Obat Herbal Untuk Sakit Lupus

      Comments Off on Obat Herbal Untuk Sakit Lupus

Lupus merupakan salah satu jenis penyakit inflamasi kronis yang muncul karena sistem kekebalan tubuh keliru dan justru melakukan penyerangan terhadap tubuh serta organ tubuh penderitanya.

Inflamasi yang ditimbulkan oleh penyakit lupus dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paru-paru, dan juga jantung. Penyakit lupus juga sering disebut dengan obat lupus eritematosus sistemik.

Penyakit autoimun adalah kondisi yang sering digunakan untuk menggambarkan penderita penyakit lupus. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari berbagai penyakit justru melakukan penyerangan terhadap tubuh penderita lupus. Pada umunya, penyakit lupus disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga genetik.

Gejala-gejala penyakit lupus hampir menyerupai gejala penyakit lain sehingga penyakit lupus seringkali sulit untuk dideteksi. Berdasarkan penelitian, penyakit lupus tidak bisa benar-benar disembuhkan, namun beberapa jenis obat bisa diberikan kepada penderita penyakit ini dengan tujuan untuk mengendalikan laju penyakit tersebut.

Di dunia, kasus penyakit lupus diduga mencapai 5 juta jiwa. Penyakit tersebut kebanyakan menyerang perempuan dengan usia 15 sampai 50 tahun (terutama pada masa aktif reproduksi). namun, penyakit lupus juga sangat mungkin menyerang laki-laki dan juga anak-anak.

Di Indonesia sendiri, penyakit lupus diperkirakan mencapai jumlah 12.700 jiwa pada tahun 2012. Kasus tersebut mengalami peningkatan pada tahun 2013 yakni mencapai jumlah 13.300 jiwa. Adapun beberapa tindakan pengobatan yang bisa dilakukan terhadap penderita penyakit lupus adalah:

  1. Green Tea

Obat Lupus alami ini mengandung polyphenol yang akan sangat berguna untuk mengatasi ruam-ruam kemerahan yang timbul akibat lupus. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa green tea merupakan salah satu obat lupus herbal yang dapat digunakan sebagai anti inflammatory (penghilang ruam-ruam kemerahan) pada kulit.

Penderita lupus dapat menggunakan green tea sebagai salah satu alternative pengobatan selain obat-obatan medis biasa. Green tea ini bisa dicampur dalam makanan lainnya atau diseduh dan disajikan dalam teh hangat saja.

  1. Ketela rambat

Obat lupus alami ini banyak mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan), dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa). Ketela rambat bermanfaat untuk kekebalan tubuh karena obat lupus herbal ini sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor.

Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat. Ketela rambat juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan, karena obat lupus herbal ini mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat berkhasiat dalam mengatasi peradangan baik internal maupun eksternal.

  1. Omega-3 asam lemak

Menurut sebuah penelitian kecil, kandungan eicosapentaenoic acid (EPA) pada omega-3 asam lemak dapat menjadi obat tradisional penyakit lupus, disebabkan oleh efek anti-inflamasi.

Studi lainnya yang diterbitkan oleh Annals of the Rheumatic Disseases pada tahun 2008 menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengonsumsi 3 gram suplemen minyak ikan omega-3 (mengandung 1.200 mg DHA dan EPA) setiap hari selama enam bulan menunjukkan perbaikan gejala lupus dibandingkan Mereka kelompok plasebo.

  1. Daun songgolangit

Obat lupus alami ini berkhasiat sebagai analgesik dan juga sebagai obat anti inflamasi. Bagian tanaman ini yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya, dengan cara direbus dan air rebusannya itu diminum pada yang sakit. Rasanya seperti teh tawar, untuk yang kurang suka bisa ditambahkan gula atau madu agar rasanya lebih enak.

  1. Probiotik

Kita tahu bahwa probiotik adalah bakteri menguntungkan yang ada di usus. Peran dari bakteri ini ternyata penting bagi perkembangan sistem kekebalan tubuh. Itu mengapa probiotik ini dapat memperpanjang remisi lupus dan mengurangi frekuensi flare-up yang diakibatkan lupus itu sendiri.