Membangun Bisnis Percetakan Buku, Ketahui Jenis dan Potensinya Dulu

      Komentar Dinonaktifkan pada Membangun Bisnis Percetakan Buku, Ketahui Jenis dan Potensinya Dulu
bisnis usaha percetakan buku

Membangun Bisnis Percetakan Buku – Ketahui Jenis dan Potensinya – Buku usaha percetakan. Anda sedang mencari sebuah percetakan? Atau Anda sedang ingin membangun bisnis percetakan? Keduanya saya pikir membutuhkan informasi tentang bisnis buku usaha percetakan supaya bisa mencapai tujuan masing-masing.

Jika Anda sedang mencari percetakan, mengetahui jenis bisnis buku usaha percetakan akan membantu Anda dalam memilih percetakan mana yang tepat bagi kebutuhan Anda. Sementara jika Anda sedang membangun sebuah percetakan, infromasi ini  bisa menjadi pedoman supaya Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi usaha Anda. 

Bisnis percetakan memang menjadi salah satu peluang usaha yang banyak menarik perhatian pebisnis muda saat ini. 

Ini dikarenakan usaha percetakan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Selain itu, usaha ini juga seakan tidak pernah mati dan dibutuhkan oleh orang banyak. Sebut saja contohnya percetakan buku, undangan, brosur, spanduk, dan lainnya. 

Jenis-Jenis Bisnis Buku Usaha Percetakan

Bisnis buku usaha percetakan pada umumnya dibagi menjadi 3 kategori: 

1. Kartu Undangan

Usaha percetakan kartu undangan rasanya selalu ramai dipasaran. Sesuai dengan namanya, bisnis ini menawarkan pelayanan percetakan kartu undangan baik pernikahan, ulang tahun, khitanan, dan perayaan penting lainnya.  

Jika tertarik untuk menggeluti bisnis cetak kartu undangan, sebaiknya sesuaikan modal yang ada dengan strategi bisnis kita. Misalnya, jika memiliki modal terbatas, mulailah menjual kartu undangan dalam skala pasar yang lebih kecil. Seperti keluarga, teman, tetangga, dan lainnya. 

Sedangkan jika memiliki modal yang lebih besar, jangan ragu untuk promosikan pada pasar yang lebih luas. Misalnya, dengan mengikuti pameran pernikahan, mempromosikan bisnis tersebut secara online, dan lainnya. 

2. Formulir 

Percetakan formulir umumnya memiliki pasar yang lebih luas, di mana kita menawarkan layanan percetakan meliputi kop surat, amplop, kartu nama, poster, brosur, kalender, mug, dan lainnya. 

Berbeda dengan layanan cetak sebelumnya, jenis percetakan ini perlu melakukan pendekatan kepada berbagai perusahaan. Tidak perlu langsung ke perusahaan besar, kita bisa mulai dari perusahaan berskala kecil atau UKM terlebih dahulu. Selain itu, jangan ragu untuk berikan harga khusus pada awal pemesanan. Dengan begitu, kita dapat membangun hubungan kerja sama yang baik. 

3. Buku

Jika dibandingkan dengan kedua jenis buku usaha percetakan sebelumnya, layanan buku usaha percetakan terbilang lebih tersegmentasi. Ini dikarenakan pengguna jasa percetakan buku adalah pihak penerbit buku saja. Namun, keuntungan yang didapat oleh jenis bisnis ini juga lebih menguntungkan, karena skala permintaannya juga lebih besar.

Salah satu usaha buku usaha percetakan yang memiliki reputasi baik di Yogyakarta adalah Percetakan Buku Deepublish. Deepublish telah lebih dari 5 tahun dan sudah ada lebih dari 3.774 naskah yang diterbitkan, dan ada lebih dari 1.548 penulis yang menerbitkan buku di sana. Penerbit Deepublish juga memberikan penawaran kompetitif. Sistem penjualan yang digunakan Penerbit Deepublish adalah secara Direct Selling. Hal ini menguntungkan Anda yang sedang mencari partner percetakan buku untuk menerbitkan naskah Anda. 

Potensi Buku Usaha Percetakan

Buku usaha percetakan memiliki potensi kesuksesan yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan ide bisnis lainnya. Ini dikarenakan jasa percetakan selalu dicari dan menjadi kebutuhan penting, khususnya bagi berbagai lembaga badan usaha. 

Meski begitu, perlu diingat bahwa tingkat persaingan  bisnis ini juga terbilang sangatlah tinggi. Ini terbukti dengan banyaknya tempat percetakan baru yang terus bermunculan baik di daerah perkotaan hingga daerah yang lebih terpencil. Namun, jika menggunakan strategi bisnis yang tepat, kita pasti bisa bersaing dengan usaha percetakan lainnya. 

Lokasi juga menjadi salah satu penentu utama kesuksesan buku usaha percetakan. Itu sebabnya, sebaiknya pilih lokasi usaha percetakan dekat dengan pasar yang dituju. Misalnya, jika menargetkan pangsa pasar mahasiswa, maka buka usaha cetak di depan kampus. 

Namun, untuk bisa mendapatkan lokasi strategis tersebut, umumnya kita perlu menyiapkan dana sewa tempat yang cukup besar. Namun kini dengan merambahnya dunia penjualan online, Anda bisa menggunakan sarana portal online sebagai media jualan.

Baca juga : Kunci Penghasilan Besar Menjadi Reseller : Kuasai Metode Penjualan