Review Buku Pentingnya Program Padat Karya Tunai Desa Untuk Daerah

      Komentar Dinonaktifkan pada Review Buku Pentingnya Program Padat Karya Tunai Desa Untuk Daerah
program padat karya

Review Buku Pentingnya Program Padat Karya Tunai Desa Untuk Daerah

https://cdn.penerbitbukudeepublish.com/wp-content/uploads/2020/10/Padat-Karya-Tunai-desa_Adib-rev-3.0-depan.jpg

Judul Buku     : Padat Karya Tunai Desa 
Penerbit     : Deepublish 
Penulis    : Adib
ISBN    : 978-623-02-1561-2
Ukuran    : 14×21 cm
Halaman    : x, 124 hlm
Tahun    : 2020

Link pembelian : https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-padat-karya-tunai-desa/

Pernah mendengar istilah padat karya? Jadi padat karya adalah program yang sudah dijalankan sudah lama. Sayangnya di Negara berkembang, padat karya ini belumlah begitu lama. Skema yang digunakan di Indonesia menggunakan cash for work yang banyak dijalankan dalam jangka pendek sebagai instrument jaringan pengaman sosial untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pasca peristiwa darurat seperti bencana atau konflik yang terjadi di Negara. 

Membahas tentang program padat karya tunai desa di Indonesia pun sebenarnya sudah diterapkan di Indonesia. Untuk pembahasannya seperti apa, kamu dapat menyimak langsung buku karya Adib satu ini. hal yang menarik dari program ini adalah sebagai wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin yang terdiri dari empat kriteria sasaran utama. 

Tidak hanya itu saja, melibatkan tentang kementerian disetiap wilaya juga didorong. Tujuannya, semoga dapat mengangkat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Sedangkan kementerian desa salah satu yang memiliki otoritas yang diberi tugas Presiden untuk menjalankan program padat karya tunai. Ada dana atau sumber danai desa yang dapat digunakan dalam program ini. Dimana setiap desa diwajibkan mengalokasikan minimal 30% anggaran dana desa untuk program padat karya tunai yang sudah dimulai sejak 2018 yang lalu. 

Dulu, padat karya tunai desa (PKTD) ini hanya difokuskan pada 1.000 desa percontohan saja loh. kemudian pada akhirnya, kini setiap dan semua desa bisa menjalankan program ini. salah satu kelebihan padat karya tunai desa di masa Pandemi covid saat ini sangat membantu. Karena program ini salah satu program jarring pengaman sosial yang efektif untuk menambah pendapatan masyarakat bawah. 

Setidaknya pendapatan masyarakat bawah secara ekonomi tidak mengalami keterpurukan. Di bidang lain, seperti kementerian pun juga terbantu, karena mereka tetap menyerap tenaga kerja secara maksimal. Jadi, pada buku terbitan Deepublish ini akan fokus pada mengetahui transisi dan implementasi padat karya di Indonesia tahun ini. apakah berhasil meningkatkan masyarakat miskin? Apakah sudah tepat sasaran? Dan masih banyak lagi. 

Meskipun buku ini bukanlah buku ajar, tetap saja buku ini sangat penting buat kamu yang tertarik dengan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial khususnya upaya memberdayakan masyarakat. Nah, buku setebal 121 halaman ini selain akan mengupas kerangka kebijakan kesejahteraan di Indonesia, juga akan membahas beberapa bab lain yang tidak kalah penting. 

Diantarannya membahas asal mula program padat karya. Dimana di bab ini kita pun akan belajar tentang apa sih padat karya tunai di Negara berkembang, mengingat setiap Negara pastinya memiliki caranya sendiri-sendiri dalam memberdayakan masyarakat. Di bab ini pun juga akan membahas sejarah padat karya di Indonesia, dan ini sangat membantu bagi pembaca yang belum mengenal dengan baik. 

Karena program ini juga tidak terlepas dari pendanaan, maka di bab kedua pun akan mengulas tuntas tentang dana desa untuk mendorong padat karya tunai. Dimana di sana akan membahas esensi undang-undang desa dan formulasi dana desa akan diterapkan secara benar. 

Masuk ke pembahasan selanjutnya, setelah diajak menjelajahi dasar PKTD barulah masuk ke bagaimana melakukan tinjauan pelaksanaan padat karya tunai desa, penulis pun mengambil satu sampel daerah yaitu di kawasan Purworejo. Nah, ada beberapa sub bab yang akan disinggung. Yaitu peran actor dalam implementasi PKDT, mekanisme implementasi padat karya tunai, target sasaran  dan manfaat dan dampak padat karya tunai desa itu sendiri juga akan dibongkar di buku ini. 

Lantas, sebenarnya apa sih manfaat dan dampak padat karya tunai desa? Manfaat bagi masyarakat yang menjadi objek prioritas mendapatkan manfaat scara langsung  ataupun tidak langsung. Misalnya, keluarga miskin, pengangguran dan setengah pengangguran elemen yang akan terkena dampaknya. 

Manfaat jangka panjang, akan menciptakan kerangka kerja bagi pengangguran maupun setengah pengangguran. Program ini pun juga berdampak pada menurunnya tingkat pengangguran di desa. Apabila seleksi pekerja dilakukan sesuai dengan aturan yang ada, maka dapat memperkecil tingkat pengangguran di desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Ketika pendapatan masyarakat desa meningkat, maka secara luas tingkat kemiskinan di desa semakin kecil dan sejahtera. Status desa pun meningkat ke jenjang di atasnya menjadi desa mandiri, berkembang dan menjadi desa yang maju. 

Buat kamu yang ingin mendapatkan buku ini, kamu bisa dapatkan buku ini di marketplace atau bisa langsung ke tim marketing Deepublish di www.penerbitbukudeepublish.com di jamin harga bersahabat. Barang pun langsung di antarkan sampai ke lokasi tanpa berlama-lama.