Obat Tradisional Penderita Lupus

      Comments Off on Obat Tradisional Penderita Lupus

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit autoimune. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia.

Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya justru menyerang tubuh pemiliknya. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis Eritematosus Sistemik (SLE) atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) dalam bahasa Inggirskarena belum ada obat lupus.

Lupus jenis ini lebih dikenal dan sering digunakan untuk menyederhanakanpenyebutan dan pemahaman tentang penyakit ini di kalangan umum. Selain jenis tersebut, terdapat beberapa jenis penyakit lupus lainnya, seperti neonatal (lupus yang terjadi pada bayi), dan drug inducted lupus (lupus yang disebabkan oleh penggunaan obat).

Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, misalnya:

– Kulit

– Sendi

– Jantung

– Sel darah

– Paru-paru

Gejalanya kerap mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada yang bahkan mengancam jiwa. Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan. Gejala umumnya adalah ruam kulit, kelelahan, sakit dan pembengkakan pada sendi.

Hal Hal Yang Harus Dihindari Jika Mengalami Gejala Lupus

– Hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena bisa membuat penyakit ini semakin parah.

– Kurangi asupan lemak agar penyerapan kalsium berjalan dengan baik.

– Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan kaya akan nutrisi.

– Hindari bakteri jahat dan radikal bebas.

– Minum minimal 8 gelas perhari.

– Hindari kelebihan berat badan.

Mengobati penyakit ini tidak selalu menggunakan resep dokter, anda juga dapat menggunakan obat tradisional penderita lupus sebagai berikut:

  1. Jahe

Rempah dapur yang dapat dijadikan obat tradisional penyakit lupus adalah jahe. Disini jahe dapat mengatasi gejala rematik pada penderita lupus. Hal tersebut disebabkan sifat antioksidan dan antiinflamasi-nya yang kuat sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri sendi.

Kamu dapat mencampurkan 1 inci akar jahe segar dengan jus buah dan sayuran segar. Campur menggunakan blender dan minum secara teratur. Untuk dosis yang lebih akurat sebaiknya kamuberkonsultasi dengan dokter.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Kamu juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

  1. Minyak kelapa

Obat tradisional penyakit lupus berikutnya adalah dengan mengonsumsi minyak kelapa. Salah satu minyak esensial ini ternyata mengandung asam lemak medium-chain (rantai menengah) yang diteliti dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi respon kekebalan tubuh negatif.

Lebih dari itu, minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan pencernaan serta mengendalikan gula darah.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan ataupun pengobatan penyakit lupus. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang sangat melimpah.

Salah satu nutrisi yang paling menguntungkan adalah omega-3. Asam lemak ini berguna meringankan peradangan sehingga bisa membantu mengurangi efek dari penyakit lupus. Selain itu, untuk menghindari penyakit lupus, kamu juga dituntut untuk mengontrol kadar gula darah, dan minyak zaitun dapat membantu kamu melakukannya.