Tanaman Obat Lupus

      Comments Off on Tanaman Obat Lupus

Tanaman Obat Lupus. Penyakit Lupus adalah salah satu penyakit yang mematikan yang disetarakan dengan penyakit kanker. Tidak sedikit kasus yang terjadi pada penderita penyakit obat lupus ini jiwanya tidak tertolong. Penyakit Lupus sendiri berasal dari bahasa Latin yang bermakna ” Anjing Hutan”, dan mulai dikenal kurang lebih satu abad yang lalu.

Pada awalnya penderita penyakit lupus mengira dirinya mengalami kelainan atau alergi kulit, kemerahan di sekitar hidung dan pipi, bercak-berccak merah di bagian muka dan lengan, rasa capek yang berkelanjutan, rambut rontok, terjadi pembengkakan pada persendian serta sariawan.

Penyakit lupus tidak hanya menyerang kulit saja, aka tetapi bisa menyerang seluruh bagian organ tubuh. Penyakit ini menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia yang berlebih.

Gejala Penyakit Lupus

– Kulit mudah gosong akibat sinar matahari, dan disertai dengan timbulnya gangguan pencernaan

– Merasa lelah yang berlebihan, demam, dan pegal-pegal

– Muncul ruam merah yang memberntang di kedua pipi yang bentuknya mirip dengan kupu-kupu (Butterfly Rash), namun ruam merah seperti cakram bisa muncul di seluruh tubuh, menonjol, dan kadang bersisik.

– Anemia, karena sel darah merah dihancurkan oleh lupus

– Rambut rontok

Penyebab Penyakit Lupus

Sampai saat ini penyebab atau pemicu timbulnya penyakit lupus belum diketahui secara pasti, akan tetapi para ahli bidang Dermatologi menyatakan bahwa hormon Estrogen (hormon pada wanita) memiliki kaitannya dengan penyakit lupus.

Hal ini diperkuat dengan terjadinya beberapa kasus yang terjadi, faktanya 9 dari 10 orang yang memiliki keluhan penyakit lupus adalah wanita. Lupus juga bisa dipicu oleh beberapa hal berikut ini:

– Konsumsi obat-obatan tertentu

– Paparan sinar matahari

– Lingkungan

– Infeksi

– Stress

Untuk mengobati penyakit ini anda dapat menggunakan tanaman yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit ini:

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Kamu juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

  1. Jelatang

Tanaman herbal jelatang sangat efektif untuk menangani peradangan yang terkait dengan lupus karena mengandung beberapa senyawa anti-inflamasi alami seperti quercetin. Tidak hanya itu, jelatang juga memiliki sifat anti-inflamasi alami yang memiliki sifat diuretik yang dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan kelebihan asam urat. sehingga dapat mengurangi edema karena lupus. Jelatang juga dapat untuk melawan alopecia, yaitu gangguan rambut rontok yang sering diderita oleh para penderita penyakit lupus.

  1. Cabe Rawit

Tanaman pedas ini mengandung banyak vitamin C yang penting untuk energi bagi yang mengalami kelelahan kronis. tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan darah dari racun. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan penyakit lupus SLE. Bau dan Rasa yang tajam dari cabe rawit membantu anda menghilangkan racun dalam tubuh dan membersihkan tubuh.

  1. Daun Songgolangit

Obat lupus alami ini berkhasiat sebagai analgesik dan juga sebagai obat anti inflamasi. Bagian tanaman ini yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya, dengan cara direbus dan air rebusannya itu diminum pada yang sakit. Rasanya seperti teh tawar, untuk yang kurang suka bisa ditambahkan gula atau madu agar rasanya lebih enak.