membuat caption. Misalnya, membuat caption dengan copywriting, bisa dengan cara soft selling atau hard selling.

Adapun manfaat dari menampilkan visual dan deskripsi produk, yaitu untuk menyamakan persepsi antara visual dan keterangan yang ditawarkan dari pihak penjual. Calon konsumen pun mengetahui kelemahan dan kelebihan dari produk yang Anda jual.

Baca juga : 3 Alasan Kenapa Harus Mendaftar Reseller Buku

6. Memasang Aplikasi Marketplace

Tips selanjutnya yang sebenarnya penting dan wajib bagi Anda lakukan jika ingin berdagang secara online. Yaitu dengan memasang aplikasi marketplace. Ada banyak sekali jenis marketplace yang dapat ditawarkan. Ada bukalapak, tokopedia hingga shopee dan masih banyak lagi. Ada banyak tawaran, yang bisa Anda coba, bisa juga Anda menggunakan semua marketplace yang ada.

7. Manambahkan Rekening Pembayaran

Ketika Anda sudah bergabung ke dalam marketplace, Anda segera memasang rekening pembayaran. Fungsinya untuk menerima hasil pembayaran. Sebagai tambahan informasi, karena jual beli di marketplace, maka kita pelapak hanya numpang di toko. Ibarat marketplace sebagai pasar. Di dalam pasar ada penjual yang bermacam-macam. Nah, berbeda ketika Anda berjualan di marketplace.

Di marketplace, Anda tidak langsung mendapatkan uang yang ditransfer pembeli. Uang yang ditransfer pembeli masuk ke rekening marketplace terlebih dahulu, atau yang kemudian disebut dengan dompet bersama. Setelah barang sampai ke pembeli, dan pembeli telah mengkonfirmasi barang sudah diterima, baru di dompet bersama ditransfer ke rekening penjual atau pelapak.

Dari ke empat rahasia sukses berjualan di marketplace tersebut, sebenarnya sangat mudah. Mungkin juga Anda juga sering berhadapan. Namun, tidak selalu sadar jika itu hal yang penting dan perlu mendapatkan perhatikan.

8. Siap Menanggung Risiko Menjadi Seorang Reseller

Setelah diulas rahasia dan trik menjual secara daring di marketplace di atas. Maka ada Cara jadi reseller buku yang tidak kalah penting. Yaitu siap dengan segala risiko menjadi reseller. Bentuk risiko yang akan dialami menjadi seorang reseller memang bermacam-macam. Seringkali bisa menemui pembeli yang suka menipu, jahil dan iseng.

Melihat banyak kasus calon pembeli yang usil, itu sudah bagian risiko yang tetap dihadapi oleh seorang reseller. Jadi harus siap dengan hal-hal semacam itu. tapi tenang, karena tidak semua pembeli usil dan jahat kok. Masih banyak pembeli yang amanah dan dapat di percaya.

Intinya, buat kamu yang pemula dibidang reseller, agar siap dengan segala ketidakmungkinan yang akan kamu hadapi di sana. Siap menanggung risiko rugi, tetapi juga siap menanggung risiko kamu akan mendapatkan untung besar.

9. Disiplin dan Konsisten

Cara jadi reseller buku yang terakhir, wajib bagi kamu untuk memiliki sikap disiplin dan konsisten. Terutama buat kamu yang memasang iklan di marketplace. Di sana kamu dituntut untuk disiplin memantau hasil penjualan dan konsisten mengupload produk-produk baru di sana.

Kenapa hal itu harus dilakukan? Karena demi memberikan pelayanan tercepat kepada calon konsumen dan agar konsumen merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan. Pelayanan yang memuaskan pastinya akan mendorong calon pembeli tersebut menjadi pelanggan tetap di tempat kamu.

Sayang bukan jika ada potensi pelanggan disia-siakan. Karena bagaimanapun juga, menjalankan usaha reseller secara daring kedisiplinan dan konsistensi adalah kunci keberhasilan. Tanda dua hal tersebut, jika dijalankan setengah hati, hasilnya pun juga tidak akan maksimal.

Itulah beberapa cara jadi reseller buku yang bisa kamu catat. Agar usaha kamu laris manis tanjung kimpul. Semakin laris, semakin banyak fulus yang masuk rekening. Semakin semangat pula kamu menjalankan usaha reseller ini.

Baca juga : 4 Tips Sukses Reseller Biar Tajir