Alasan Perkembangan Marketplace di Indonesia Semakin Pesat

marketplace di indonesia

Alasan Perkembangan Marketplace di Indonesia Semakin Pesat – Pernahkah kamu bertanya, sejak kapankah e-commerce mulai merebak masuk di Indonesia? Secara persis memang tidak tahu, tapi mulai sejak tahun 2015, kita sering mendengar istilah e-commerce. Para pelaku startup pun banyak yang menggunakannya. Hingga tahun 2019 pengguna e-commerce pun masih terus semakin naik.

Pada kesempatan kali ini, akan mengulas apa aja sih keuntungan dari perkembangan marketplace di Indonesia, sampai-sampai begitu populer. Berikut keuntungan yang akan dirasakan.

Konsep Marketplace di Indonesia

Konsep e-commerce di Indonesia yang paling populer berbentuk marketplace. Dimana marketplace inilah konsep yang sengaja di tawarkan. Dimana konsep marketplace ini merupakan konsep yang dibuat layaknya pasar-pasar tradisional pada umumnya.

Jadi satu pasar, ada banyak penjual dari berbagai macam penjual. Sehingga pembeli yang masuk ke dalam wadah marketplace, bisa mencari barang apa saja yang tersedia di jual di marketplace tersebut. Secara tidak langsung, sang owner atau pemilik marketplace sebagai penyalur atau pihak yang mempertemukan antara pembeli dan penjual melalui website secara daring.

Dari uraian di atas, setidaknya Anda tahu, sebenarnya apa itu marketplace, karena sebenarnya Anda sering menggunakan, atau bahkan belanja di sana. Adapun yang termasuk marketplace seperti bukalapak, elevenia dan tokopedia. Sedangkan situs toko e commerce yang menguasai penjualan ada situs Blibli atau Blanja yang memberikan kesempatan kepada semua orang bisa menjual.

Bahkan kemudian muncul juga toko-toko online dari berbagai jenis yang dijual, mulai dari pakaian, sepatu, sampai dengan buku. Sebut saja Deepublish yang merupakan salah satu toko buku online di Indonesia yang menjual buku-buku dari berbagai bidang ilmu mulai dari pendidikan, bahasa sastra, pertanian, sampai buku binsi.

Biaya Lebih Hemat

Dari segi biaya, pemiliki toko secara daring lebih hemat. Setidaknya pemilik toko secara daring s udah memangkas pengeluaran untuk sewa tempat dan sewa karyawan penjaga tempat. Di tinjau dari pembiasaan logistic juga lebih hemat. Karena dilakukan secara daring, penjual akan memproses pemesanan, dan akan segera mengirimkannya kepada pembeli.

Jangkauan Produk Lebih Luas

Dari segi variasi produk yang dijual, tentunya lebih luas. Penjual dan pembeli bisa menjual apapun barang, dan pembeli pun juga lebih bervariatif ketika hendak membeli produk. Menariknya, demografi dari para pembeli pun juga dapat diperluas. Semakin banyak demografi, semakin mudah untuk menyasar hingga keseluruh kalangan.

Baca juga : Bisnis Sampingan Paling Untung Dengan Dagang Online

Traffic Meningkat

Bagi pelaku website atau blog, pasti tahu permainan ini. Jadi, semakain banyak anggota yang menjadi anggota, semakin berpotensi situs web tersebut trafiknya meningkat secara Cuma-Cuma. Semakin tinggi traffic, maka akan mempengauhi elemen yang lain. Seperti banyak dikunjungi pembeli baru, pelanggan yang puas dengan produk anda ikut memproosikan produk Anda, dan ini tentu sangat membantu anda.

Lebih Menguntungkan

Kenapa lebih mengguntungkan ketika berjualan secara daring? Dari segi waktu, penjual tentu sangat di untungkan. Tidak hanya itu, penjual juga tidak perlu lagi disibukan untuk membuat website, cukup mendaftarkan ke penyedia jasa saja. Kita pun sudah memiliki toko secara daring.  Dari sisi pelanggan, sudah pasti penyedia web sudah memiliki pelanggan. Ibarat pasar, kita cukup modal gelar lapak saja, nanti aka nada jua pembeli.

Dari segi pemasaran, Anda pun cukup menyediakan foto produk. Produk-produk yang ditulisnya inilah, yang nantinya akan di unggah di marketplace. Pastikan untuk melengkapi dengan deskripsi produk. Bagaimanapun juga, melengkapi deskripsi produk sangat membantu mengajak calon konsumen untuk membeli produk yang Anda promosikan atau jual.

Menawarkan Kemudahan Untuk Pembeli

Salah satu keuntungan berbelanja di marketplace bagi pembeli adalah, jangkauan dan jenis produk yang banyak dan luas. Dengan begitu, pembeli pun merasa diuntungkan. Cukup duduk di satu tempat saja, mereka sudah bisa memperoleh dan klik produk yang hendak di beli. Tentu saja hal-hal semacam ini sangat membantu pembeli memenuhi keinginannya, tanpa harus keluar rumah. Barang pun pada akhirnya akan di kirim sampai ke rumah.

Itulah alasan kenapa situs marketplace di Indonesia setiap tahun semakin banyak penggunannya. Karena dari segi efisiensi dan kemanfaatannya, lebih menguntungkan. Tentunya tidak sekedar menguntungkan, tetapi juga memberikan kemudahan. Sayangnya, bagi calon pembeli yang tidak memiliiki ATM atau kartu pembayaran online, akan mengalami kesulitan melakukan transaksi jual beli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *