4 Tips Sukses Reseller Biar Tajir

      Komentar Dinonaktifkan pada 4 Tips Sukses Reseller Biar Tajir
tips sukses reseller

Tips Sukses Reseller – Tidak semua pelaku reseller sukses menjalankan usaha sampingan satu ini. Bagaimana agar berhasil di dunia usaha bisnis reseller? Tentu saja ada tips sukses reseller yang tidak banyak semua orang mengetahui caranya.

Nah, kamu tidak salah membaca ulasan kali ini, karena akan dikupas tuntas apa saja sih tips sukses reseller. Agar tidak memakan banyak waktu, langsung saja yuk, apa saja sih?

1. Memiliki Niat 

Tips sukses reseller yang pertama adalah niat. Seperti dalam ajaran agama islam, innama a’malu binniat, yang artinya kurang lebih, segala sesuatu tergantung pada niat. Niat yang baik diharapkan hasilnya baik, niat buruk sudah jelas akan mendapatkan hasil yang buruk. Dalam rumus kehidupan nyata, niat baik saja seringkali hasilnya bisa buruk.

Begitupun ketika kamu ingin menjalankan usaha reseller. Tips sukses reseller memang tidaklah selalu wah. Cukup awali dengan niat. Apakah niatmu sangat besar? Atau masih setengah-setengah saja? Jika masih setengah hati dan kurang yakin, kamu perlu berfikir ulang. Bukan berarti tidak jadi menjadi reseller, tetap sekedar merenung hal apa saja hal yang benar-benar membuatmu semakin memiliki niat yang besar.

Karena tips sukses reseller sebenarnya hanya membutuhkan niat yang besar. Jika memiliki niat setengah-setengah, lebih baik jangan. Kenapa? Karena itu justru akan merugikan kamu. Rugi dari modal yang sudah kamu keluarkan, akhirnya tidak berjalan. Sebaliknya, jika sudah niat bulat dan nekat, sudah dapat dipastikan akan tetap maju terus pantang mundur.

Sikap seperti inilah yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Memang menjalankan usaha reseller bukanlah bisnis besar, tetapi ini media belajar untuk membangun usaha bisnis yang lebih besar ke depannya. Jadi kesimpulannya adalah, tanyakan pada diri sendiri niat menjadi reseller. Setelah niat sudah bulat dan tekat besar, tips sukses reseller kedua adalah tahu apa tujuanmu.

2. Tahu Apa Tujuanmu

Setelah disinggung di poin pertama tentang niat, tips sukses reseller handal adalah mengetahui apa tujuanmu. Pasti saja setiap orang memiliki tujuan masing-masing. Saya sering menekankan bahwa tujuan itu seperti rel kereta api. Tanpa rel kereta api, maka kereta tersebut tidak bisa berjalan sampai tujuan.

Jika memang kamu tidak memiliki tujuan, kamu bisa memulainya dari sekarang. Jangan khawatir dan takut tidak ada kesempatan. Tidak ada kata terlambat. Semua masih bisa diusahakan dan diupayakan sekarang. Lebih baik memulai sekarang, daripada tidak memulai sama sekali.

Tips sukses reseller adalah mereka yang memiliki visi dan misi. Tujuan yang jelas, akan memudahkan pelaku reseller dalam menjalankan tugas. Tidak sekedar itu saja. Sebagai analogi sederhana terkait pentingnya tujuan. Saya akan mengajak kamu untuk sedikit merenung tentang sebuah tujuan. Pernahkah kamu keluar rumah tanpa tujuan? Mungkin ada yang menjawab pernah, dan ada yang menjawab tidak pernah.

Bagi yang tidak pernah, mungkin dalam kondisi binggung, putus asa atau depresi, kamu ingin keluar rumah. Tapi tidak tahu mau kemana. Kamu pun asal berjalan tanpa tujuan, dan akhirnya tambah binggung. Nah, sepertinya agar mustahil jika keluar rumah tidak memiliki tujuan bukan? Kecuali dalam kondisi mental lemah seperti tadi. Sebagian besar, orang keluar rumah memiliki tujuan. Entah itu mau ke kampus, ke pasar atau mau ke warung sebelah. Itu tetaplah tujuan. Sehingga langkah dan pilihan jalan yang kamu pilih pun sudah ada dan jelas.

Baca juga : Deepublish, Situs Jual Buku Online Pilihan Terlengkap

Nah, tips sukses reseller pun juga demikian. Tujuan itu perlu kamu tentukan. Nah, permasalahan yang sering muncul adalah, bagaimana sih cara menentukan tujuan? Kan menentukan tujuan menjadi reseller berbeda dengan menentukan tujuan hari ini mau kemana. Nah, jawaban tips sukses reseller adalah mengetahui alur.

3. Mengetahui Alur

Tips sukses reseller yang tidak kalah penting adalah mengetahui alur. Nah, saat menjalankan usaha bisnis ini, apakah kamu tahu alur menjadi reseller? Jika belum kamu memang perlu mempelajari tentang ilmu marketing, yang akan di bahas di nomor empat.

Nah, dalam jual beli, ada beberapa alur yang perlu kamu ketahui nih. Setidaknya ada beberapa alur transaksi sebagai berikut.

a. Pertama, adannya material request atau permintaan bagian penjualan atau produksi.

b. Melakukan survei pasar, yang meliputi survei selera konsumen.

c. Menerima penawaran, jika ada. Meskipun kamu seorang reseller, tidak menutup kemungkinan, kamu juga mendapatkan penawaran dari luar ingin menjadi anggota resellermu juga lo. Tentu saja ini peluang besar buat kamu juga kan.

d. Mencatat produk yang terjual

Karena sebagian besar pelaku reseller menjual produk mereka di marketplace atau di web/blog pribadi. Maka, alur transaksipun juga berbeda-beda. Nah, berbicara media penjualan produk melalui marketplace dan web/blog sebenarnya menyesuaikan penguasaan masing-masing pelaku reseller. Jika tidak tahu cara menjual di web/blog, kamu bisa saja memanfaatkan media sosial yang kamu punya. Atau, bisa juga cukup menggunakan marketplace yang lebih mudah.

Alur pokok yang seringkali dibinggungkan calon reseller adalah alur bagaimana mendapatkan produk. Nah, tips sukses reseller agar mendapatkan untung yang lebih banyak adalah dengan membuat penawaran ke supplier atau tempat yang memproduksi produk itu secara langsung. Jadi, di sini kamu akan mendapatkan keuntungan dalam lebih besar, dibandingkan membeli eceran atau grosiran. Rata-rata, pihak supplier akan memberikan harga jauh lebih miring. Tentu saja pihak supplier tidak ingin anggotannya rugi.

Hanya saja, tidak semua supplier baik seperti itu. Kuncinya, kamu harus berani bertanya dan menentang jika ada indikasi tidak jujur. Jadi, pastikan kamu benar-benar memilih supplier yang amanah. Nah, salah satu supplier yang amanah dan dapat kamu ambil peluangnya adalah menjadi reseller di sana. Jika tertarik ingin daftar, bisa menjadi reseller di sini.

Banyak reseller dari Deepublish yang mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Terkadang, pelaku reseller bisa mencapai pemasukan lebih dari UMR Jogja loh. Padahal hanya mereka kerjakan di sela-sela waktu luang mereka. Nah, barangkali kamu tertarik, dan ingin memulai. Bisa langsung kepo ke link di atas tadi.

4. Memahami ilmu marketing

Memahami ilmu marketing juga termasuk tips sukses reseller untuk closing. Sepuluh tahun yang lalu, marketing dilakukan secara manual. Yaitu dengan menawarkan produk ke satu orang ke orang lain secara bertatap muka. Atau membuat penawaran dengan cara mendatangi ke kantor-kantor klien yang dituju.

Nah, sekarang sudah berbeda era dan caranya. Alur marketing saat ini lebih luas dan bisa dijangkau lebih banyak orang. Dari segi kerja pun juga sangat gampang. Sekarang, menjalankan marketing bisa hanya bermodalkan smartphone masing-masing, tetapi jangkauan dan efek yang ditimbulkan sangat luar biasa.

Tentu saja, akan mempengaruhi dari hasil penjualan atau pemasukan. Tips sukses reseller semacam inilah yang bisa kamu coba. Kini teknologi menawarkan kemudahan yang luar biasa. Teknologi memberikan solusi agar kamu kerja sedikit, tapi dampak yang dirasakan sangat luar biasa besar. Maka, hal-hal marketing yang dilakukan secara daring (online) inilah yang disebut dengan ilmu marketing online.

Ada banyak sekali cabang ilmu marketing online yang perlu kamu kuasai. Banyak yang sudah membutkikan bahwa tips sukses reseller dengan menguasai marketing online menghasilkan closing yang tidak sedikit. Itu pula yang menjadi alasan kenapa sekarang banyak sekali orang yang memilih jalan untuk menjadi reseller daripada bekerja paruh waktu di kafe atau semacamnya.

Baca juga : 7 Cara Menjadi Reseller Agar Tepat Sasaran

Menariknya pula, baru beberapa tahun belakangan ini pula, banyak pelaku reseller bertebaran di media sosial dan di marketplace. Salah satu kreativitas masyarakat Indonesia adalah, pintar mengkomersilkan barang/produk atau jasa. Ini kabar baik, karena ini salah satu bukti bahwa Indonesia sebenarnya kreatif. Itulah tips sukses reseller yang bisa kamu amati, pelajari dan diikuti. Semoga dengan ulasan di atas banyak membantu.