Gejala Penyakit Gula Darah Dan Pengobatannya

      Comments Off on Gejala Penyakit Gula Darah Dan Pengobatannya

Diabetes yang disebut juga kencing manis adalah salah satu penyakit yang lazim diderita oleh orang dewasa dibandingkan anak – anak. Kencing manis adalah penyakit dimana tubuh kita mempunyai kadar gula di dalam darah yang berlebihan atau lebih tinggi dari kebtuhan tubuh kita. Kending manis tentunya tidak terjadi begitu saja tanpa sebab. Gaya hidup yang kurang seimbang dan tidak sehat akan menyebabkan penyakit diabetes hinggap di tubuh Anda.

Gejala

Meskipun gejala diabetes tergantung pada jenis diabetes ini, individu mungkin mengalami gejala tertentu terlepas dari jenis diabetes yang mereka miliki. Ketika gula darah tinggi, seperti halnya pada diabetes, kelebihan gula tumpahan ke dalam urin dan menyebabkan ginjal untuk mencoba untuk mencairkan itu dengan melepaskan sejumlah besar air.

Hal ini menyebabkan orang dengan diabetes sering buang air kecil dan juga menyebabkan rasa haus meningkat. Beberapa gejala lain dari diabetes termasuk penurunan berat badan, kelelahan, lapar yang berlebihan, penglihatan kabur dan luka yang tidak sembuh dengan cepat.

Langkah Praktis Atasi Diabetes

Untuk mengatasi agar diabetes sembuh, anda sebaiknya tidak mengandalkan metode pengobatan obat diabetes, tetapi juga berusaha dari dalam diri sendiri untuk terbebas dari diabetes. Berikut ini adalah beberapa langkah praktis yang dapat anda tempuh sendiri untuk terbebas dari diabetes melitus.

  1. Pertama, anda perlu berolah raga secara teratur. Berolah raga dapat menjadi cara efektif agar diabetes sembuh. Lakukan olah raga sederhana setiap hari, seperti berjalan cepat, senam sederhana atau cukup berjalan-jalan setiap bagi mengintari lingkungan sekitar anda agar diabetes sembuh.
  2. Cara kedua adalah dengan menjaga berat badan. Sebagian besar penderita diabetes biasanya juga disertai dengan kelebihan berat badan. Seperti yang kita ketahui, obesitas akan membuat anda terkena resiko tujuh kali lebih besar untuk terkena diabetes. Dengan mengurangi berat badan, anda akan memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena diabetes.
  3. Cara ketiga adalah dengan menghindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti, minuman bergula, soda, minuman jus buah bergula, nasi putih, dan pasta. Hindari paling tidak 50% makanan-makanan tersebut atau jika perlu berhenti lah mengonsumsinya.
  4. Cara keempat adalah dengan memperbanyak makanan nabati, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah segar, dan biji-bijian agar diabetes sembuh.
  5. Kebutuhan akan lemak sebenarnya juga masih akan dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja, anda sebaiknya memilih lemak yang sehat, seperti ikan salmon, tuna, kacang-kacangan mentah,biji-bijian, dan minyak zaitun.
  6. Agar diabetes sembuh, anda sebaiknya berhenti merokok mulai dari sekarang. Rokok juga akan memberi pengaruh yang buruk bagi kesehatan anda dan akan berdampak lebih buruk lagi pada diabetes.
  7. Cara ketujuh adalah dengan melakukan cek atau kontrol kandungan gula atau kolesterol dalam darah secara rutin agar diabetes sembuh. Pengecekan ini penting untuk dilakukan agar anda dapat mengetahui tingkatan resiko anda untuk terkena komplikasi diabetes.

Pengobatan

Pengobatan untuk diabetes termasuk mengambil insulin melalui injeksi, obat anti-diabetes, perubahan gaya hidup dan pemantauan glukosa darah. Mempertahankan gaya hidup dengan makan sehat dan olahraga. Berikut obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan Gula Darah:

1. Kencana Ungu untuk mengobati Gula Darah

Tanaman ini terbukti secara ilmiah menurunkan gula darah.

Alat dan bahan

– Wadah untuk merebus daun sebaiknya terbuat dari kaca / keramik / tanah liat / stainless steel

– Air putih bersih (bisa air matang ataupun air mentah).

– Daun Kencana Ungu secukupnya, kira-kira menutupi permukaan wadah.

Cara membuat

– Cuci bersih daun pletekan yang sudah dicabuti dari batangnya

– Rebus daun pletekan dengan air sekitar 500ml sampai mendidih sampai tersisa 1/2 nya.

– Matikan api setelah air mendidih, dinginkan.

– Saring air rebusan.

Minum air rebusan yang sudah disaring sebanyak 1 gelas setiap pagi dan sore hari.

Sambil tetap memeriksa kembali gula darah nya 1-2 hari kemudian, jika sudah normal bisa berhenti konsumsi daun kencana ungu ini.

2. Mahkotadewa untuk obat Gula Darah

Efek Farmakologi

Antiradang, obat disentri dan obat sakit kulit dan eksim. Adapaun cara membuat ramuan herbal penurun gula darah dari tanaman mahkota dewa, adalah sangat mudah dan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Siapkan lima hingga tujuh iris buah mahkotadewa lalu seduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.