Category Archives: Obat Lupus

Tanaman Obat Untuk Lupus

Tanaman Obat Untuk Lupus

Penyakit Lupus merupakan penyakit yang terbilang cukup berat dan berbahaya, kenapa ?? Karena secara definisi, penyakit lupus adalah suatu penyakit imflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

Penyakit Lupus ini bukan lah tipe penyakit yang menular, akan tetapi akan sangat berbahaya jika di biarkan begitu saja, dan yang lebih parah nya lagi dapat berpotensi kematian karena belum ada obat lupus dan kerusakan jaringan dan sel dalam tubuh yang disebabkan serangan dari kekebalan tubuh semakin parah.

Gejala yang diberikan penderita penyakit lupus sangat sulit dibedakan dengan gejala-gejala umum pada penyakit biasa karena gejala yang dimiliki pasien satu dengan yang lainnya berbeda-beda, ada yang gejala nya ringan seperti kelelahan, demam, mata kering, gelisah dan depresi.

Ada juga gejala yang berat, seperti radang pada mulut, dada terasa sakit, napas yang begitu pendek, bercak merah, berbatas jelas,kulit menipis, kasar dan meninggalkan bekas cacat dan bahkan bisa saja hilang ingatan.

Menurut surpei, pada ahli yang menangani penyakit lupus bilang bahwa penyakit lupus lebih sering menyerang wanita pada usia di atas 15-20 tahun, akan tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit lupus dapat menyerang anak anak dan pria.

Dan bahkan penyakit lupus ini telah mendapat perhatian khusus dari organisasi kesehatan dunia WHO karena di Indonesia sendiri dari tahun ke tahun penderita penyakit lupus semakin meningkat, di perkirakan pada tahun 2013 lebih dari 13.000 jiwa terkena penyakit lupus.

Nah, berkaitan dengan proses pengobatan penyakit lupus, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami antara lain green tea, kunyit, daun belimbing wuluh, daun cocor bebek. Berikut penjelasannya:

  1. Green Tea

Obat Lupus alami ini mengandung polyphenol yang akan sangat berguna untuk mengatasi ruam-ruam kemerahan yang timbul akibat lupus. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa green tea merupakan salah satu obat lupus herbal yang dapat digunakan sebagai anti inflammatory (penghilang ruam-ruam kemerahan) pada kulit.

Obat Anti Malaria Untuk Lupus

Obat Anti Malaria Untuk Lupus

Penyakit lupus atau biasa disebut juga dengan penyakit autoimun merupakan penyakit yang disebabkan karena kelebihan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang berlebihan tersebut menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Biasanya bagian tubuh yang diserang adalah kulit, sendi, sel darah, paru-paru, dan jantung.

Seperti Anda ketahui, sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.  Namun pada penderita penyakit obat lupus, sistem kekebalan tubuh justru menyerang sistem organ yang ada di dalam tubuh. Karena ketidakseimbangan imunitas yang terjadi di dalam tubuh, maka penyakit lupus termasuk  penyakit yang tidak menular namun berpotensi mematikan.

Gejala penyakit lupus yang utama umumnya berupa ruam kulit di area pipi kanan dan kiri serta di batang hidung. Gejala ini biasa disebut butterfly rash. Gejala lainnya adalah rasa lelah yang ekstrem bahkan setelah cukup beristirahat.

Gejala utama yang sering ditemukan adalah rasa nyeri yang muncul pada persendian tangan dan kaki. Bahkan rasa nyeri ini bisa berpindah dengan cepat dari sendi satu ke sendi lain.

Selain gejala utama di atas, penderita penyakit lupus mungkin saja mengalami sariawan yang terus muncul, demam hingga di atas 38⁰C, tekanan darah tinggi, sakit kepala, rambut rontok, sakit dada, napas pendek, mata kering, pembengkakan pada pergelangan kaki, hingga hilang ingatan.

Lewat artikel ini, kami selain memberikan informais mengenai lupus, juga memberikan informasi mengenai penyebab penyakit lupus.

Namun tahukah Anda bahwa penyakit ini ternyata bisa diobati dengan obat anti malaria? Seperti yang dilansir oleh londonlupuscentre.co.uk, sampai hari ini, alasan mengapa obat anti malaria berpengaruh pada lupus masih belum diketahui. Tiga obat yang paling banyak digunakan adalah klorokuin fosfat (Nivaquine), Mepacrine (Quinacrine Atabrin) dan hydroxychloroquine (Plaquenil).

Obat ini sangat berguna untuk pasien penyakit kulit dan sendi, terutama pasien dengan lupus diskoid. Pada beberapa pasien, manfaatnya tampaknya dapat melebihi perkiraan. Obat anti malaria dapat memberikan pengobatan pada lupus ringan dan juga cukup berguna untuk pasien lupus cukup aktif untuk menghindari penggunaan steroid.

Pengobatan Lupus Eritematosus Sistemik

Pengobatan Lupus Eritematosus Sistemik

Lupus eritematosus sistemik tak diragukan lagi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga penting bagi semua orang untuk mengetahui cara-cara efektif penanganan lupus eritematosus sistemik.

Penyakit lupus eritematosus sistemik sendiri adalah penyakit dimana sistem imun yang biasanya melawan berbagai jenis infeksi berbahaya serta bakteria justru menyerang sel serta jaringan dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena sistem imun menganggap bagian tubuh yang diserangnya sebagai benda berbahaya yang berasal dari luar tubuh.

Berikut adalahberbagai cara penanganan penyakit lupus eritematosus sistemik yang bisa Anda coba jika Anda atau orang terdekat Anda didiagnosa mengidap penyakit lupus eritematosus sistemik. Jika Anda atau salah satu orang terdekat Anda didiagnosa mengidap penyakit lupus eritematosus sistemik, cara penanganan lupus eritematosus sistemik pertama yang bisa Anda coba yaitu lewat jalan obat lupus.

Sebagai contoh, Anda bisa mencoba menggunakan obat anti peradangan, antimalaria, dan lain sebagainya namun jika penyakit lupus eritematosus sistemik yang Anda idap masih dalam taraf paling ringan, Anda tidak perlu melakukan pengobatan untuk penyakit tersebut.

Obat anti peradangan serta anti malaria sendiri, tentu saja bukan satu-satunya produk yang bisa Anda coba gunakan dalam penanganan lupus eritematosus sistemik.

Untuk menangani lupus eritematosus sistemik, selain menggunakan obat anti peradangan dan anti malaria, Anda juga bisa menggunakan obat antirematik yang bersifat disease-modifying atau dapat memodifikasi dan mengurangi efek yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Dengan menggunakan obat tersebut, Anda dapat melakukan penanganan lupus eritematosus sistemik dengan cara mencegah akibat yang parah karena penyakit tersebut serta mengurangi kebutuhan penggunaan steroid dalam penanganan penyakit tersebut.

Obat lain yang bisa Anda gunakan dalam penanganan lupuseritematosus sistemik yaitu obat immunosuppressive yang dalam istilah medis disebut immunosuppresant.

Dengan menggunakan immunosuppressant, Anda dapat memodulasi sistem imun Anda mengingat fungsi utama dari immunosuppresant adalahmemodulasi sistem imun. Cara penanganan lupus eritematosus sistemik dengan menggunakan immunosuppresant dimaksudkan untuk mengontrol penyakit tersebut serta mencegah munculnya gejala-gejala penyakit lupus eritematosus sistemik.

Obat Sistemik Lupus Eritematosus

Obat Sistemik Lupus Eritematosus

Systemic Lupus Eritromatosus (SLE) alias Lupus Erimatosus artinya kemerahan, sedangkan sistemik bermakna menyebar luas ke berbagai organ tubuh. Penyakit obat lupus ini merupakan penyakit sistem imunitas.

Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya untuk menyerang kuman atau benda asing untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, menganggap sel sehat dan jaringan dalam tubuh adalah benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa menyerang berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, dan sel-sel darah. Sehingga Lupus merupakan penyakit autoimun sistemik.

Lupus atau lengkapnya Systemic Lupus Erythematosus (SLE) disebut juga penyakit seribu wajah karena gejalanya bisa sangat bervariasi tergantung bagian mana yang diserang. Sehingga tak jarang para dokter salah mendiagnosis Lupus sebagai penyakit lain.

Penderita Lupus mempunyai antibodi yang berlebihan yang bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu:

  1. Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.
  2. Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembetukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun. Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan.

Penyakit ini dapat menyerang seluruh lapisan masyarakat, 1-5 orang dari 100.000 penduduk, bersifat genetik atau dapat diturunkan. Wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun.

Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Dan tentu saja, keluarga Odapus. Timbulnya penyakit ini karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres.

Penyakit ini justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu dianggap diduga penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen.

Lupus bukan disebabkan oleh virus atau bakteri, bukan pula penyakit menular atau menurun. Namun keterlibatan genetika hormon dan lingkungan diduga sebagai penyebab kuatnya. Jika lupus adalah penyakit keturunan seharusnya pasangan kembar identik bisa menderita lupus semuanya jika orangtuanya adalah odapus.

Namun dalam sebuah penelitian yang melibatkan 100 pasangan kembar, hanya 30 yang dua-duanya kena lupus.

Ramuan Obat Lupus

Ramuan Obat Lupus

Lupus merupakan salah satu jenis penyakit inflamasi kronis yang muncul karena sistem kekebalan tubuh keliru dan justru melakukan penyerangan terhadap tubuh serta organ tubuh penderitanya. Inflamasi yang ditimbulkan oleh penyakit lupus dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paru-paru, dan juga jantung. Penyakit lupus juga sering disebut dengan lupus eritematosus sistemik.

Penyakit autoimun adalah kondisi yang sering digunakan untuk menggambarkan penderita penyakit lupus. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit justru melakukan penyerangan terhadap tubuh penderita lupus. Pada umunya, penyakit lupus disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga genetik.

Gejala-gejala penyakit lupus hampir menyerupai gejala penyakit lain sehingga penyakit lupus seringkali sulit untuk dideteksi. Berdasarkan penelitian, penyakit lupus tidak bisa benar-benar disembuhkan, namun beberapa jenis obat lupus bisa diberikan kepada penderita penyakit ini dengan tujuan untuk mengendalikan laju penyakit tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit lupus adalah jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Penderita penyakit lupus yang melakukan pengobatan biasanya hanya berguna untuk memperlambat laju penyakit tersebut, mencegah gejala, dan juga mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit lainnya.

Dibawah ini adalah beberapa ramuan obat lupus yang dapat anda buat dirumah:

  1. Daun Cocor Bebek

Anda juga pasti sudah mengetahui bahwa tanaman cocor bebek ini banyak digunakan sebagai tanaman hias. Namun, dibalik kemudahannya untuk dikembangbiakkan, tanaman cocor bebek ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati penyakit lupus.

Adapun cara menggunakannya adalah:

– Ambil beberapa lembar daun cocor bebek lalu cuci hingga bersih.

– Rebus daun cocor bebek tersebut hingga mendidih dan daunnya melunak.

– Ambil air rebusan daun cocor bebek dan dinginkan.

– Setelah dingin, minumlah air rebusan daun cocor bebek tersebut.

  1. Daun dan Buah Belimbing Wuluh

Sama dengan buah belimbing wuluh, daun belimbing wuluh juga memiliki rasa yang asam. Tanaman ini akan mudah dijumpai di pekarangan rumah, dimana buahnya sering dijadikan tambahan untuk membuat sayur asem.

Tanaman Herbal Obat Lupus

Tanaman Herbal Obat Lupus

Penyakit lupus adalah salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini setara dengan penyakit kanker, banyak yang meninggal dunia karena mengidap penyakit ini. Penyakit lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebhan sehingga mengganggu kesehatan tubuh dan belum ada obat lupus.

Pada penderita penyakit ini awalnya seperti memiliki kelainan kulit berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Terdapat bercak-bercak merah di sekitar wajah dan lengan, mengalami kerontokan rambut sering mengalami bengkak pada persendian dan sariawan serta merasakan panas dan rasa lelah yang berkepanjangan.

Penyakit ini bukan hanya emnyerang pada kulit, akan tetapi juga bisa menyerang hampir ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia. Ada empat jenis lupus -systemic lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus. Diantaranya, systemic lupus erythematosus adalah yang paling umum dan paling serius.

Tanda dan gejala penyakit lupus

– Kehilangan berat badan atau peningkatan berat badan

– Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi hidung dan pipi

– Luka pada kulit yang timbul lebih parah ketika terkena sinar matahari

– Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress (Raynaud’s phenomenon)

– Radang pada mulut

– Napas pendek

– Nyeri pada dada

– Mata kering

– Mudah memar

– Hilang ingatan

Dua kasus lupus yang terjadi tidak sepenuhnya serupa. Tanda dan gejala yang terjadi dapat datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, dapat terjadi secara ringan atau parah dan dapat bersifat sementara atau permanen.

Banyak dari mereka yang menderita penyakit lupus memiliki karakteristik episodik dengan tanda dan gejala yang memburuk untuk sementara waktu kemudian membaik atau bahkan hilang dalam satu waktu.

Saat ini pengobatan alternatif dapat menguntungkan orang-orang dengan lupus. Namun, terapi ini biasanya digunakan dengan obat konvensional. Pengobatan alternatif ini dapat membantu Anda menghilangkan penyakit kulit lupus secara tuntas dan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek negatif pada kulit anda.

Tanaman Obat Lupus

Tanaman Obat Lupus

Penyakit Lupus adalah salah satu penyakit yang mematikan yang disetarakan dengan penyakit kanker. Tidak sedikit kasusu yang terjadi pada penderita penyakit obat lupus ini jiwanya tidak tertolong. Penyakit Lupus sendiri berasal dari bahasa Latin yang bermakna ” Anjing Hutan”, dan mulai dikenal kurang lebih satu abad yang lalu.

Pada awalnya penderita penyakit lupus mengira dirinya mengalami kelainan atau alergi kulit, kemerahan di sekitar hidung dan pipi, bercak-berccak merah di bagian muka dan lengan, rasa capek yang berkelanjutan, rambut rontok, terjadi pembengkakan pada persendian serta sariawan.

Penyakit lupus tidak hanya menyerang kulit saja, aka tetapi bisa menyerang seluruh bagian organ tubuh. Penyakit ini menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia yang berlebih.

Gejala Penyakit Lupus

– Kulit mudah gosong akibat sinar matahari, dan disertai dengan timbulnya gangguan pencernaan

– Merasa lelah yang berlebihan, demam, dan pegal-pegal

– Muncul ruam merah yang memberntang di kedua pipi yang bentuknya mirip dengan kupu-kupu (Butterfly Rash), namun ruam merah seperti cakram bisa muncul di seluruh tubuh, menonjol, dan kadang bersisik.

– Anemia, karena sel darah merah dihancurkan oleh lupus

– Rambut rontok

Penyebab Penyakit Lupus.

Sampai saat ini penyebab atau pemicu timbulnya penyakit lupus belum diketahui secara pasti, akan tetapi para ahli bidang Dermatologi menyatakan bahwa hormon Estrogen (hormon pada wanita) memiliki kaitannya dengan penyakit lupus.

Hal ini diperkuat dengan terjadinya beberapa kasus yang terjadi, faktanya 9 dari 10 orang yang memiliki keluhan penyakit lupus adalah wanita. Lupus juga bisa dipicu oleh beberapa hal berikut ini:

– Konsumsi obat-obatan tertentu

– Paparan sinar matahari

– Lingkungan

– Infeksi

– Stress

Untuk mengobati penyakit ini anda dapet menggunakan tanaman yang sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit ini:

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Tumbuhan Obat Lupus

Tumbuhan Obat Lupus

Tumbuhan Obat Lupus. Salah satu penyakit peradangan kronis yang sangat berbahaya bahkan mematikan adalah lupus, yang disebabkan karena sistem imun menyerang jaringan tubuh serta organ tubuh sendiri. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit obat lupus ini sering sekali mirip dengan penyakit yang lainnya sehingga sulit untuk didiagnosis.

Tingkat kesulitan untuk mendiagnosis penyakit lupus ini jugalah yang menyebabkan penyakit ini dijuluki sebagai penyakit seribu wajah, sehingga seringkali penanganan yang diberikan pada penderita penyakit lupus kurang tepat.

Pun demikian, penyakit lupus ini juga lebih banyak menyerang para wanita pada masa usia produktif yakni antara usia 15 tahun hingga 50 tahun, namun alasan pasti mengenai penyebab penyakit lupus yang lebih banyak menyerang wanita ini juga belum diketahui.

Meski lebih banyak menyerang wanita, para anak-anak dan pria juga berpotensi untuk terkena penyakit lupus ini.

Penyakit lupus tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatan penyakit lupus yang tersedia adalah untuk mengurangi tingkat gejala, mencegah kerusakan organ dalam, serta meminimalkan dampaknya pada kehidupan penderita SLE. Berikut beberapa cara menyembuhkan penyakit lupus, antara lain:

  1. Daun Belimbing Waluh

Obat lupus alami ini terkadang dianggap sebagai tanaman pekarang saja, padahal tanaman teropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagiyan yang bisa digunakan, yaitu buwah, batang, daun, dan bunganya.

Keempat bagian tersebut banyak mengandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosida, hingga kalsium. Konon, rasanya yang masam mengandung vitamin C yang tinggi.

  1. Ketela Rambat

Obat Lupus alami ini banyak mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Ketela rambat bermanfaat untuk Kekebalan tubuh karena obat lupus herbal ini sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor.

Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat. Ketela ramabat juga bermanfaat untuk Peradangan, karena obat lupus herbal ini mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.