Mengobati Diabetes Tanpa Obat

      Comments Off on Mengobati Diabetes Tanpa Obat

Penyakit gula atau yang lebih dikenal dalam istilah medis penyakit diabetes sepertinya kini semakin menggurita. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia, tidak hanya diderita oleh orang tua atau dewasa saja, bahkan juga remaja.

Bagi penderita diabetes tingkat lanjut sangat memerlukan obat diabetes, biasanya akan diiringi dengan kerusakan berbagai orga tubuh. Normalnya, gula atau glukosa di dalam tubuh kita dibutuhkan karena merupakan sumber energi untuk beraktivitas.namun saat kadar glukosa dalam darah menjadi terlalu tinggi, maka tubuh Anda dalam bahaya.

Maka dari itu sebelum menjankau tingkat lanjut bagi Penderita dapat melakukan hal berikut untuk Penyembuhan Maupun Pencegahan:

1. Minum Air Putih

Cara yang paling sederhana dan dianjurkan di sini adalah meminum air putih demi dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya memicu dehidrasi saja, tapi juga bisa saja mendukung proses kenaikan gula darah dalam tubuh.

Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Meminumnya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter adalah keputusan terbaik untuk membuat kesehatan lebih baik.

2. Mengurangi Makanan Manis

Karena gula darah sudah cukup tinggi atau bahkan terlalu tinggi, Anda perlu juga mengurangi makanan-makanan manis. Memang makanan manis tampaknya menjadi kegemaran hampir oleh setiap orang, namun ketika gula darah sudah naik banyak, tak ada salahnya mulai mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Selain dapat merusak gigi, makanan-makanan manis pun mampu meningkatkan gula darah dalam tubuh secara mudah dan cepat. Batasi asupan makanan manis dan gula supaya tubuh Anda peningkatan gula darah tak naik begitu drastis. Agar dapat mengendalikan asupan gula dan segala yang manis-manis, minum air putih banyak merupakan salah satu cara terbaik untuk menetralisir dan membuat kadarnya stabil.

3. Melakukan Olahraga

Siapapun yang menjalankan olahraga teratur tentu akan dapat menjaga kadar glukosa darah untuk tetap pada tingkat yang normal. Kurang olahraga akibatnya bisa kurang mengenakkan, karena ada banyak penyakit serius yang mengincar tubuh saat tubuh kurang kegiatan fisik. Jogging atau lari setiap hari adalah kegiatan minimal untuk menyehatkan tubuh, namun bila hanya ingin seminggu sekali pun juga bisa Anda coba lakukan kalau memang kegiatan begitu padat dan kurang bisa mengatur waktu.

4. Mengonsumsi Bawang Putih

Seperti yang sudah kita ketahui secara umum, bawang putih memiliki khasiat tinggi sebagai penurun gejala kolesterol dan hal ini sudah sangat terbukti selama bertahun-tahun. Ada fakta lain yang cukup mengejutkan, yaitu manfaatnya sebagai penurun gula darah tinggi terlepas efek samping bawang putih yang mungkin cukup mengkhawatirkan. Ekstrak bawang putih telah diteliti dan bahkan dibuktikan mampu menurunkan gula darah melalui percobaan yang dilakukan kepada kelinci dan tikus.

Jumlah insulin yang tersedia juga mampu meningkat oleh karena ekstrak bawang putih ini. Bahkan telah ditunjukkan pula oleh penelitian serupa bahwa bawang putih juga bisa berefek positif dalam menjaga kestabilan gula darah Anda. Meski menjadi penyebab dari terjadinya bau mulut, tetap saja tanpa bawang putih masakan pun menjadi lebih hambar dan yang lebih penting manfaatnya yang besar untuk kolesterol tinggi dan diabetes.

5. Tidur Cukup

Kurang tidur ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan, termasuk juga kadar gula darah yang juga dengan mudah meningkat. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita gula darah tinggi untuk mendapatkan tidur cukup. Istirahat dan tidur yang cukup tentunya mencakup 8 jam dalam sehari setiap malamnya.

6. Tidak Melewatkan Jam Makan

Melewatkan jam makan kerap diidentikkan dengan masalah penyakit lambung dan gangguan pencernaan, namun ternyata kadar glukosa dalam darah juga bisa naik gara-gara hal ini. Melewatkan jam makan merupakan suatu hal yang dianggap biasa oleh beberapa orang, terutama yang memiliki aktivitas padat.

Namun hal tersebut rupanya adalah kebiasaan buruk yang tak hanya bisa memicu kegemukan, tapi juga menyebabkan kadar gula darah terdorong naik. Di saat Anda merasa lapar, glukosa di dalam tubuh yang dilepas dari organ hati bakal menjadi bahan bakarnya. Lama-kelamaan karena hal ini gula darah pun melonjak.

7. Mengonsumsi Karbohidrat Sehat

Untuk kesehatan tubuh, karbohidrat adalah nutrisi penting yang tak boleh sampai dilewatkan asupannya. Ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk dikonsumsi dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Tapi alangkah baiknya kalau Anda tetap memilih karbohidrat sehat dan bukannya karbohidrat kompleks, seperti roti tawar putih yang bisa membuat penyerapan glukosa melambat.