Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

      Comments Off on Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes mellitus adalah keadaan hyperglikemia kronis yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan keturunan secara bersama – sama, mempunyai karakteristik hyperglikemia kronis tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikontrol dan dapat menggunakan obat diabetes yang tepat.

Sedangkan menurut beberapa ahli, diabetes mellitus diartikan sebagai berikut :

Diabetes melitus adalah gangguan metabolisme yang secara genetis dan klinis termasuk heterogen dengan manifestasi berupa hilangnya toleransi karbohidrat.

Diabete mellitus juga dapat disebutkan sebagai keadaan hiperglikemi kronik yang disertai dengan berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, saraf dan pembuluh darah, disertai lesi pada membran basalis dalam pemeriksaan dengan mikroskop electron.

1. Tubuh Sangat Lelah

Ketika tubuh membutuhkan makanan dalam jumlah yang lebih banyak seharusnya tubuh juga mendapatkan energi dari sumber makanan tersebut. Namun hal ini berkebalikan karena cadangan gula dalam darah sama sekali tidak bisa diserap menjadi energi karena tidak ada insulin yang merubahnya. Tubuh tidak memiliki cadangan jumlah insulin yang cukup atau ada insulin yang cukup tapi tubuh menolaknya. Kondisi inilah yang membuat tubuh akan terasa sangat lelah meskipun Anda juga merasa sangat lapar.

2. Mulut Terasa Kering

Mulut terasa sangat kering sering menjadi pertanda awal untuk diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2. Kondisi ini sebenarnya dipengaruhi dari keadaan ketika tubuh terlalu buang air kecil dalam waktu yang sangat sering, kemudian juga merasa haus berlebihan. Jika tubuh tidak menerima cairan dalam waktu yang cepat maka mulut akan terasa sangat kering. Bahkan produksi air liur juga akan mengalami masalah. Seringkali penderita diabetes yang masuk tahap awal juga mengalami dehidrasi karena kurang cairan.

3. Kulit Terasa Gatal

Cairan dalam tubuh memiliki peran yang sangat besar termasuk untuk sistem metabolisme yang berjalan dengan cepat. Namun dalam kondisi tertentu maka kekurangan cairan juga akan membuat kulit menjadi lebih kering. Reaksi yang paling sering terjadi adalah kulit akan terasa sangat gatal, kemudian Anda menjadi lebih mudah menggaruk dan bisa menimbulkan luka. Gatal bisa terjadi pada semua bagian tubuh namun yang paling sering pada bagian sela-sela jari kaki dan tangan.

4. Penglihatan Ganda/Kabur

Cairan dalam tubuh ternyata juga berpengaruh untuk bagian mata. Sebenarnya ketika gejala diabetes seperti terlalu sering buang air kecil maka ada perubahan tingkat cairan dalam tubuh. Kondisi ini kemudian akan membuat perbedaan tekanan pada bagian lensa mata. Lensa mata akan menjadi lebih bengkak sehingga menyebabkan lensa mata tidak bisa menangkap gambar dengan jelas. Hal inilah yang membuat mata seperti melihat benda ganda atau kabur.

5. Infeksi Jari Kaki dan Tangan

Infeksi pada bagian jari kaki dan tangan paling sering terjadi pada gejala awal diabetes. Jika kondisi gula darah cukup tinggi maka ada jamur yang mudah mengenai tubuh. Jamur ini akan memakan gula darah secara langsung sehingga sering menyebabkan luka yang mudah berkembang pada bagian jari kaki dan tangan. Tanda awal dari infeksi yang sering ditemukan misalnya adalah kulit lecet dan kulit mengelupas sendiri.

 

Mengobati Diabetes

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati Diabetes:

1. Terapi Hidroterapi

Dalam melakukan cara ini, pasien diabetes disuruh untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Hidroterapi berguna untuk tingkatkan metabolisme pada badan dan bikin kandungan gula darah anda tetap terkontrol. Terapi ini dapat bermanfaat untuk tingkatkan kemampuan badan Anda untuk memakai molekul glukosa dan menyingkirkan semuanya racun penyebabnya penyakit.

2. Terapi Chromotherapy

Chromotherapy yaitu cara pengobatan lain untuk mengobati diabetes. Menurut terapi ini, diabetes dikarenakan oleh defisiensi warna hijau, kuning serta oranye pada badan anda. Dalam cara ini, beberapa pasien diabetes dianjurkan untuk memakai benda dengan warna kuning serta hijau. Sebab warna hijau bakal merangsang kelenjar tiroid, yang menolong dalam penghilangan racun, sedang warna kuning merangsang pankreas.

3. Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu rempah – rempah yang memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas untuk masuk ke tubuh kita. Untuk mengobati kencing manis, tambahkan kayu manis atau bubuknya pada makan kita sehari – hari.

4. Mengobati penyakit diabetes dengan tanaman brotowali

Ini merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya yang pahit sering dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas. Khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat.

Salah satu manfaatnya yang cukup ajaib yaitu untuk menyembuhkan penyakit gula darah ini. Resep pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah dibuat. Caranya.

– ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10cm.

– Tambahkan satu genggam akar pepaya dan rebus kedua bahan alami tersebut.

– Rebus hingga mendidih dan biarkan agar dingin baru minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.

5. Menggunakan Daun Sirsak

Khasiat Daun Sirsak Memang Sudah Mendunia. Bahkan Daun Buah Yang enak ini Bisa Menyembuhkan Sakit Kencing Manis. Nah Yuk Kita Bikin Ramuanya

– 15 Daun sirsak dan 7 Daun Sirih Merah Di Rebus Dengan 2 Gelas Air, Sebaiknya Gunakan Api Kecil Saja

– Silakan Direbus Sampai Tersisa 1 Cangkir Saja

– Biarkan Dingin Dulu Lalu Disaring Dan Minum 2 Kali Sehari.