Apa Yang Dimaksud Dengan Skripsi?

      Komentar Dinonaktifkan pada Apa Yang Dimaksud Dengan Skripsi?
yang dimaksud skripsi

Bagi calon mahasiswa mungkin belum mengerti betul tentang apa yang dimaksud dengan skripsi, untuk itu pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang definisi skripsi. Yang pasti skripsi ini hanya dikenal di Indonesia saja yaa, wkwk.

Skripsi adalah tugas akhir sebagai syarat kelulusan mahasiswa S1. Skripsi biasanya dikerjakan pada semester akhir, yakni semester 7 dan 8. Walaupun demikian banyak mahasiswa yang molor ketika mengerjakannya sehingga membutuhkan semester tambahan.

Isi Skripsi

Skripsi umumnya berisi tentang penelitian atau pembahasan terkait dengan jurusan atau program studi yang ditempuh oleh mahasiswa. Sebagai contoh mahasiswa ekonomi maka skripsinya tentang ekonomi.

Secara garis besar isi skripsi adalah sebagai berikut :

  • Bab 1 Pendahuluan
  • Bab 2 Landasan Teori
  • Bab 3 Metodologi Penelitian
  • Bab 4 Hasil Penelitian & Pembahasan
  • Bab 5 Simpulan & Saran
  • Daftar Pustaka

Apakah sulit mengerjakan skripsi?

Emmm susah-susah gampang, kalau kamu mau belajar semua itu terasa mudah. Apalagi dalam mengerjakan skripsi kamu akan dibantu oleh dosen pembimbing yang akan membantumu dalam menyelesaikannya.

Mengapa harus ada dosen pembimbing? Sejatinya, mahasiswa S1 baru mulai untuk mengenal penelitian, maka dari itu dosen pembimbing ada di situ sebagai tempat bertanya mahasiswa ketika mengalami kesulitan.

Apakah skripsi digunakan untuk program S2? Tentu saja tidak, program S2 bukan lagi mengerjakan seperti S1, melainkan tesis yang tingkat kesulitannya lebih.

Lihat lebih lanjut di : Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi