Mengobati Diabetes Secara Alami

      Comments Off on Mengobati Diabetes Secara Alami

Diabetes atau biasa dikenal dengan kencing manis, merupakan suatu penyakit kelainan pada sistem endokrin yang mana terjadi gangguan pembentukan insulin. Kita tahu bahwa insulin berfungsi sebagai jembatan agar glukosa bisa masuk kedalam sel, karena insulin pada penderita diabetes berjumlah sedikit atau nsulin tidak dapat bekerja secara optimal, maka glukosa tidak dapat diserap oleh sel tubuh manusia.

Penyakit diabetes melitus ini disebabkan karena kegagalan insulin dalam uptake glukosa. Apa sih penyebab dari penyakit diabetes

Berikut beberapa Penyebab diabetes:

1. Keturunan

Seseorang dengan keturunan diabetes 6 kali lebih beresiko terkena diabetes melitus.

2. Pola makan

Pola makan tidak sehat, seperti makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan kabohidrat akan meningkatkan resiko diabetes.

3. Stress

Stress juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, dan juga mempengaruhi terjadinya diabetes. Sobat pengen tahu bagaimana cara mengatasi stress, yuk baca tipsnya di cara mengatsi pikiran stress dengan mudah.

4. Jenis kelamin

Wanita lebih beresiko terkena diabetes militus, belum diketahui secara pasti penyebab dan alasannya.

5. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih dapat mengakibatkan diabetes, lemak yang tertimbun di dalam tumbuh akan mengganggu insulin dalan mengupptake glukosa yang ada di dalam darah. Terlebih jika orang tersebut tidak pernah atau jarang sekali olahraga.

Itu tadi penyabab dari diabetes, supaya dapat mengenali lebih dini tentang diabetes kita juga harus tahu apa saja tanda dan gejala dari penyakit diabetes ini.

Mengobati Diabetes Secara Alamai

Berikut hal yang dapat anda lakukan untuk obat diabetes secara alami:

1. Minum Air Putih

Cara yang paling sederhana dan dianjurkan di sini adalah meminum air putih demi dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya memicu dehidrasi saja, tapi juga bisa saja mendukung proses kenaikan gula darah dalam tubuh. Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Meminumnya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter adalah keputusan terbaik untuk membuat kesehatan lebih baik.

2. Minum Teh Hijau

Tentu saja teh hijau sangat berbeda dari daun teh lainnya karena teh hijau tidaklah melalui proses fermentasi dan kandungan polifenolnya pun termasuk tinggi. Kandungan tersebut adalah antioksidan dan hipoglikemik kuat yang bisa mengendalikan proses pelepasan gula darah. Dengan demikian, tubuh pun akan dibantuk lebih baik dalam menggunakan insulin.

Caranya: Sediakan sekantong teh hijau yang kemudian Anda dapat seduh bersama air panas selama 2-3 menit. Setelah itu, minumlah secara rutin, yakni di pagi hari secangkir saja atau tepat sebelum Anda makan.

3. Tidur Cukup

Kurang tidur ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan, termasuk juga kadar gula darah yang juga dengan mudah meningkat. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita gula darah tinggi untuk mendapatkan tidur cukup. Istirahat dan tidur yang cukup tentunya mencakup 8 jam dalam sehari setiap malamnya.

4. Mengurangi Makanan Manis

Karena gula darah sudah cukup tinggi atau bahkan terlalu tinggi, Anda perlu juga mengurangi makanan-makanan manis. Memang makanan manis tampaknya menjadi kegemaran hampir oleh setiap orang, namun ketika gula darah sudah naik banyak, tak ada salahnya mulai mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Selain dapat merusak gigi, makanan-makanan manis pun mampu meningkatkan gula darah dalam tubuh secara mudah dan cepat. Batasi asupan makanan manis dan gula supaya tubuh Anda peningkatan gula darah tak naik begitu drastis. Agar dapat mengendalikan asupan gula dan segala yang manis-manis, minum air putih banyak merupakan salah satu cara terbaik untuk menetralisir dan membuat kadarnya stabil.

5. Olahraga

Siapapun yang menjalankan olahraga teratur tentu akan dapat menjaga kadar glukosa darah untuk tetap pada tingkat yang normal. Kurang olahraga akibatnya bisa kurang mengenakkan, karena ada banyak penyakit serius yang mengincar tubuh saat tubuh kurang kegiatan fisik. Jogging atau lari setiap hari adalah kegiatan minimal untuk menyehatkan tubuh, namun bila hanya ingin seminggu sekali pun juga bisa Anda coba lakukan kalau memang kegiatan begitu padat dan kurang bisa mengatur waktu.

6. Memakai Daun Mangga

Cara menurunkan gula darah yang tinggi dengan daun mangga pun bisa dimanfaatkan karena memang bagus dalam mengatasi diabetes. Pengaturan kadar insulin bisa dilakukan secara alami menggunakan obat herbal satu ini. Bahkan dengan daun mangga ini, Anda mampu meningkatkan proful lipid darah.

Cara 1: Ambil daun mangga sebanyak 10-15 lembar yang kemudian bisa Anda rendam ke dalam 1 gelas air semalaman. Pagi harinyalah Anda baru bisa menyaring airnya dan langsung mengonsumsinya saat perut masih kosong alias sebelum sarapan.

Cara 2: Siapkan daun mangga dan kemudian keringkan sebelum akhirnya bisa menggilingnya. Setelah berhasil digiling hingga menjadi bubuk, ambil 1 ½ sendok teh untuk dimakan sehari 2 kali. Asalkan rutin, gula darah yang tadinya naik pun akan dapat menurun secara bertahap.