Tanaman Obat Untuk Lupus

      Comments Off on Tanaman Obat Untuk Lupus

Penyakit Lupus merupakan penyakit yang terbilang cukup berat dan berbahaya, kenapa ?? Karena secara definisi, penyakit lupus adalah suatu penyakit imflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

Penyakit Lupus ini bukan lah tipe penyakit yang menular, akan tetapi akan sangat berbahaya jika di biarkan begitu saja, dan yang lebih parah nya lagi dapat berpotensi kematian karena belum ada obat lupus dan kerusakan jaringan dan sel dalam tubuh yang disebabkan serangan dari kekebalan tubuh semakin parah.

Gejala yang diberikan penderita penyakit lupus sangat sulit dibedakan dengan gejala-gejala umum pada penyakit biasa karena gejala yang dimiliki pasien satu dengan yang lainnya berbeda-beda, ada yang gejala nya ringan seperti kelelahan, demam, mata kering, gelisah dan depresi.

Ada juga gejala yang berat, seperti radang pada mulut, dada terasa sakit, napas yang begitu pendek, bercak merah, berbatas jelas,kulit menipis, kasar dan meninggalkan bekas cacat dan bahkan bisa saja hilang ingatan.

Menurut surpei, pada ahli yang menangani penyakit lupus bilang bahwa penyakit lupus lebih sering menyerang wanita pada usia di atas 15-20 tahun, akan tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit lupus dapat menyerang anak anak dan pria.

Dan bahkan penyakit lupus ini telah mendapat perhatian khusus dari organisasi kesehatan dunia WHO karena di Indonesia sendiri dari tahun ke tahun penderita penyakit lupus semakin meningkat, di perkirakan pada tahun 2013 lebih dari 13.000 jiwa terkena penyakit lupus.

Nah, berkaitan dengan proses pengobatan penyakit lupus, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami antara lain green tea, kunyit, daun belimbing wuluh, daun cocor bebek. Berikut penjelasannya:

  1. Green Tea

Obat Lupus alami ini mengandung polyphenol yang akan sangat berguna untuk mengatasi ruam-ruam kemerahan yang timbul akibat lupus. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa green tea merupakan salah satu obat lupus herbal yang dapat digunakan sebagai anti inflammatory (penghilang ruam-ruam kemerahan) pada kulit.

Penderita lupus dapat menggunakan green tea sebagai salah satu alternative pengobatan selain obat-obatan medis biasa. Green tea ini bisa dicampur dalam makanan lainnya atau diseduh dan disajikan dalam teh hangat saja.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Kamu juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

  1. Daun belimbing waluh

Obat lupus alami ini terkadang dianggap sebagai tanaman pekarangan saja, padahal tanaman tropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Bagian yang biasa digunakan, yaitu buah, batang, daun, dan bunganya.

Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium. Konon, rasanya yang masam mengandung vitamin C yang tinggi.

  1. Daun cocor bebek

Obat Lupus alami ini sering diabaikan sebagai tanaman obat, kebanyakan orang lebih memanfaatkan tanaman cocor bebek sebagai tanaman hias, padahal daun cocor bebek bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit.

Khasiat daun cocor bebek pernah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Osaka, Jepang dan hasilnya daun obat lupus herbal ini mengandung senyawa yang sangat efektif untuk memusnahkan sel mutan penyebab kanker (Bryopgikkian A). Selain itu daun cocor bebek juga mengandung Vit. A, tannin, asam lemon dan asam apel.

Pada dasarnya seluruh bagian tanaman cocor bebek bisa digunakan sebagai obat, akan tetapi kebanyakan yang sering dipakai adalah daun cocor bebek, bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak mengandung air dan berlendir. Daun cocor bebek banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin.