Obat Herbal Untuk Penyakit Lupus

      Comments Off on Obat Herbal Untuk Penyakit Lupus

Obat herbal untuk penyakit lupus. Lupus merupakan penyakit autoimun yang mana menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh dikarenakan sistem kekebalan tersebut tidak dapat membedakan mana jaringan sendiri dan mana serangan asing. Dalam penelitian, penyakit ini kebanyakan menyerang wanita dibanding pria dan jenis yang paling umum adalah Systemic Lupus Erythematosus (SLE).

Untuk bagian tubuh yang diserang sendiri cukup bervariasi, mulai dari ginjal, jantung, paru-paru hingga sendi dan kulit. Mengatasi masalah ini tentu harus dengan analisa dokter, namun begitu Anda bisa menggunakan bantuan tambahan juga dengan menerapkan cara alami obat lupus berikut ini :

  1. Omega-3 Asam Lemak

Menurut sebuah penelitian kecil, kandungan Eicosapentaenoic Acid (EPA) pada omega-3 asam lemak dapat menjadi obat tradisional penyakit lupus, disebabkan oleh efek anti-inflamasi.

Studi lainnya yang diterbitkan oleh Annals of the Rheumatic Disseases pada tahun 2008 menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengonsumsi 3 gram suplemen minyak ikan omega-3 (mengandung 1.200 mg DHA dan EPA) setiap hari selama enam bulan menunjukkan perbaikan gejala lupus dibandingkan Mereka kelompok plasebo.

  1. Minyak Kelapa

Obat tradisional penyakit lupus berikutnya adalah dengan mengonsumsi minyak kelapa. Salah satu minyak esensial ini ternyata mengandung asam lemak medium-chain (rantai menengah) yang diteliti dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi respon kekebalan tubuh negatif.

Lebih dari itu, minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan pencernaan serta mengendalikan gula darah.

  1. Jahe

Rempah dapur yang dapat dijadikan obat tradisional penyakit lupus adalah jahe. Disini jahe dapat mengatasi gejala rematik pada penderita lupus. Hal tersebut disebabkan sifat antioksidan dan antiinflamasi-nya yang kuat sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri sendi.

Kamu dapat mencampurkan 1 inci akar jahe segar dengan jus buah dan sayuran segar. Campur menggunakan blender dan minum secara teratur. Untuk dosis yang lebih akurat sebaiknya kamuberkonsultasi dengan dokter.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Kamu juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

  1. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau dapat membantu dapat mencegah dari penyakit lupus. Hal ini karena teh hijau mengandung polyfenol yang merpakan senyawa antioksidan yang hebat. Senyawa antioksidan ini bertindak sebagai penjaga untuk sel – sel dan mencegah kematian sel yang sehat, yang diakibatkan oleh penyakit lupus SLE.

  1. Daun Songgolangit

Obat lupus alami ini berkhasiat sebagai analgesik dan juga sebagai obat anti inflamasi. Bagian tanaman ini yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya, dengan cara direbus dan air rebusannya itu diminum pada yang sakit. Rasanya seperti teh tawar, untuk yang kurang suka bisa ditambahkan gula atau madu agar rasanya lebih enak.