Obat Herbal Untuk Penyakit Lupus

      Comments Off on Obat Herbal Untuk Penyakit Lupus

Penyakit LUPUS adalah automia yang muncul ketikatubuh terkena zat aneh tertentu, seperti  virus dan bakteri , kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh kita yang sehat. Hal ini menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh, antara lain  kulit, sendi, ginjal, jantung, paru-paru dan pembuluh darah.

Penyakit lupus merupakan penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi nyawanya, di dunia terdeteksi penyandang penyakit obat Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi.

Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus. Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:

– Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.

– Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.

– Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.

Setelah melihat gejala diatas sebaiknya anda segera konsultasi dengan dokter, atau anda dapat mengkonsumsi obat herbal untuk penyakit lupus dibawah ini:

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan ataupun pengobatan penyakit lupus. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi dalam minyak zaitun yang sangat melimpah.

Salah satu nutrisi yang paling menguntungkan adalah omega-3. Asam lemak ini berguna meringankan peradangan sehingga bisa membantu mengurangi efek dari penyakit lupus. Selain itu, untuk menghindari penyakit lupus, kamu juga dituntut untuk mengontrol kadar gula darah, dan minyak zaitun dapat membantu kamu melakukannya.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit dapat secara berkhasiat menghindari serta mengatasi masalah autoimun, termasuk juga penyakit lupus. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012 disebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.

Gunakan kunyit untuk minuman sehari-hari dengan menambahkan segelas susu. Cara pembuatannya sendiri mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 cangkir susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Kamu juga bisa meningkatkan rasanya dengan menambah madu mentah dan konsumsi sebanyak satu atau dua kali sehari.

  1. Benih Lenan

Ramuan herbal dari benih lenan ini menunjukan efek yang sangat luar biasa pada penyakit lupus. Asam linolenat yang terkandung dalam biji rami dapat menurunkan peradangan kronis serta mengurangi gejala penyakit lupus SLE. Bukan hanya itu, Asam lemak omega 3 dalam minyak biji rami tampaknya mengurangi respon inflamasi tubuh terutama untuk penyakit lupus.

  1. Minyak kelapa

Obat tradisional penyakit lupus berikutnya adalah dengan mengonsumsi minyak kelapa. Salah satu minyak esensial ini ternyata mengandung asam lemak medium-chain (rantai menengah) yang diteliti dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi respon kekebalan tubuh negatif.

Lebih dari itu, minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan kemampuan pencernaan serta mengendalikan gula darah.