Mengobati Diabetes Melitus

      Comments Off on Mengobati Diabetes Melitus

Penyakit diabetes sudah menjadi penyakit yang sangat umum dan menakutkan. Sebagai negara berkembang, Indonesia menjadi negara dengan perkembangan penyakit diabetes yang cukup tinggi. Bahkan angka penderita diabetes lanjut usia perkembangannya hampir menyamai negara maju seperti Amerika. Diabetes sering diabaikan karena masih dianggap sebagai penyakit yang berasal dari riwayat keluarga. Namun sebenarnya pola makan masyarakat Indonesia juga bisa menjadi penyebab yang utama.

Diabetes tipe 2 lebih banyak diderita oleh orang dewasa dengan awalan usia 35 ke atas. Seiring berjalannya waktu penderita diabetes mellitus tipe 2 tidak melulu kepada orang tua, tetapi anak muda usia 25 bahkan 20 tahuan ke atas pun sudah banyak yang menderita diabetes. Penyebab umum dari diabetes tipe 2 adalah pola makan yang kurang tepat dan tidak teratur disertai jarangnya aktivitas olahraga.

Gejala diabetes tipe 2 sulit untuk dikenali sebelum keluar hasil diagnosis. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah melakukan tes gula darah. Jika positif mengidap diabetes, yang diakui sebagai cara mengobati diabetes biasanya diawali dengan upaya minum obat diabetes oral atau obat telan, merubah pola hidup seperti perbanyak olahraga dan makan teratur, diet (mengurangi asupan karbohidrat), dan lewat pengurangan berat badan juga sering terjadi.

Oleh karena sulit untuk mendeteksi tubuh menderita diabetes atau tidak, Anda bisa melihat daftar ciri-ciri atau gejala diabetes tipe 2 berikut.

Gejala Diabetes

1. Mati rasa

Pada banyak kasus diabetes yang menimpa sebagian orang, hampir seluruhnya mengalami gejala berupa mati rasa. Adapun bagian tubuh yang sering merasakan mati rasa (kebas) atau kesemutan adalah tangan, kaki, beserta jari-jemarinya. Peringatan awal diabetes ini terjadi karena peningkatan kadar gula darah, membuat serabut saraf mengalami kerusakan.

2. Lebih sering buang air kecil

Penderita diabetes sering mengatakan dirinya mengalami peningkatan dorongan ingin buang air kecil. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami hal serupa, coba konsultasikan sedini mungkin pada dokter agar mendapatkan perawatan lebih cepat dan terkontrol.

3. Berat badan berkurang

Menjadi kabar baik bagi orang yang bermasalah dengan kegemukan maupun obesitas. Tetapi, melihat faktor pemicu turunnya berat badan adalah karena diabetes, tentu membuat Anda semakin khawatir. Terjadinya penurunan berat badan ini memang berhubungan erat pada penderita, sebab tubuh tidak mampu menyerap glukosa (sumber energi tubuh) dengan benar.

4. Nafsu makan meningkat

Bertambahnya rasa ingin makan bisa menjadi tanda lain dari diabetes. Rasa lapar ini tidak bisa dikendalikan, sebab sinyal lapar yang dikirim oleh tubuh ini harus dipenuhi keinginannya agar semua sel menjadi berfungsi dengan baik karena mendapatkan asupan glukosa yang lebih banyak.

Rasa lapar tersebut bukan karena sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa dari makanan, melainkan karena makanan yang sudah ditelan tidak apat masuk ke dalam sel untuk dipakai dalam proses metabolisme, sehingga timbul lah respon tubuh seperti lapar.

 

Mengobati Diabetes Militus

Tentunya orang yang akan terkena penyakit yang mengerikan ini akan melakukan apapun untuk mengobatinya. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk mengobati Diabetes:

1. Minum Air Putih

Cara yang paling sederhana dan dianjurkan di sini adalah meminum air putih demi dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya memicu dehidrasi saja, tapi juga bisa saja mendukung proses kenaikan gula darah dalam tubuh.

Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Meminumnya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter adalah keputusan terbaik untuk membuat kesehatan lebih baik.

2. Terapi Hidroterapi

Dalam melakukan cara ini, pasien diabetes disuruh untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Hidroterapi berguna untuk tingkatkan metabolisme pada badan dan bikin kandungan gula darah anda tetap terkontrol. Terapi ini dapat bermanfaat untuk tingkatkan kemampuan badan Anda untuk memakai molekul glukosa dan menyingkirkan semuanya racun penyebabnya penyakit.

3. Bawang putih

Bawang putih berkhasiat mengobati diabetes. Para peneliti ilmiah telah membuktikan bahwa bawang putih memiliki kandungan yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi, kandungannya juga dapat memperbaiki sel-sel pada pankreas sehingga dapat merangsang pangkreas untuk memproduksi insulin dalam tubuh.

4. Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu rempah – rempah yang memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas untuk masuk ke tubuh kita. Untuk mengobati kencing manis, tambahkan kayu manis atau bubuknya pada makan kita sehari – hari.