Ramuan Obat Lupus

      Comments Off on Ramuan Obat Lupus

Lupus merupakan salah satu jenis penyakit inflamasi kronis yang muncul karena sistem kekebalan tubuh keliru dan justru melakukan penyerangan terhadap tubuh serta organ tubuh penderitanya. Inflamasi yang ditimbulkan oleh penyakit lupus dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paru-paru, dan juga jantung. Penyakit lupus juga sering disebut dengan lupus eritematosus sistemik.

Penyakit autoimun adalah kondisi yang sering digunakan untuk menggambarkan penderita penyakit lupus. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit justru melakukan penyerangan terhadap tubuh penderita lupus. Pada umunya, penyakit lupus disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga genetik.

Gejala-gejala penyakit lupus hampir menyerupai gejala penyakit lain sehingga penyakit lupus seringkali sulit untuk dideteksi. Berdasarkan penelitian, penyakit lupus tidak bisa benar-benar disembuhkan, namun beberapa jenis obat lupus bisa diberikan kepada penderita penyakit ini dengan tujuan untuk mengendalikan laju penyakit tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit lupus adalah jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penderita penyakit lupus yang melakukan pengobatan biasanya hanya berguna untuk memperlambat laju penyakit tersebut, mencegah gejala, dan juga mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa ramuan obat lupus yang dapat anda buat dirumah:

  1. Daun Cocor Bebek

Anda juga pasti sudah mengetahui bahwa tanaman cocor bebek ini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Namun, dibalik kemudahannya untuk dikembangbiakkan, tanaman cocor bebek ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati penyakit lupus.

Adapun cara menggunakannya adalah:

– Ambil beberapa lembar daun cocor bebek lalu cuci hingga bersih.

– Rebus daun cocor bebek tersebut hingga mendidih dan daunnya melunak.

– Ambil air rebusan daun cocor bebek dan dinginkan.

– Setelah dingin, minumlah air rebusan daun cocor bebek tersebut.

  1. Daun dan Buah Belimbing Wuluh

Sama dengan buah belimbing wuluh, daun belimbing wuluh juga memiliki rasa yang asam. Tanaman ini akan mudah dijumpai di pekarangan rumah, dimana buahnya sering dijadikan tambahan untuk membuat sayur asem.

Namun tak hanya itu, baik daun maupun buah belimbing wuluh ini dapat dijadikan obat penyakit lupus, dengan cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

– Ambil daun belimbing wuluh secukupnya lalu rebus dan airnya diminum. Lakukan hal ini secara rutin dan juga teratur supaya penyakit lupus bisa segera sembuh.

– Jika menggunakan buah belimbing wuluh, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus yang ditambahkan dengan madu asli supaya tidak terlalu asam lagi. Minum jus ini secara rutin dan juga teratur supaya penyakit lupus tersebut dapat segera sembuh.

  1. Daun Songgolangit

Tanaman yang sering dianggap gulma dengan bunga tunggal yang berwarna putih ini memiliki sifat analgesik atau menghilangkan rasa sakit dan juga anti inflamasi atau anti radang.

Sehingga dengan kedua sifat tersebut, tanaman songgolangit dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit lupus. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

– Ambil daun tanaman songgolangit secukupnya.

– Bersihkan daun songgolangit tersebut.

– Rebus daun songgolangit dengan air hingga mendidih.

– Setelah mendidih, ambil air rebusan daun songgolangit lalu diamkan hingga dingin.

– Setelah dingin, minum air rebusan daun songgolangit tadi.

Jangan khawatir dengan rasa dari daun songgolangit ini, karena rasanya seperti teh tawar, namun jika Anda ingin rasa yang lebih manis Anda bisa menambahkan gula ataupun madu.