Apa itu Affiliate Marketing? Kuasai 3 Jawaban Gamblang di Sini

apa itu alfiliate marketing

Apa itu Affiliate Marketing? – Pernah mendengar istilah affiliate marketing? Bagi kaum millennial pasti pernah mendengar istilah ini. Apalagi kaum millennial yang sekarang sedang merambah dunia bisnis daring, pasti mengenal istilah ini.

Kini tren yang tengah di senangi oleh kaum millennial tidak lagi bekerja kantoran atau menjadi PNS loh. Sekarang mengalami perubahan, yaitu menjadi seorang pebisnis dan pengusaha. Sedangkan sarat penting menjalankan bisnis agar dikenal konsumen dengan menguasai teknologi daring (online), sebagai media dan alat promosi. Salah satunya memanfaatkan affiliate marketing.

Apa sih affiliate marketing?

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah affiliate marketing. Jika di jelaskan menggunakan definisi yang lebih sederhana, affiliate marketing itu sebagai peranta atau makelar. Istilah makelar ini pun berubah seiring berjalannya waktu dan banyaknya kemudahan teknologi yang muncul. Istilah makelar sudah tidak banyak digunakan, namun di generasi millennial, masih ada yang menggunakan istilah makelar, dibandingkan menggunakan istilah affiliate marketing.

Sedikit menyinggung tentang generasi Millenial, dikatakan sebagai generasi Millenial adalah mereka yang lahir di tahun 1981 – 1994. Nah, bagi Anda yang lahir di tahun 1995 – 2010 disebut sebagai generasi Z. Jadi, affiliate marketing lebih di khususkan oleh makelar yang berkecimpung lewat media daring. Sedangkan makelar offline lebih berkecimpung secara nyata atau non makelar.


Sistem Kerja Affiliate Marketing

Bagaimana sih system kerja affiliate marketing online? Sebenarnya sistemnya sama seperti makelar. Hanya saja ini system sudah diformat dalam program khusus. Jadi tugas Anda hanya menyebar link khusus.

Sebagai contoh, misal Anda bergabung dalam affiliate marketing buku ajar. Anda cukup menyebar link yang sudah di berikan oleh penerbit buku ke banyak orang. Setiap orang yang membuka link yang Anda berikan, orang tersebut akan langsung masuk ke halaman penjualan buku dari penerbit Asal.

Bagaimana dengan Anda sebagai Affiliate Marketing? Tenang, Anda tetap akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan yang telah diberikan oleh penerbit buku. Jadi semua pembeli yang melakukan pembelian di website, namun masuk dari link yang Anda bagikan, secara otomatis Anda akan mendapatkan komisi fee. Jadi, sudah dicatat oleh system.

Bagaimana Menyebar Link Affiliate?

Bagi yang pertamakali gabung ke affiliate marketing pasti binggung, bagaimana cara agar semakin banyak yang mengeklik link yang Anda sebar. SEbenarnya tergantung kepandaian dari masing-masing orang. Misal menyebar lewat website khusus yang sudah memiliki pengunjung banyak, bisa juga di sebar di pesan singkat atau lewat WA, Line, dan banyak media yang dapat dimanfaatkan.

Jadi tidak sekedar menyebar link, tetapi juga efeksamping mengirimkan link, banyak orang yang akhirnya Tanya banyak hal. Kerja affiliate marketing pada dasarnya memiliki tugas utama yang cukup sederhana. Jadi selain menjualkan produk, Affiliate marketing juga aktif mengunjungi website merchant/toko, mengirimkan visitor.

itulah tiga hal tentang affiliate marketing. Kerja semacam ini tentu lebih mudah dan menguntungkan. Menjadi affiliate marketing pekerjaan yang tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ekstra. Cukup dengan sebar link, Anda akan mendapatkan komisi setiap ada pembeli yang masuk. Apalagi di Indonesia, kini banyak yang mulai menggunakan affiliate marketing ini loh.

Jadi, khusus bagi Anda yang menganggap affiliate marketing sebagai perolehan tidak jelas ujungnya. Jangan salah, sebenarnya kerjanya sama persis dengan metode makelar, hanya saja dilakukan secara online, dan tentunya ada cara khususnya yang dilakukan agar si makelar online memperoleh hak mereka.

Sekarang sudah paham kan tentang apa itu affiliate marketing? Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa.

Baca juga : Keuntungan Bisnis Online

Kontributor : Elisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *