3 Kekurangan Affiliate Marketing

      Tak ada komentar pada 3 Kekurangan Affiliate Marketing
affiliate marketing

Kekurangan affiliate marketing – Memang tidak semua orang tahu tentang affiliate marketing. Dibalik segala kemudahan yang ditawarkan, ternyata ada juga kekurangan affiliate marketing. Apa saja sih kekurangan tersebut? Sebagai berikut :

3 Kekurangan Affiliate Marketing

Pendapatan Anda Bergantung Pada Pihak Lain

Seperti yang Anda tahu bahwa tugas seorang affiliate marketing adalah mempromosikan secara softselling ataupun secara hardselling produk atau jasa milik orang lain.  Umumnya, orang hendak bergabung ke Affiliate marketing harus mengisi registrasi yang dimaksudkan agar digunakan untuk aturan main.

Kelemahan system affiliate marketing apabila Anda sudah membangun affiliate dengan membuat Website, dan mendatangkan visitor yang banyak, dan Anda juga mulai mendapatkan komisi atas pe njualan Anda, tentu ini menguntungkan ANda. Namun, sayangnya, banyak pelaku affiliate yang akhirnya secara sepihak produsen menarik dan tidak lagi menggunakan affiliate marketing, dengan alasan ingin menekan biaya, atau ada juga ang menurunkan biaya cost affiliate marketing.

Masalah dan kasus-kasus semacam inilah yang seringkali tidak bisa dihindarkan. Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Dampaknya sudah jelas, Income Anda bisa langsung Terjun Bebas, dan seolah apa yang sudah Anda bangun pun akhirnya sia-sia. Untuk menghindari masalah dan kejadian semacam itu, maka Anda perlu berhati-hati. Umumnya Industri yang merupakan bentuk cabang dari Affiliate Marketing seperti CPA atau CPL.

Kenapa? Karena sebagian dari Industri semacam CPA atau CPL hanya membutuhkan prospek yang hanya berjalan 3 sampai 6 bulan saja, setelah itu, sewaktu-waktu mereka bisa menstop affiliate Anda. Adapun kasus lain, missal Terms of Services (TOS) mengubah merchant atau mengubah aturan main, sehingga Anda diblok karena tidak sesuai dengan TOS. Masalah-masalah semacam inilah sebenarnya sudah hal biasa,

Tidak Bisa Membangun Data Customer

Bagi pelaku affiliate yang sudah professional tahu maksud dari tidak bisa membangun asset atau data customer. Jadi, jika kita membuka jasa atau menjual menggunakan website dan membuat landing page, maka kita akan mendapatkan data customer. Dimana data inilah yang nantinya dapat kita gunakan untuk mengirim newslatter.

Sebaliknya, ketika kita menjadi bagian affiliate marketing, kita tidak akan mendapatkan kontak tersebut. Karena data yang masuk, langsung masuk ke outner atau pemilik usaha. Padahal kita tahu, data pembeli ini sangat penting sebagai database. Berkat data tersebut, dapat digunakan untuk mempromosikan  produk baru, sehingga potensi dan peluang mereka repeat order pun semakin besar.

Jadi, jika Anda sebagai broker traffic, atau yang disebut dengan penyuplai traffic ke merchant, sudah jelas jika Anda tidak memiliki database customer yang bisa digunakan untuk pengembangan bisnis yang Anda miliki sendiri. Dengan kata lain, jika Anda ingin memiliki produk baru, Anda harus membangun dari awal dan mencari dari awal. Kecuali, Anda mampu melakukan strategi list building. Dan list building ini dapat Anda manfaat.

Siap Bersaing Dengan Affiliate Marketer Lain

Selanjutnya adalah siap bersaing dengan affiliate marketer yang lain. Ketika Anda masuk ke dalam dunia affiliate, sejak awal Anda harus siap dengan persaingan. Karena di sanalah satu perusahaan penyedia, bisa jadi langsung berhadapan dengan affiliate marketing yang lain, dari perusahaan yang sama.

Persaingannya dalam hal ini adalah, menjual produk yang sama, karena berasal dari owner atau penyedia jasa yang sama pula. Oleh sebab itu, banyak affiliate marketer yang tidak show up membagikan tips dan trik kepada khalayak. Alasannya sederhana, karena menjaga persaingan affiliate yang lain.

Itulah kekurangan affiliate marketing yang perlu Anda tahu, supaya Anda ketika terjun ke dunia affiliate pun harus siap dengan tantangan yang terjadi. Sehingga Anda lebih bisa mempersiapkan segala kemungkinan. Agar Anda pun juga tidak mudah membeberkan trik dan strategi Anda, karena di luar sana ada banyak sekali pesaing dari supplier yang sama.

Baca : 9 Daftar Affiliate Marketing Yang Menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *