7 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa

      Komentar Dinonaktifkan pada 7 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa
bisnis rumahan untuk mahasiswa

Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa – Setiap ada kemauan, pasti ada jalan. Nah, buat kamu para pelaku bisnis rumahan untuk mahasiswa, pasti sudah tahu rasa pahit getir menjalankan usaha sendiri bukan? Terlepas dari berbaagi ketidak enakan, tetap saja banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

Lantas, apa saja sih keuntungan menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa? Siapa tahu dari keuntungan yang diperoleh bisa memotivasi calon mahasiswa agar tidak takut membangun usaha. 

Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa

1. Memiliki Kebebasan

Keuntungna menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa tentu saja dari segi waktu. Dari segi waktu, tentu saja kamu lebih fleksibel dan bebas mengatur waktu. Kamu bekerja sesuai role kerja dan rencana yang kamu miliki. Dengan kata lain, kamu tidak mendapatkan perintah dari pihak manapun dan tidak tertekan, tetapi kamulah yang menekan karyawan untuk mencapai target yang diinginkan. 

Secara finansial, memiliki usaha tentu membebaskan kita dari segala bentuk gangguan finansial. Misalnya, kita tidak lagi memperoleh masalah perihal keuangan. Mulai bisa menabung hasil keuntungan uang tersebut untuk masa depan anak-anak, digunakan untuk asuransi dan lain sebagainya.

2. Belajar Komitmen

Sebagian orang membangun visi misi dan komitmen adalah modal utama membangun usaha bisnis. Namun ada pula beberapa orang yang tidak melakukan hal tersebut, hanya asal membangun usaha bisnis dengan imajinasi harapan sederhana mereka, kemudian dijalankan. Menggunakan cara-cara seperti ini sebenarnya juga tidak menjadi masalah, terutama untuk pebisnis pemula. Dengan sendirinya, setiap pebismis selama menjalankan usaha akan menemukan visi misi dan komitmen kenapa terjun di dunia bisnis.

Bentuk apapun itu bisnis yang kita jalankan, secara alamiah akan mendorong seseorang untuk berkomitmen. Seperti paragraf di atas, yang awalnya asal mendirikan karna ingin mendapatkan untung, laba dan profit. Seleksi alam akan mengiring untuk memiliki sebuah komitmen. 

3. Relasi

Keuntungan menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa yang lain adalah memiliki banyak relasi. Relasi atau pertemanan dan kenalan dari berbagai kalangan akan berdatangan. Mulai kalangan atas hingga kalangan bawah. Mungkin yang awalnya hanya mengenal satu dua teman kenalan saja, seiring berjalannya waktu satu persatu relasi dan jaringan kita akan bertambah.

Bagi mahasiswa yang pemula menjalankan bisnis, menghadapi masalah hal yang biasa. Apapun masalahnya, tidak ada salahnya tetap membangun relasi. Relasi yang baik adalah relasi yang selalu memberikan dan menawarkan bantuan bagi sesama yang mengalami masalah. Itu sebabnya bagi pengusaha-pengusaha sukses memiliki persaudaraan dan solidaritas yang tinggi dengan sesama pengusaha. 

Terutama bagi mereka yang sukses yang dibangun dari tangga bawah, bahkan lebih bawahnya anak tangga. Setiap kali berkumpul dengan relasi pun dapat memantik sebuah ide baru dan gagasan baru, karena disini tidak sekedar membicarakan ’aku’ dan ’kamu’, tetapi membicarakan tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Baca juga : 4 Tips Jualan Online Dengan Kualitas Produk Yang Terbaik

4. Memaksimalkan Ketrampilan

Keuntungan secara tidak langsung bagi bisnis rumahan untuk mahasiswa memiliki keterampilan lebih matang. Memang tidak semua orang memiliki ketrampilan. Terutama ketrampilan di dunia bisnis. Terjun kedunia bisnis ada banyak ilmu yang harus diaplikasikan. Tidak hanya itu, terjun ke dunia bisnis usaha, baik itu sampingan maupun yang tidak, harus pandai mengatur strategi dan taktik pemasaran agar mendapat perhatian dari luar. 

Selalin strategi, ilmu managemen dan keuangan juga penting. Nah, bagi beberapa orang yang memiliki skill di dunia bisnis, tentu sayang jika dibiarkan potensi tersebut. Berbicara tentang skill berbisnis, jika dikembangkan akan memberikan personal branding lebih pada diri kita. 

5. Manajemen Waktu

Keuntungan menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiwa tentu saja lebih pandai dalam memanajemen waktu. Membuka usaha sampingan biasannya membutuhkan modal lebih kecil. Secara waktu, tidak menyita banyak waktu. Namannya saja bisnis sampingan, sudah barang tentu waktu yang dijalankan hanya memanfaatkan waktu diluang kuliah saja. Meskipun tidak membutuhkan banyak waktu, justru disinilah tantangan yang harus dihadapi. Yaitu terkait manajemen waktu.

Di sini kita harus pandai untuk memanajemen waktu sebaik mungkin. Tanpa manajemen waktu yang bagus, maka bisnis akan mengalami masalah. Butuh konsentrasi dan komitmen untuk bisa menjalan usaha sampingan ini dengan lancar. Kita harus memetakan jam kerja. 

Baca juga : 4 Rahasia Membangun Bisnis Tanpa Modal

6. Memiliki Daya Kreativitas Tinggi

Tahukah kamu, ternyata menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa mengasah kemampuan kreativitas. Kreativitas juga dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Jadi, kreativitas penting agar usaha yang dijalankan lebih menarik, menantang dan menyenangkan. Rata-rata, orang yang memiliki dua pekerjaan dalam satu waktu mereka memiliki pola berfikir sedikit berbeda dari kebanyakan orang. Kenapa bisa terjadi? 

Kenapa bisa demikian? Karena ia memiliki trobosan pemikiran yang lebih menantang dan berani mengambil resiko lebih besar. Orang-orang yang tidak berfikir di dalam kotak melaikan berfikir hingga diluar kotak yang membuat otak mereka berkembang. 

Out off the box atau berfikir diluar kotak itulah yang membuat orang-orang sukses memiliki pemikiran yang unik, nyleneh dan tidak  seperti orang kebanyakan. Mereka tidak takut dengan risiko besar, justru melawannya, karena dari situlah akan menemukan trobosan dan inovasi. 

Tekanan yang terus terjadi dan upaya untuk keluar dari masalah yang membelenggu inilah yang akan memunculkan ide dan pemikiran-pemikiran out off the box. Dari sinilah muncul kreativitas yang kita sendiripun terkadang tidak bisa mempercayainya bahwa kita bisa melakukan dan berfikiran seperti itu. Dengan kata lain, kreativitas itu muncul karena adannya tekanan dan desakan yang terjadi. 

Semakin besar desakan, semakin membuat kita tidak berdaya. Ketidak berdayaan dan ketidakmampuan inilah yang menjadikan kita untuk melakukan gerakan bukan saling dorong, tetapi melengkung. Jika di dalam cerita ada istilah point no return, disinilah kita sudah tidak bisa berbalik seperti awal, ketika berbalik ke awal, rasannya tidak akan sama. Dan untuk mencapai lengkungan inilah, muncul cara-cara kreatif, sehingga tekanan tersebut tetap bisa dinikmati. 

7. Positif thinking

Keuntungan menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa memiliki pola pikir lebih positif. Positif thinking upaya untuk menjaga semangat menjalankan usaha bisnis sampingan. Pentingnya berfikiran positif mampu menjaga mood seharian penuh. Lain cerita jika sebangun dari tidur kita berfikiran negatif, maka akan mengurangi energi positif di dalam tubuh kita sebanyak 25%, jadi di pagi hari yang harusnya energi positif kita 100% menjadi 75%. Jika setiap jamnya selalu berfikiran negatif, maka belum sampai malam tiba, enegi positif kita sudah habis. 

Karena hampir sebagian besar kesuksesan kita di masa depan ditentukan apa yang kita pikirkan. Jika apa yang kita pikirkan saat ini adalah negatif, maka lima tahun yang akan datang itulah yang akan terjadi. Lain lagi, jika saat ini selalu berfikir positif, maka lima tahun yang akan datang kita akan merasakan kekuatan berfikir positif. 

Mau menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa? Ada banyak pilihan bisnis yang bisa Anda coba seperti jualan online, reseller buku sampai menyediakan jasa tulis artikel.

Sumber:

Elisa. 2017. 20 Bisnis Sampingan yang Mendongkrak Penghasilan. Bandung: Gema Buku Nusantara.