Rekomendasi Buku: Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek

      Komentar Dinonaktifkan pada Rekomendasi Buku: Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek
review buku pembelajaran mekatronika


Rekomendasi Buku: Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek
– Binggung mencari buku tentang mekatronika? Barangkali buku berjudul pembelajaran mekatronika berbasis proyek karya Noor Cholis Basjaruddin adalah buku yang pas. Buku ini tidak hanya menguls tentang mekatronika saja, tetapi juga mempelajari banyak sekali bab dan tentunya sesuai dengan mata pelajaran yang ada di bangku kuliah kamu.

Mekatronika adalah multidipslin yang menggabungkan dari beberapa cabang ilmu. Mulai dari ilmu mekanika, sistem kendali, elektronika dan komputer. Karena ilmu ini adalah ilmu yang multidisiplin, maka cabang ilmu ini pun patut diajarkan secara utuh. Semuanya perlu diajarkan selaras.

Tahukah kamu bahwa pembelajaran dasar dari proses pembelajaran mekatronika adalah berfikir dalam membuat perancangan sistem elekronika. Mekatronika merupakan pembelajaran yang membentuk pola pikir (mindset) yang berhubungan dengan teknik perancangan sistem.

Isi Buku Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek

Buku terbitan Deepublish sengaja penulis susun mengacu pada metode pembelajaran proyek atau project baset learning. Barangkali kamu akan tertarik, kamu bisa langsung dapatkan bukunya di sini. Penasaran bukan isi dari buku pembelajaran mekatronika berbasis proyek ini akan mencakup apa saja? Langsung saja cek ulasan berikut.

1. Mekatronika

Seperti yang sudah di ungkapkan di pengantar di atas. di bab ini kamu akan berkenalan tentang apa itu mekatronika. Sejarah lahirnya mekatronika itu sendiri. Tidak lupa ada bab yang menjelaskan sejarah mekatronika dan masa depan mekatronika.

Buat mahasiswa yang sudah berkecimpung di dunia ini, pasti sudah tahu yang namannya optomekatronika? atau ada yang masih asing dengan istilah ini. Jadi di halaman 15 kamu juga akan berkenalan tentang apa itu optomekatronika. Adapun istilah yang mungkin juga asing, kamu juga akan mempelejari biomekatronika. Apasih kedua poin ini? tentu saja kamu bisa temukan jawabannya di buku ini.

2. Penggolongan Sistem Mekatronika

Jika di bab awal kamu sudah mempelajari beberapa cabang ilmu mekatronika secara luaran. Maka kamu nantinya juga akan mempelajari lebih dalam lagi. Misalnya mulai mempelajari tentang penggolongan sistem mekatronika. Ada sub bab yang mengutarakan sistem mekatronika konvensional, tentu saja ini ulasan yang membukakan sudut pandang kamu sebagai mahasiswa yang mendalami elektronik.

Kamu pun juga akan berkenalan dengan sistem MEMS? MEMS kepanjangan dari Micro-electro Mechanical sistem, dimana di sini akan mengetahui bagaimana prinsip kerja dan teori dasar dari MEMS. Kamu juga akan diajarkan cara penerapan MEMS itu sendiri.

Setelah mempelajari MEMS, ada pula istilah yang namannya NEMS, atau Nano-electro Mechanical System (NEMS) dan penggolongan mekatronika menurut JSPMI. Nah, di kedua bab ini pun ada banyak pembahasan dan ilmu baru, dan wajib diketahuik oleh mahasiswa. Jadi bentuk NEMS adalah perkembangan miniaturisasi dari MEMS. NEMS adalah gabungan komponen seperti transistor dalam ukuran nano dengan actuator mekanik, pompa atau motor serta sensor dalam bentuk fisik, kimia dan biologi.

Teknologi Nems memungkinkan untuk pembuatan nanorobotic seperti microscopic robos surgeon. Dimana robot ini bisa dimasukan ke dalam tubuh manusia. Fungsinya pun untuk banyak keperluan dan kepentingan. Diantarannya adalah menemukan dan menetralkan penyebab penyakit seperti flak di dalam arteri atau tumpukan protein yang menyebabkan Alzheimer.

3. Aplikasi Mekatronika – Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek

Buku pembelajaran mekatronika berbasis proyek ini memang sangat menarik untuk di dalami. Ada banyak ilmu yang akan di dapatkan, salah satunya adanya ilmu aplikasi mekatronika. Saat ini aplikasi mekatronika merambah di seluruh bidang kehidupan. Mulai dari bidang industri otomotif, industri kesehatan, industri penerbangan hingga mekatronik konsumen.

Di industri otomotoif, aplikasi mekatronika dapat diaplikasikan di banyak hal. Kandungan elektronika, listrik dan mekatronika pada mobil naik terus sejalan dengan tuntutan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Dibidang kesehatan, mekatronika diterapkan pada perangkat rehabilitasi magnetic resonance imaging (MRI) equipment dan robot bedah sekalipun

Tidak ingin kalah, di industri penerbangan juga sudah menggunakan mekatronika juga loh. Contohnya sistem mekatronika pada penerbangan adalah landing gear system dan autopilot system. Dibidang mekatronik konsumen bisa kita temukan pada kamera digital, pemutaran CD dan mesin cuci. Bahkan beberapa robot rumah tangga juga sudah mulai diproduksi seperti robot pembersih lantai.

Baca juga : Menulis Di Periferei : Marjinalitas Dalam Karya Fiksi Dan Non-Fiksi Penulis Asia, Eropa Dan Amerika

4. Sistem Mekatronika

Buku pembelajaran mekatronika berbasis proyek akan menceritakan bagaimana cara kerja sistem mekatronika. Tidak hanya berhenti di situ saja, di bab ini kamupun belajar komponen sistem mekatronika. Tahukah kamu jika di dalam komponen sistem ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian mekanik, elektronik, kendali dan bagian komputer.

Pembelajaran mekatronika berbasis proyek ini juga mempelajari tentang karakteristik sistem mekatronika. Setelah mempelajari banyak hal, kamu pun juga akan mengetahui kelebihan mempelejari pendekatan mekatronika.

Tidak hanya berhenti di situ saja, kamu juga akan dajarkan mempelajari perancangan sistem mekatroika, pembelajaran berbasis proyek, dan dokumen pengembangan prodk. Termasuk juga mempelajari pengembangan modul pembelajaran, penilaian dan panduan pelaksanaan. Nah, buat kamu nih yang tertarik ingin mendapatkan bukunya, kamu bisa mendapatkannya di www.penerbitbukudeepublish.com

Detail Buku :

Judul Buku : Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek
Penerbit : Deepublish
Pengarang : Noor Cholis Basjaruddin
ISBN : 978-602-401-189-5
Ukuran : 14×20 cm
Halaman : xix, 205
Harga : Rp. 81.000