Category Archives: Obat HIV

obat alami untuk hiv aids

Obat Alami Untuk HIV AIDS

Saat ini penyakit HIV AIDS sudah menjadi sebuah penyakit yang mengerikan dan menakutkan bagi semua orang di seluruh dunia. Bahkan, apalagi bagi orang yang telah terinfeksi oleh HIV, akan sangat berbahaya sekali.

Sebab, apabila tidak segera diobati penyakit ini bisa memicu terjadinya kematian. Namun meski begitu, hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa obat HIV AIDS saat ini telah ditemukan, jadi bagi kalian yang sudah terlanjur terinfeksi HIV tak perlu cemas dan khawatir. Karena, dalam artikel saya kali ini akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara penanganan & pengobatan yang tepat untuk masalah HIV.

Bagaimana Cara Penularan HIV?

Pada pengidap AIDS, HIV ini berada diseluruh cairan dalam tubuhnya, namun yang dapat menularkan cuma yang berada di sperma (air mani), cairan vagina, dan darah. Beberapa tindakan / aktivitas yang bisa menularkannya antara lain:

  • Sering gonta ganti pasangan seksual, atau melakukan hubungan intim dengan orang yang telah positif terinfeksi HIV.
  • Menerima transfusi darah yang tercemar HIV.
  • Menggunakan jarum suntik, yang sebelumnya pernah dipakai oleh orang yang terinfeksi HIV.
  • Ibu hamil yang terkena infeksi HIV akan menularkan virus tersebut ke bayi yang dikandung dalam perutnya.
  • Penularan HIV juga bisa terjadi pada ASI (air susu ibu).

Gejala Gejala Infeksi HIV

Virus yang menginfeksi manusia ini memiliki gejala yang berbeda beda terhadap manusia yang terjangkit. Sebagian merasakan seperti terkena flu biasa, menggigil, meriang, sakit pada tenggorokan bahkan sariawan. Virus ini dapat bertahan lama didalam tubuh menggerogoti kesehatan penderitanya sampai lemah. Berikut ini merupakan pertanda umum bahwa virus HIV berubah menjadi AIDS antara lain :

  • Sariawan yang ekstrim.
  • Merasa lelah dan lemas.
  • Sering buang air besar disertai diare.
  • Berat badan menurun secara drastis.
  • Sakit kepala ekstrim.
  • Sakit komplikasi lain menjadi lebih parah.
  • Pertumbuhan kuku melengkung & menebal serta mengalami perubahan warna.
  • Bingung dan susah berkonsentrasi.
  • Herpes dimulut & alat kelamin, tanda ini ialah infeksi pada stadium akhir.
  • Siklus haid yang tidak teratur, telat datang haid (menstruasi), hal ini dikarenakan karena jumlah darah yang makin berkurang.

Inilah Obat Alami Untuk HIV

  1. Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu jenis kayu khusus yang memberikan aroma khas dan rasa yang sangat tajam. Pemakaian kayu manis biasanya banyak digunakan untuk aroma minuman hangat maupun masakan. Kayu manis sudah sejak lama digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Manfaat kayu manis untuk penderita HIV adalah untuk mengatasi sakit flu, demam, mual dan diare. Selain itu kayu manis juga bisa meningkatkan nafsu makan dan melancarkan saluran pencernaan. Pemakaian kayu manis bisa digunakan untuk campuran makanan dan minuman.

  1. Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu jenis bumbu masak yang memberikan aroma dan rasa yang sangat khas. Ketumbar banyak digunakan sebagai bumbu masakan karena bisa membuat aroma dan rasa makanan menjadi lebih lezat. Ketumbar bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sekaligus mengatur pertumbuhan bakteri dan jamur dalam tubuh. Bagi penderita HIV bisa menggunakan ketumbar sebagai salah satu terapi yang mudah dan menyehatkan.

obat alami sembuhkan hiv aids

Obat Alami Sembuhkan HIV AIDS

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. AIDS sebenarnya penyakit yang berasal dari Negara Afrika dan hanya terdapat pada kera, dan tanpa disadari virus HIV tersebut menular ke manusia dan dari situlah virus HIV menyebar ke berbagai negara.

Sampai sekarang ini masih banyak kasus HIV/AIDS di berbagai negara dan belum ada obat hiv, mungkin karena kurangnya pengetahuan penduduknya atau karena penduduknya yang menganggap penyakit HIV/AIDS hanya penyakit biasa saja.

Di Indonesia masih banyak kasus HIV/AIDS, dan pada tahun 2014 negara Indonesia  mendapat rapor merah dari The Joint United Nation Program On HIV/AIDS (UNAIDS). Indonesia mendapat rapor merah karena dianggap kurang memperhatikan pasien-pasien penderita penyakit HIV/AIDS dan kematian penderita penyakit HIV/AIDS di Indonesia masih tinggi. Sampai saat ini Indonesia juga merupakan negara dengan kasus HIV/AIDS yang tinggi karena tiap tahunnya kasus HIV/AIDS di Indonesia selalu meningkat.

Penyebab Penyakit HIV AIDS

HIV adalah jenis virus yang rapuh. Tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. HIV bisa ditemukan di dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Cairan yang dimaksud adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. HIV tidak bisa menyebar melalui keringat atau urine.

Di Indonesia faktor penyebab dan penyebaran virus HIV/AIDS terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu melalui hubungan seks yang tidak aman dan bergantian jarum suntik saat menggunakan narkotika.

Berikut ini adalah beberapa cara penyebaran HIV lainnya:

  • Penularan dari ibu kepada bayi pada masa kehamilan, ketika melahirkan atau menyusui.
  • Melalui seks oral.
  • Pemakaian alat bantu seks secara bersama-sama atau bergantian.
  • Melalui transfusi darah dari orang yang terinfeksi.
  • Memakai jarum, suntikan, dan perlengkapan menyuntik lain yang sudah terkontaminasi, misalnya spon dan kain pembersihnya.

Inilah Obat Alami Yang Bisa Sembuhkan HIV

  1. Jambu biji

Penyakit diare bisa disembuhkan dengan jambu biji. Namun ada manfaat dari jambu biji, yaitu untuk obat hiv paling ampuh dan mujarab. Cara menggunakan jambu biji untuk menyembuhkan hiv adalah di buat minuman yang segar dan bisa saja di makan langsung. Pilihlah cara yang menurut kalian sangat gampang untuk di lakukan.

Dan cara ini tidak menimbulkan efek atau resiko untuk mengkonsumsinya. Di pasar atau di supermarket dapat menemukan jambu biji. Dari anak anak hingga dewasa dapat meminumnya ramuan dengan tiap hari. Ada pengobatan lain untuk penanganan hiv aids yang menggunakan dokter yang ahlinya.

obat hiv di rumah sakit

Obat HIV Di Rumah Sakit

AIDS disebabkan oleh HIV, human immunodeficiency virus, yang merusak sistem kekebalan tubuh. Kombinasi obat-obatan yang kuat merupakan tren untuk obat HIV saat ini. Terapi obat ini disebut antiretroviral therapy (ART).

Sebelum pengobatan HIV, dianjurkan untuk menjalankan banyak tes HIV untuk memastikan terdapatnya antibodi dalam darah yang melawan HIV. Sayangnya, antibodi tersebut tidak melindungi dari HIV. Sistem kekebalan tubuh memproduksinya sebagai tanggapan terhadap infeksi, yang akan menunjukkan adanya HIV.

Kemudian, suatu tes yang disebut viral load dijalankan untuk menentukan seberapa baik pengobatan bekerja. Viral load Anda dapat dites setiap tiga sampai enam bulan sebelum memulai obat HIV yang baru, dan dua sampai delapan minggu setelah memulai terapi yang baru.

Orang yang memiliki HIV juga harus dites untuk depresi dan penyalahgunaan zat. Komplikasi ini sering kali didapati bersamaan dengan diagnosis HIV. Komplikasi ini juga dapat mengganggu kedisiplinan ART yang semestinya.

Anda juga harus menjalankan diet seimbang yang memberikan semua nutrisi penting untuk kesehatan yang baik. Olahraga sehari-hari jugalah penting. Hal ini tidak hanya membantu memerangi HIV tetapi juga baik untuk keseluruhan kesehatan fisik dan mental Anda. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menghindari alkohol, tembakau, dan narkoba.

Obat-obatan untuk terapi pengobatan HIV

Ada beberapa obat-obatan yang digunakan untuk terapi pengobatan HIV yang membantu memperlambat perkembangan penyakit tersebut, antara lain:

  • Nucleoside reverse transcriptase inhibitors (NRTIs) seperti zidovudine (Retrovir), abacavir (Ziagen), dan emtricitabine (Emtriva), yang memblokir salah satu enzim yang diperlukan HIV untuk mereplikasi diri di dalam sel.
  • Non-nucleoside reverse transcriptase inhibitors (NNRTIs) seperti efavirenz (Sustiva), etravirine (Intelence), dan nevirapine (Viramune), yang menargetkan ensim yang sama seperti NRTIs, tetapi dengan struktur kimia yang berbeda.
  • Protease inhibitors (PIs) seperti atazanavir (Reyataz), ritonavir (Norvir), dan tipranavir (Aptivus), yang menghentikan produksi satu komponen dari HIV.
  • Entry inhibitors, yang menghalangi masuknya HIV ke dalam sel CD4. Jenis obat ini meliputi 2 divisi kecil: yang pertama adalah antagonis CCR5 (juga disebut entry inhibitors), seperti maraviroc (Selzentry) yang memblokir CCR5, suatu protein reseptor pada permukaan sel CD4 (sel sistem kekebalan tubuh) yang diikat virus supaya dapat masuk ke dalam sel. Yang kedua adalah fusion inhibitors, seperti enfuvirtide (Fuzeon) yang juga memblokir kemampuan HIV untuk memasuki sel CD4.
  • Integrase inhibitors seperti dolutegravir (Tivicay), elvitegravir (Vitekta), dan raltegravir (Isentress), yang memblokir HIV dari memasukkan DNA virusnya ke dalam sel inang.
  • Ramuan Obat HIV AIDS

    Ramuan Obat HIV AIDS

    HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan suatu virus yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh. Ketika tubuh sudah terserang virus hiv ini maka tubuh akan udah diserang berbagai penyakit walaupun penyakit ringan sekalipun, bahkan tidak jarang penderita hiv aids ini bisa terkena komplikasi berat lainnya seperti TBC, Gagal Ginjal, dll. Jika sudah terkena virus ini segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan obat hiv atau Antiretroviral / ARV, obat hiv aids ini mampu menahan serangan virus.

    Penyebab Penularan Virus Hiv Aids Paling Umum

    Banyak juga yang belum mengerti dan mengetahui secara pasti apa saja faktor yang bisa dirinya tertular penyakit hiv aids ini, inilah cara penularan dari penyakit hiv aids:

    • Sering berganti ganti pasangan hubungan intim
    • Penyalahgunaan narkoba yang menggunakan jarum suntik secara bersama sama.
    • Mendapatkan donor darah atau transfusi darah dari seorang penderita hiv.
    • Air susu ibu yang telah terinfeksi virus hiv
    • Hubungan Intim tanpa pengaman.

    Inilah Ramuan Obat HIV

    1. Sambiloto

    Sambiloto merupakan jenis tumbuhan liar yang mengandung manfaat yang besar dalam mengobati berbagai tipe penyakit. Tumbuhan ini biasanya seringkali dijumpai di pinggiran sungai, kebun dan juga ditanah kosong yang lembab atau di halaman rumah.

    Tanaman sambiloto ini mengandung andrographolice & panicolin, yang mana kedua kandungan tersebut memang super, yakni berguna dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. dikarenakan kandungannya yang berkhasiat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, maka tanaman sambiloto ini dipercayai berkemampuan dalam melawan virus HIV-AIDS. Di negara Amerika Serikat, sambiloto ini sudah dipatenkan sebagai obat penyakit hiv alami.

    Cara membuat ramuan sambiloto untuk obat HIV AIDS:

    • Siapkan daun sambiloto kering sebanyak 10 gram.
    • Siapkan air sebanyak 4 gelas.
    • Kemudian rebus daun sambiloto kering yang telah disiapkan dengan 4 gelas air.
    • Tunggu sampai airnya tersisa dua gelas.
    • Setelah itu tuangkan dalam gelas, dan tunggu airnya agak dingin (hangat).
    • Air rebusan sambiloto siap diminum.
    1. Minyak Kelapa

    MInyak kelapa atau minyak dari pohon jenis palm lainya merupakan jenis minyak alami yang mengandung Asam lemak golongan rantai sedang dan rantai pendek yang mempunyai kadar paling tinggi diantara minyak goreng lainya.

    Sifat inilah yang menjadi pembeda antara minyak kelapa dengan minyak sawit dan minyak goreng jenis yang lain. Minyak sayur tidak memiliki kandungan asam lemak rantai sedang, sedangkan minyak palm lainya mengandung sedikit asam lemak rantai sedang.

    Prof Dayrit melakukan studi banding dengan memakai 14 pasien HIV yang berusia antara 22 – 38 tahun. 14 pasien ini dibagi menjadi 3 kelompok dan semua pasien belum pernah diberi obat anti-HIV.

    obat rahasia hiv

    Obat Rahasia HIV

    AIDS menjadi penyakit yang menambah daftar jumlah penyakit paling mematikan yang belum memiliki obat HIV. Karena itulah semua orang di dunia ini sangat takut terhadap penyakit AIDS. AIDS merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus, sebuah virus yang sering disingkat dengan nama HIV.

    HIV atau Human Immunodeficiency Virus sebenarnya bukan jenis virus penyakit menular yang mudah menyebar. Penyakit ini akan menular melalui pertukaran darah dan cairan tubuh lain. Kontak secara langsung tanpa melibatkan cairan tertentu sama sekali tidak berbahaya.

    • Beberapa perantara yang menyebabkan penularan AIDS adalah seperti:
    • pemakaian jarum suntik bersama dengan penderita AIDS
    • hubungan seksual bebas tanpa pelindung
    • transfusi darah yang mengandung HIV serta wanita hamil kepada janin

    Inilah Obat Rahasia HIV Yang Baru ditemukan

    1. Rumput laut

    Sebuah penelitian yang dimuat di Wall Street Journal awal tahun 2002 mengungkap bahwa rumput laut bermanfaat untuk mencegah penularan infeksi menular seksual termasuk HIV. Kandungan berkhasiatnya adalah semacam jeli yang dinamakan carraguard, yang dihasilkan oleh jenis rumput laut merah.

    Ketika itu uji  preklinis pada binatang menunjukkan hasil positif, namun tidak banyak diketahui bagaimana hasilnya ketika jeli tersebut diberikan dalam uji klinis terhadap pada 6 ribu partisipan wanita.

    1. Biji anggur

    Biji anggur dapat digunakan untuk pengobatan penyakit yang dapat disembuhkan dengan biji anggur. Obat hiv paling ampuh dapat menggunakan biji anggur ini. yang caranya cukup mudah yang tidak membuang buang waktu. Jika kalian ingin memakai biji anggur ini bisa membeli buah anggur yang di dalamnya terdapat bijinya.

    Karena ada anggur yang di dalamnya itu tidak ada bijinya. Dan bila ada jangan dibuang yang bisa kalian pergunakan untuk membuat ramuan untuk penyakit hiv. Biasanya buah anggur yang didalamnya ada bijinya, anggur yang berwarna merah.

    1. Brotowali

    Tanaman yang dipakai untuk obat hiv paling ampuh adalah dengan brotowali. Membeli brotowali ini hanya bisa dibeli pada pedagang tanaman hias. Dan dari situ kalian biasa memeliharanya yang bila sewaktu waktu ingin menggunakannya dapat langsung memetiknya.

    1. Buah merah

    Buah merah adalah jenis bahan yang hanya terdapat di papua. Ciri ciri dari buah merah adalah seperti cabe yang pastinya memiliki warna merah. Jarang sekali orang yang menggunakan buah merah ini untuk mengobati penyakit apa saja. Namun ada kelebihan dari bahan ini yaitu untuk obat hiv paling ampuh. penggunaan untuk membuat ramuan ini buat menyembuhkan penyakit hiv aids adalah dengan dijadikan minuman.

    obat ramuan hiv

    Obat Ramuan HIV

    AIDS merupakan penyakit yang paling ditakuti saat ini. HIV, virus yang menyebabkan penyakit ini, merusak sistem pertahanan tubuh (sistem imun) . Orang-orang yang menderita penyakit ini pertahanan tubuhnya sangat lemah sehingga rentan  terkena serangan penyakit. Seseorang yang positif mengidap HIV belum tentu mengidap AIDS.

    Banyak kasus dimana seseorang positif mengidap HIV, tetapi tidak menjadi sakit dalam waktu yang lama. Namun HIV yang ada pada tubuh seseorang akan terus merusak sistem imun. Akibatnya, virus, jamur dan bakteri yang biasanya tidak berbahaya menjadi sangat berbahaya karena rusaknya sistem imun tubuh.

    Karena ganasnya penyakit ini, maka  berbagai usaha dilakukan untuk mengembangkan obat HIV yang dapat mengatasinya. Pengobatan yang  berkembang saat ini, targetnya adalah enzim-enzim yang dihasilkan oleh HIV dan diperlukan oleh virus tersebut untuk berkembang. Enzim-enzim ini dihambat dengan menggunakan inhibitor yang nantinya akan menghambat kerja enzim-enzim tersebut untuk berkembang.

    Gejala Penyakit Hiv Aids

    • Berat badan menurun secara drastis
    • Diare yang tidak kunjung sembuh
    • Demam dan flu serta beberapa gejalanya yang tidak kunjung sembuh
    • Cepat merasa lelah, karena virus telah menyerang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh si penderita, biasanya penderita akan merasa sangat capek meskipun hanya melakukan aktivitas fisik yang ringan.

    Cara Penularan Penyakit Hiv Aids

    • Melalui cairan darah, transfusi darah/darah sudah tercemar virus HIV
    • Pemakaian jarum suntik yang bergantian tanpa disterilkan terlebih dahulu, misalnya penggunaan jarum suntik narkotika yang dipakai secara bersamaan.
    • Melalui cairan sperma dan cairan vagina, melalui hubungan seks penetratif tanpa menggunakan kondom, sehingga kemungkinan tercampurnya cairan vagina dan sperma, sperma dengan darah akan sangat mungkin terjadi.
    • Melalui air susu ibu, penularan terjadi ketika saat si ibu hamil ,positif HIV dan melahirkan melalui vagina kemudian menyusui bayinya. Kemungkinan penularan dari ibu kepada bayinya ini berkisar hingga 30%, itu berarti dari setiap 10 kehamilan dari ibu yang positif terkena HIV kemungkinan ada 3 bayi yang lahir dengan HIV positif.

    Inilah Ramuan Obat HIV Yang Wajib Kamu Coba

    1. Brotowali

    Tanaman yang dipakai untuk obat hiv paling ampuh adalah dengan brotowali. Membeli brotowali ini hanya bisa dibeli pada pedagang tanaman hias. Dan dari situ kalian biasa memeliharanya yang bila sewaktu waktu ingin menggunakannya dapat langsung memetiknya.

    1. Buah merah

    Buah merah adalah jenis bahan yang hanya terdapat di papua. Ciri ciri dari buah merah adalah seperti cabe yang pastinya memiliki warna merah. Jarang sekali orang yang menggunakan buah merah ini untuk mengobati penyakit apa saja. Namun ada kelebihan dari bahan ini yaitu untuk obat hiv paling ampuh. penggunaan untuk membuat ramuan ini buat menyembuhkan penyakit hiv aids adalah dengan dijadikan minuman.

    Dengan di direbus yang sudah dibersihkan kemudian, saring. Minumlah ramuan ini secara rutin atau tiap hari, agar penyakit yang dialami dapat sembuh. obat ini tidak ini membuat kalian untuk mengalami resiko atau efek samping. dan siapa pun bisa meminumnya. Jangka panjang pun masih dapat dikonsumsi. Buah merah ini ada yang menjual. Tetapi hanya sebagian saja yang menjualnya yang sudah dijadikan obat dalam bentuk sirup dan kapsul. Dan harganya relatif murah.

    ramalan obat hiv

    Ramalan Obat HIV

    Jakarta, Bertahun-tahun sejak HIV/AIDS menjadi pandemi global, belum ada obat yang benar-benar mampu menyembuhkannya. Berbagai penelitian obat HIV telah dilakukan dan diklaim sangat menjanjikan, namun belum satupun yang benar-benar membuahkan hasil.

    Pada akhir 2009, salah satu penelitian di Thailand sempat memberi harapan besar akan ditemukannya vaksin HIV. Keberhasilannya sempat menggemparkan dunia, meski belakangan konsistensi hasil penelitian tersebut diragukan dan akhirnya dinyatakan gagal.

    “Kegagalan ini menjadi peringatan bagi kita betapa sulitnya memerangi HIV,” kata Donald Francis, presiden direktur perusahaan VaxGen yang mengembangkan vaksin baru tersebut, seperti dikutip dari BBC, Kamis (16/12/2010).

    Sejak saat itu, belum ada lagi temuan yang benar-benar bisa diharapkan. Berbagai penelitian obat dan vaksin HIV dengan klaim yang bombastis terus bermunculan, meski hingga kini tidak banyak yang terdengar tentang kelanjutannya.

    Berita terbaru justru datang dari Jerman yang secara tak terduga menyembuhkan pasien HIV dengan melakukan cangkok stem cell. Awalnya dokter Jerman melakukan cangkok (transplantasi) stem cell (tunas sel induk) ke pasien untuk mengobati kanker darah (leukemia). Tapi secara tak terduga cangkok ke pasien yang juga mengidap HIV itu malah menyembuhkan penyakit HIV-nya.

    Beberapa penelitian tentang herbal dan obat yang pernah dilakukan dan diklaim mampu mencegah penularan HIV atau bahkan mengobatinya antara lain sebagai berikut:

    1. Vaksin Rabies

    Sebuah penelitian di Thomas Jefferson University, Philadelphia mengungkap bahwa vaksin rabies bisa mengatasi infeksi simian immunodeficiency virus (SIV). Virus tersebut hanya menyerang hewan, namun punya struktur yang sama dengan human immunodeficiency virus (HIV) pada manusia.

    Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Vaccine pada tahun 2009 itu sedianya akan mengembangkan vaksin rabies untuk mengatasi HIV. Namun hingga kini tidak banyak publikasi yang mengungkap perkembangannya.

    1. Obat Jerawat

    Awal tahun lalu, para ahli dari Johns Hopkins University menguji coba keampuhan sebuah antibiotik untuk membuat HIV tidak aktif sehingga tidak bisa menggandakan diri. Jenis antibiotik yang digunakan sama seperti yang digunakan untuk mengobati jerawat yakni minocycline.

    obat penyembuh hiv

    Obat Penyembuh HIV

    Obat Penyembuh HIV

    Sementara banyak ilmuwan yang terus mengembangkan obat HIV AIDS, maka beberapa pakar juga bergerak untuk mencoba menemukan obat tradisional. Beberapa bahan khusus yang ditemukan dari alam diyakini bisa menyembuhkan HIV.

    Namun cara mengobati HIV AIDS ini belum tentu efektif untuk semua penderitanya sehingga selama perawatan penderita tetap harus menjalankan terapi atau konsultasi dengan dokter. Berikut ini adalah beberapa jenis langkah perawatan tradisional:

    1. Terapi dengan Bawang Putih

    Bawang putih dipercaya bisa mengendalikan perkembangan atau infeksi virus. Bahkan bawang putih juga bisa membuat berbagai gejala yang berhubungan dengan sistem kekenalan tubuh menjadi lebih ringan.

    Penderita yang memilih perawatan medis dengan obat-obatan ARV atau ART bisa mengurangi berbagai efek samping dengan makan bawang putih. Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kesehatan menjadi lebih baik.

    1. Yoga

    Yoga adalah salah satu latihan tubuh yang disarankan untuk penderita HIV AIDS. Yoga bisa menggerakan organ tubuh dengan baik hingga ke bagian semua syaraf tubuh. Selain itu, yoga juga bisa memberikan efek yang menenangkan untuk pikiran sehingga mengurangi stress dan depresi.

    Penderita HIV AIDS sangat disarankan untuk melakukan yoga mulai dari tahap awal. Latihan dengan seorang instruktus harus dilakukan untuk membantu menemukan jenis yoga yang paling baik bagi penderita.

    1. Akupuntur

    Akupuntur adalah tehnik perawatan dengan menggunakan jarum kecil yang ditusukkan ke titik dibagian tubuh tertentu. Perawatan ini memang tidak bisa menyembuhkan HIV AIDS tapi bisa mengendalikan rasa sakit akibat infeksi dari virus yang sudah masuk ke tubuh. Akupuntur juga bisa membantu peredaran darah menjadi lebih baik sehingga bisa mengurangi efek infeksi yang lebih cepat.

    1. Meditasi

    Meditasi adalah salah satu perawatan yang dilakukan untuk mengendalikan pikiran, perasaan dan mendapatkan ketenangana batin.Meditasi mengatasi penderita HIV AIDS yang sering mengalami gangguan kecemasan, kesulitan tidur dan stres karena terus memikirkan tentang penyakit yang diderita.