Kenali 5 Konsep Kewirausahaan Yang Harus Dikuasai

      No Comments on Kenali 5 Konsep Kewirausahaan Yang Harus Dikuasai
konsep wirausaha

5 Konsep Kewirausahaan – Semakin berkembang teknologi, semakin maju cara berfikir. Wajar jika semakin ke sini, selalu ada istilah baru yang sebagian sudah sering di dengar, sebagian lagi jarang di dengar. Khusus untuk kamu mungkin sudah akrab dengan istilah entrepreneur bukan? Namun sudahkah anda terbiasa mendengar istilah sociapreneur dan ecopreneur itu apa?

Pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang dunia konsep kewirausahaan, yang mungkin sebenarnya anda sudah sering menemui. Namun, jarang mendengar istilah-istilah baru yang tersemat. Apa saja, berikut beberapa pemaparannya.

Entrepreneur

Istilah yang sering kita dengar dan akrab di telinga adalah istilah entrepreneur. Entrepreneur sebutan untuk pelaku wiraswasta yang tentu saja mereka sedang menjalankan usaha mereka sendiri. Dari segi teknis menjalankannya, entrepreneur lebih fleksibel dalam menentukan ide, pengelolaan usaha, hingga budaya kerja yang diinginkan akan seperti apa.

Karena hampir sebagian besar usaha dilakukan sesuka entrepreneur, maka risiko yang ditimbulkan pun juga harus siap ditanggung sendiri. Berlaku sebaliknya, apabila mendapatkan mengambil risiko besar terkait dengan pemasukan, maka risiko memperoleh keuntungan pun juga besar.

Intrapreneur

Entrepreneur adalah istilah yang dikhususkan untuk pelaku atau pekerja di bawah naungan sebuah instansi atau perusahaan. Karena statusnya sebagai karyawan, maka dia tidak memiliki wewenang untuk mengambil keputusan atau semacamnya. Hanya saja, dia tetap masih bisa menyumbangkan ide, gagasan untuk kemajuan tim atau perusahaan itu sendiri.


Kelebihan dari intrapreneur adalah, memiliki risiko yang lebih kecil, dibandingkan risiko entrepreneur. Wajar saja jika dari pendapatan yang diperoleh pun juga berpengaruh. Seperti yang kita tahu, seorang karyawan akan di gaji sesuai standar gaji dan tergantung dari prestasi kerjanya. Sedangkan seorang entrepneur menanggung segalanya, karena ibarat dialah yang mempekerjakannya.

Technopreneur

Technopreneur berbeda dengan intreprenur atau intrapreneur. Technopreneur lebih fokus pada konsep atau cara memanfaatkan teknologi yang digunakan. Teknologilah yang dijadikan sebagai kunci utama melakukan aktivitas pelayanan produk. Tugas technopreneur lebih mengembangkan dan menginovasi system atau program dari kehadiran teknologi itu sendiri.

Sosiapreneur

Konsep kewirausahaan yang ketiga adalah sosiapreneur, yang fokus terhadap aspek sosial. Jadi dalam ilmu kewirausahaan tidak melulu berbicara tentang profit atau keuntungan saja. Tetapi juga berbicara tentang aspek sosial. Mulai dari perilaku pelanggan, daya tari pelanggan dan masih banyak lagi.

Jadi, sociopreneur juga bisa lebih menekankan pada bagaimana melihat peluang usaha yang tengah diminati dan dicari-cari. Di mana cara dan upaya sociopreneur inilah yang dilakukan upaya memperoleh keuntungan dan mencapai omset. Karena bagaimanapun juga, tujuan sociopreneur tetap meningkatkan kesejahteraan sosial.

Ecopreneur

Terakhir, apakah kamu pernah mendengar istilah ecopreneur? Istilah ini sebenarnya tidak jauh beda dengan sociopreneur kok. Jadi ecopreneursip memilliki orientasi tidak ambisiuas pada perolehan profit. Jalan ecopreneur lebih mementingkan lingkungan. Bisa dibilang pelaku ecopreneur sangat memperhatikan dan penuh pertimbangan setiap kali membuat suatu keputusan.

Jika di perusahaan besar, perusahaan yang menggunakan ecopreneur pasti menyediakan dana csr. Jadi mereka mengantikan tindakan merugikan bagi mereka. Misal dengan mengolah limbah agar tidak merusak lingkungan sekitar.

Itulah poin penting tentang apa itu entrepreneur, intrapreneur, technopreneur, sociapreneur dan ecopreneur. Dari ulasan ini, setidaknya kini anda bisa menjadi lebih tahu tentang kewirausahaan bukan. Semoga dengan ulasan dan pemaparan ini memberikan banyak pengetahuan. Semoga bermanfaat. Untuk ulasan kali ini sekian, semoga memotivasi, selamat mencoba dan mempraktekakan.

Baca juga : Bisnis Sampingan Paling Untung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *