Obat Penyakit Lupus Tradisional

      Comments Off on Obat Penyakit Lupus Tradisional

Obat Penyakit Lupus Tradisional

Penyakit lupus adalah peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang organ atau jaringan tubuh. Peradangan obat lupus yang disebabkan oleh penyakit ini berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh antara lain yaitu sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru. Jenis penyakit  lupus ada tiga macam yaitu:

  1. System Lupus Erythematosus Cutaneus Lupus, seringkali disebut discoid yang memengaruhi kulit.
  2. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf.
  3. Drug Induced Lupus(DIL)

Penyebab penyakit ini belum bisa ditemukan, namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang menderita penyakit lupus diantaranya faktor genetik ( keturunan ) dan faktor lingkungan ( obat-obatan, makanan dan sinar matahari ).

Gejela penyakit lupus yang terjadi dapat datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, dapat ringan atau parah, dan dapat bersifat sementara atau permanen. Banyak dari mereka penderita penyakit lupus memiliki karakteristik episodik dengan tanda dan gejala yang memburuk untuk sementara waktu kemudian membaik atau bahkan hilang untuk satu waktu.

Tanda dan gejala penyakit lupus yang anda alami didasarkan pada sistem tubuh bagian mana yang terkena efek penyakit ini. Tapi secara umum, tanda dan gejala penyakit lupus antara lain:

– Lelah

– Demam

– Rambut rontok

– Radang pada mulut

– Napas pendek

– Nyeri pada dada

– Mata kering

– Memar

– Gelisah

– Depresi

– Hilang ingatan

– Hilang berat badan atau berat badan meningkat

– Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung

– Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari

– Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress (Raynaud’s phenomenon)

Untuk mengobati penyakit ini dengan cara tradisional anda dapat menggunakan bahan dibawah ini:

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Kamu juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

  1. Minyak Kelapa

Obat tradisional penyakit lupus berikutnya adalah dengan mengonsumsi minyak kelapa. Salah satu minyak esensial ini ternyata mengandung asam lemak medium-chain (rantai menengah) yang diteliti dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi respon kekebalan tubuh negatif.

Lebih dari itu, minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan pencernaan serta mengendalikan gula darah.

  1. Omega-3 Asam Lemak

Menurut sebuah penelitian kecil, kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) pada omega-3 asam lemak dapat menjadi obat tradisional penyakit lupus, disebabkan oleh efek anti-inflamasi.

Studi lainnya yang diterbitkan oleh Annals of the Rheumatic Disseases pada tahun 2008 menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengonsumsi 3 gram suplemen minyak ikan omega-3 (mengandung 1.200 mg DHA dan EPA) setiap hari selama enam bulan menunjukkan perbaikan gejala lupus dibandingkan mereka kelompok plasebo.