Category Archives: Obat Lupus

Obat Penyakit Lupus Herbal

Obat Penyakit Lupus Herbal

Penyakit Lupus atau  Systemic Lupus Erythematosus (SLE), yaitu penyakit yang  menyerang seluruh tubuh atau sistem internal manusia. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh, penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS.

Pada Lupus, tubuh menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri. Dengan demikian, Lupus disebut sebagai autoimmune disease (penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan).

Secara garis besar penyakit lupus dibagi menjadi dua golongan yaitu lupus eritematosus discoid, dan lupus eritematosus sitemik. Penyakit ini termasuk pada penyakit imun atau reaksi yang menyerang jaringan ikat kulit. Beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit ini adalah trauma fisik, faktor lingkungan yang buruk, inveksi virus, faktor hormon, strees dan genetic.

  • Terjadinya kelainan pada kulit dan selaput lendir, organ dalam, otot, dan sendi. Penyakit ini juga bisa ditandai dengan gejala konstitusi seperti demam, berat badan menurun, lelah, dan kehilangan semangat beraktivitas.
  • Muncul bercak merah yang simetris pada wajah, berbatas jelas, kulit menipis dan kasar dan meninggalkan bekas cacat pada kulit.
  • Lupus juga bisa menyerang kulit kepala sehingga bisa menimbulkan kebotakan karena rusaknya akar rambut.
  • Gejala lain bisa Nampak pada hidung, yaitu jaringan parut akan menyebabkan hidung tertarik sehingga bentuk hidung akan meyerupai paruh burung kaka tua. Kelainan lain dapat ditemui pada perubahan bentuk mulut dan telinga.

Karena lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang dapat menyebabkan berbagai gejala di daerah yang berbeda dari tubuh. Meskipun tidak ada obat untuk penyakit ini, gejala lupus dapat dikelola dengan menggunakan sejumlah pilihan pengobatan yang berbeda.

Rencana perawatan Anda akan tergantung pada keparahan kondisi Anda dan apakah Anda baru saja telah mengalami flare (kali ketika gejala yang hadir). Tujuan pengobatan adalah untuk mencegah flare, mengobati flare ketika mereka terjadi, dan membatasi kerusakan organ dan komplikasi potensial lainnya.

Saat ini pengobatan alternatif dapat menguntungkan orang-orang dengan lupus. Namun, terapi ini biasanya digunakan dengan obat lupus konvensional. Pengobatan alternatif ini dapat membantu Anda menghilangkan penyakit kulit lupus secara tuntas dan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek negatif pada kulit anda.

  • Teh Hijau,- Tumbuhan yang dapat mengatasi lupus karena mengandung polyphenol yang dapat menghilangkan bercak merah pada penderita lupus
  • Suplemen Hijau,- Pastikan itu termasuk chlorella atau spirulina. Ini bekerja sebagai alkali pada tubuh dan memberikan nutrisi penyembuhan.
  • Daun Cocor Bebek,- Selain untuk tanaman hiasa, daun ini juga dapat di manfaastkan sebagai obat penderita penyakit kulit lupus.
  • Sayuran mentah,- Akan mempromosikan sebuah badan alkali, mengurangi peradangan, dan meningkatkan pencernaan. Kemudian bahan-bahan dapur seperti Bawang putih, bawang, asparagus – Sertakan makanan ini sulfur tinggi untuk membantu memperbaiki kerusakan pada sendi.
  • Kunyit,- Alasan mendasar mengapa kunyit bisa membantu dalam Lupus adalah bahwa Lupus adalah penyakit inflamasi dan Kurkumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit memiliki anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antibakteri.

Manfaat kunyit sebagai agen anti-inflamasi telah dipelajari secara ekstensif. Rempah-rempah telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat dan penelitian yang luas dilakukan dalam beberapa kali telah menemukan bahwa kurkumin – diferuloylmethane – adalah agen anti-inflamasi dalam kunyit.